Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 08 Juni 2012

PAPA NO IU KOTO O KIKINASAI!

- Judul: パパのい うことを聞きなさい! (Papa no Iu Koto o Kikinasai!)
- Judul Alternatif: Listen to Me, Girls. I am Your Father!; PapaKiki
- Tipe: TV
- Genre: Slice of Life; Romance
- Episode: 12
- Rating: Mild Eroticism (Rare Nudity)
- Sinopsis:
Segawa Yuuta diminta oleh kakak perempuannya, Takanashi Yuuri untuk menjaga ketiga anak gadisnya, Sora, Miu, dan Hina selama dia dan suaminya pergi ke luar negeri. Namun kemudian, mereka berdua tiba-tiba tewas setelah pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan, dan meski anak-anak mereka memohon agar diizinkan tetap tinggal bersama, para anggota keluarga Takanashi memutuskan untuk memisahkan mereka. Merasa iba, Yuuta akhirnya memberanikan diri untuk mengajak ketiga gadis tersebut tinggal dengannya di kamar apartemennya yang kecil.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini menampilkan sebuah kisah drama yang sangat bagus mengenai sekelompok anak muda yang menghadapi perubahan mendadak di dalam kehidupan mereka, dan meski situasinya tergolong sesuatu yang tidak biasa, anime ini berhasil menyusun ceritanya dengan baik untuk membuatnya tetap terasa believable. Namun sayangnya, entah mengapa drama tersebut tidak pernah mampu sampai pada titik yang menggugah hati penonton. Barangkali penyebabnya adalah karena kesulitan-kesulitan yang dihadapi para karakternya dan juga termasuk cara mereka mengatasinya sudah terlalu sering dipakai sehingga terlalu mudah ditebak. Atau alasan lain yang mungkin adalah, karena menggunakan sudut pandang remaja, anime ini sangat terasa lebih seperti komedi romantis yang terlalu melankolis.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Tidak ada yang istimewa dengan audio visual di anime ini. Malah, jika memang harus menyebutkan sesuatu, ada keanehan pada animasi mulut-mulut para karakternya yang sesekali tampak membuka dan menutup di tempat atau waktu yang salah. Hal ini sangat jarang dan jauh dari bisa dikatakan sebagai kesalahan fatal, tetapi tetap saja berpotensi membuat penonton bingung atas ekspresi wajah yang sebenarnya hendak diperlihatkan karakter-karakter tersebut.

- Karakter:
Dari Miu yang fashionable hingga Sako yang hentai, karakter-karakter di anime ini tidak ada satu pun yang menonjol, dan sayangnya, hal itu juga bukan berarti bahwa mereka normal dalam wilayah realisme. Semua karakter ini cuma sudah terlalu sering digunakan di anime dan manga, sehingga tidak akan butuh waktu lama sebelum mereka tenggelam di dalam ingatan penonton, tersembunyi di balik karakter-karakter baru yang benar-benar serupa. Sedikit pengecualian mungkin terdapat pada karakter Oda Raika dengan cara bicaranya yang bernada monoton dan tanpa emosi laksana robot namun tetap bukan seseorang yang pendiam. Hanya saja, sebab tidak pernah ada pengembangan lebih lanjut untuk memberinya ciri khas lebih jauh, karakter ini pun selalu bisa segera terasa umum.

- Overall Score:
Audio visual dan karakterisasinya masih terlalu standar untuk mampu menonjol di antara anime-anime lain. Sementara, storytelling dari kisah drama kehidupan yang menjadi kekuatan terbesar anime ini sedikit telalu melankolis, sehingga seringkali mencegah penonton dari fokus pada drama itu sendiri. Meski demikian, in fairness, kekurangan ini bisa jadi hanyalah masalah perbedaan selera atau intrepretasi, dan dalam hal planning serta penyusunan cerita, anime ini sebenarnya telah melakukan tugasnya dengan cukup baik. Nilai 8 dari 10 (Good slice of life)



DVD@Amazon:
- Volume 1
- Volume 2
- Volume 3
- Volume 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar