Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 20 Januari 2012

UN-GO

- Judul: UN-GO
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV
- Genre: Mystery; Supernatural; SciFi
- Episode: 11
- Rating: Mild Violence (Gruesome scenes)
- Sinopsis:
Jepang berusaha bangkit setelah mengalami kekalahan dalam perang. Di masa yang sulit ini, Kaishou Rinroku tampil menjadi sosok yang penting; selain sebagai presiden dari JJ System yang bertanggung jawab membangun kembali tenaga listrik dan jalur komunikasi untuk Jepang, dia juga seringkali memberi konsultasi di dalam kasus-kasus kriminal yang kemudian membantu polisi memecahkannya. Namun, Yuuki Shinjuurou mampu melihat kenyataan yang buruk di balik sosoknya yang agung, maka meski dijuluki sebagai "detektif yang kalah" dia terus menantang hipotesa Rinroku di setiap kasus untuk suatu hari mampu membuka kedoknya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Kasus yang sulit ditebak, petunjuk yang tersirat, dan pengungkapan yang masuk akal--anime ini memiliki unsur-unsur yang dibutuhkan untuk menjadi misteri yang baik. Lebih jauh, anime ini bahkan mampu kemudian mengangkat dirinya ke tingkat kerumitan yang lebih tinggi yang mengombinasikan satu kasus dengan kasus yang lainnya untuk menjadikannya sebuah cerita misteri yang tidak linear ataupun repetitif.
Tergantung dari masing-masing orang, elemen supranatural di dalam anime bisa berarti hal yang baik atau justru sebaliknya. Memasukkan kemampuan Bettenou sebagai bagian penting dari cerita menyebabkan menjadi tidak realistis, tetapi di sisi lain menambah suatu twist yang tidak biasa pada misteri yang akan membuat penonton bertanya-tanya dan selanjutnya semakin takjub saat Shinjuurou memecahkannya. Kemampuan Inga terasa hanya sebagai aksesoris dan tidak pernah benar-benar mempengaruhi jalan cerita, tetapi caranya yang memaksa pengakuan dapat merebut kesenangan dari momen yang seharusnya manis saat Shinjuurou membongkar trik si pelaku.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Layaknya sebuah cerita misteri yang bermutu, dengan menyediakan petunjuk-petunjuknya secara gamblang di dalam setiap gambar dan ucapan namun pada saat yang sama menjaganya tetap tersembunyi, anime ini mampu senantiasa menantang penontonnya untuk ikut memecahkan misteri yang ada, daripada hanya sekadar bercerita tentang kehebatan sang detektif. Tidak ada kasus yang terpecahkan kecuali penonton akan berpikir bahwa mereka pun seharusnya bisa melakukannya.
Meskipun jumlahnya sangat sedikit dan juga sebenarnya tidak berarti banyak, anime ini sesekali 'membohongi' penontonnya. Mungkin bertujuan untuk mendramatisir, detil pada ending dari beberapa episodenya berubah ketika kemudian dilanjutkan ke episode berikutnya. Kecil, tetap tetap saja sebuah gangguan, terutama jika penonton ikut berusaha mencari petunjuk sedetil mungkin.

- Karakter:
Sebagian besar tokoh di dalam anime ini disajikan dengan baik, dan satu yang paling menonjol adalah tokoh Kaishou Rinroku. Dikembangkan seiring dengan jalan cerita, kegigihan Shinjuurou untuk menggali informasi tentangnya membuat Rinroku tampak benar-benar menyembunyikan sesuatu yang besar, namun wajahnya yang selalu tersenyum dan sikapnya yang terkesan baik hati akan membuat penonton terus bertanya-tanya rahasia macam apa yang dia sembunyikan. Maka, meski tidak pernah mendapat penjelasan yang gamblang, hal tersebut justru menjadikannya sebuah misteri besar di latar belakang yang menjaga cerita anime ini senantiasa terasa hidup.
Ironisnya, bagian yang paling terasa tidak lengkap dari anime ini adalah tokoh utamanya, Yuki Shinjuurou. Bukan suatu sebab yang lazim untuk menjadi detektif, obsesinya mengungkap kebenaran dari orang-orang membutuhkan alasan yang kuat, tetapi tidak pernah ada keterangan yang menjelaskannya.

- Overall Score:
Sebuah anime misteri yang terfokus pada misteri itu sendiri. Tidak hanya menyajikan cerita yang menarik, anime ini juga mampu membawa para penonton merasa terlibat langsung di dalamnya. Sayangnya, hal ini menyebabkan sedikit kekurangan pada karakterisasi tokoh utamanya, Yuki Shinjuurou, tetapi dengan sebuah film prequel yang mengindikasikan jawabannya, kekurangan ini bisa dimaafkan. Nilai 8 dari 10 (It's good)



DVD@Amazon:
- Volume 1
- Volume 2
- Volume 3
- Volume 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar