Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 25 Mei 2019

MAHOU SHOUJO TOKUSHUSEN ASUKA

- Judul: 魔法少女特殊戦あすか (Mahou Shoujo Tokushusen Asuka)
- Judul Alternatif: Magical Girl Spec-Ops Asuka;
- Tipe: TV (Januari 2019)
- Genre: Action; Super Powers;
- Episode: 12
- Rating: Extreme Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Demi melawan makhluk Disas yang menyerang bumi, umat manusia bekerja sama dengan dunia Seirei mengutus beberapa gadis untuk bertarung sebagai Mahou Shoujo. Namun, bahkan meski mereka akhirnya telah berhasil mengalahkan Disas, Ootorii Asuka dan para Mahou Shoujo lainnya ternyata tidak bisa begitu saja kembali ke kehidupan yang damai. Ketika suatu kelompok misterius menggunakan kekuatan magis untuk membuat kekacauan, mereka sekali lagi harus menjadi Mahou Shoujo dan bertarung demi melindungi dunia manusia.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Menyebutkan bahwa ceritanya hanya berisi pertarungan demi pertarungan Asuka menghadapi berbagai jenis lawan memang tidak keliru, tetapi itu juga bukan secara otomatis berarti kalau anime ini tidak punya storytelling yang bagus. Mulai dari proses bagaimana Asuka mengubah keputusan hingga dia akhirnya memilih untuk bertarung, anime ini mengatur dengan rapi rangkaian kejadian yang mengantarkan Asuka menuju ke setiap pertarungannya. Bahkan adegan-adegan yang sekilas terkesan hampa, seperti ketika Asuka tampak cuma bermain dengan teman-temannya, ternyata merupakan sebuah pembukaan yang perlu untuk memosisikan masing-masing tokoh pada tempat awal mereka sebelum konflik yang sesungguhnya di antara mereka dimulai, sehingga nyaris tidak pernah ada satu pun kejadian di cerita anime ini yang akan sia-sia tanpa makna.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Visual anime ini cukup tekun dalam menganimasikan setiap detil dari gerakan para tokohnya. Dan hal ini menjadi sangat krusial sebab, meski berstatus Mahou Shoujo, tokoh-tokoh tersebut ternyata lebih banyak menggunakan gaya bertarung konvensional yang taktis daripada sepenuhnya bergantung pada kekuatan sihir mereka. Gerakan-gerakan mereka harus selalu terukur dan terencana, dan visual anime ini sampai batas tertentu cukup berhasil membuatnya terlihat demikian.
Pada bagian audio, anime ini seharusnya bisa menulis dialog yang lebih baik. Entah mengapa, terkadang dia membuat para tokohnya mengatakan hal-hal yang tidak perlu pada saat-saat yang tidak tepat, seperti ketika Mia tiba-tiba saja membicarakan sejarah tepat di tengah-tengah pertarungan yang masih sementara berlangsung. Mungkin penonton dapat mengabaikannya sebagai basa-basi yang sepele, tetapi bagaimana pun juga, dialog di anime ini sesekali terdengar sangat aneh.

- Tokoh/Karakter:
Karakterisasi para tokoh di anime ini masih terbilang dangkal. Masing-masing mereka memang telah diberikan kepribadian yang berbeda-beda, tetapi selain menghasilkan gaya bicara yang bervariasi, kepribadian itu ternyata tidak banyak berarti, sehingga pada akhirnya mereka semua tetap terlihat sama saja. Beruntung, kedangkalan ini kemudian sedikit terobati oleh situasi dilematik pada Asuka, yang terpaksa bertarung ketika bahaya muncul meski dia sendiri sebenarnya enggan menjalani kembali masa lalunya yang penuh bahaya. Mungkin bukan yang paling dalam secara emosional, namun dilema tersebut masih mampu menciptakan nuansa drama tentang pengorbanan diri setiap kali Asuka diharuskan memilih untuk ikut terlibat atau menghindar dari pertarungan demi teman-temannya.

- Overall Score:
Anime ini tidak menawarkan sesuatu yang istimewa atau pun unik. Pada esensinya dia masih hanya bercerita tentang sekelompok Mahou Shoujo yang bertarung melawan orang-orang jahat. Namun, meski begitu, animasi yang cukup memperhatikan detail setiap gerakan menjadikan pertarungan mereka tersebut tetap layak untuk disaksikan. Dan berkat storytelling yang rapi, jalan cerita yang mengantarkan anda menuju ke suatu pertarungan pun akan selalu terasa nyaman untuk diikuti. Skor 8 dari 10 (Well-ordered storytelling)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Goods:
- B2 Wall Scroll
- Military Mug Cup
- Tote Bag

Tidak ada komentar:

Posting Komentar