Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Kamis, 19 Januari 2012

BEN-TO

- Judul: ベン・トー (Ben Tou)
- Judul Alternatif: Ben-To
- Tipe: TV
- Genre: Action; Comedy
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence (Physical Harm and Rare Blood) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Tinggal di asrama dan dengan dana yang terbatas, Satou You harus sangat berhemat bila memilih makan malamnya. Oleh sebab itulah, ketika mengunjungi supermarket pada suatu malam, dia sangat gembira menemukan bento-bento yang dijual dengan setengah harga. Namun, ternyata dia tidak sendirian mengejar bento-bento tersebut, dan saat melihat orang-orang yang disebut "Serigala" saling bertarung memperebutkan makan malam, You memutuskan untuk menjadi salah satu dari mereka.


Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Ceritanya terasa hambar. Meski menggunakan setting yang benar-benar unik, plotnya sendiri terlalu sederhana dan tidak memiliki sesuatu yang khusus. Pada awalnya, anime ini memang sempat terlihat berbeda dari anime-anime yang lain ketika dia membandingkan kehidupan para "Serigala" dengan serigala-serigala yang sesungguhnya, menggambarkan situasi-situasi yang mereka hadapi di supermarket sebagai tantangan-tantangan di dunia liar seperti badai atau hewan-hewan tandingan, tetapi setelah kemudian ceritanya berganti menjadi persaingan teritorial antara sesama "Serigala", anime ini tidak ubahnya seperti anime tentang perkelahian antar geng yang sudah terlalu sering diangkat dan tanpa tujuan yang pasti.
Elemen yang paling kuat dari ceritanya adalah komedi, tetapi hal yang satu ini pun tidak bertahan lama. Setelah pertengahan anime, momen-momen lucu menjadi sangat jarang, dan yang ada pun hanya pengulangan dari lelucon-lelucon sebelumnya dengan sangat sedikit perubahan, terasa dipaksakan muncul sebagai penyelamat terakhir sebab lelucon-lelucon yang baru tidak berhasil. Jika dilanjutkan lebih jauh lagi, anime ini mungkin tak akan bisa lagi disebut komedi.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Scene-scene pertarungan antar "Serigala" terlihat sangat seru. Dari teknik-teknik spesial beberapa karakternya hingga tampilan close-up dan dinamis ketika serangan mereka mengenai sasaran, anime ini bersusah payah mengajak para penonton untuk ikut merasakan semangat para "Serigala" dan dia benar-benar berhasil melakukannya. Sebagai anime dengan inti cerita tentang pertempuran habis-habisan dari banyak pihak sekaligus, satu kali pun dia tidak pernah mengecewakan.

- Karakter:
Anime ini memiliki banyak karakter, tetapi tidak ada satu pun yang menarik. Tidak ada sesuatu yang khas dari masing-masing karakter--hanya ada sedikit sejarah tentang nama panggilan mereka yang sebenarnya tidak signifikan, sedangkan tujuan setiap karakter di dalam cerita hanyalah untuk memperebutkan bento, sehingga tidak menjadikan mereka lebih penting daripada para "Serigala" figuran. Jika ada yang bisa dikecualikan, dia adalah tokoh utama, Satou You yang sempat dikembangkan mulai dari seseorang yang tidak tahu apa-apa hingga terlibat jauh di dalam dunia "Serigala". Namun sayangnya, pengembangan ini pun berhenti di tengah jalan ketika You kemudian menjadi hanya merupakan salah satu "Serigala" dan kehilangan kepolosan sebagai identitasnya.

- Overall Score:
Jika anda menginginkan aksi-aksi pertarungan seru tanpa terlalu banyak makna di baliknya, anime ini adalah pilihan yang tepat. Sebenarnya, mengangkat sisi lain (meski mungkin cuma fiksi) dari kehidupan di dunia metropolitan, anime ini menjanjikan banyak hal untuk diungkap, tetapi dengan baik cerita maupun karakternya dikembangkan hanya sampai setengah matang, dia tidak mampu memenuhi janji tersebut. Ide awal yang sangat unik dan menarik ternyata menjadi bumerang yang menghalanginya mencari ide-ide lanjutan dengan kualitas yang sama. Nilai 7 dari 10 (Too many episodes, too short of ideas)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar