Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 16 Maret 2019

GOBLIN SLAYER

- Judul: ゴブリンスレイヤー (Goblin Slayer)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2018)
- Genre: Action; Fantasy; Super Powers;
- Episode: 12
- Rating: Extreme Violence and Strong Eroticism (Frequent Nudity)
- Sinopsis:
Dunia penuh dengan makhluk-makhluk berbahaya, dan oleh karena itu pula, para Petualang akan lebih sering mengabaikan kawanan Goblin yang kecil dan lemah. Namun, setelah desa asalnya menjadi korban, Goblin Slayer sudah belajar untuk tidak meremehkan Goblin dan membiarkan mereka berkembang biak. Tanpa peduli siapa yang meminta bantuannya, besar upah yang dia terima, atau pun jika orang lain kemudian menganggapnya aneh, Goblin Slayer akan membasmi semua Goblin yang muncul dan terus mengejar sampai ke sarang-sarang mereka hingga tidak ada satu pun Goblin lagi yang tersisa.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Tidak sedang menuju ke suatu ending, anime ini lebih cenderung berupa kumpulan cerita pendek, dan bukan seperti kisah pada umumnya yang memiliki alur bertahap dari pembukaan hingga penutup, kumpulan cerita pendek tersebut pada dasarnya hanya berisi aksi-aksi Slayer dan teman-temannya selama membasmi Goblin. Maka dari segi jalan cerita, mungkin tidak semua orang akan menemukan anime ini menarik atau bahkan enak untuk diikuti. .... Namun, meski demikian, anime ini masih mampu memasukkan cukup variasi ke dalam aksi-aksi tadi, apakah melalui tipe Goblin yang para tokohnya lawan ataukah melalui situasi yang mereka hadapi, sehingga tidak pernah ada dua cerita pendek yang terasa sama. Anime ini juga menyertakan informasi yang sangat mendetail seputar perilaku dan kebiasaan Goblin -- detail yang ternyata memiliki fungsi penting karena digunakan Slayer sebagai dasar untuk menyusun strateginya. Ya, tentu saja, semua informasi itu cuma fiksi yang dibuat-buat, tetapi tetap terdapat suatu aturan masuk akal yang berhasil memberinya wujud nyata, dan kemudian menjadikan Goblin tampak benar-benar seperti suatu makhluk sungguhan dengan perilaku dan kebiasaan tersendiri. Alhasil, setiap misi pembasmian Goblin yang dilakukan Slayer terasa bukan hanya sekadar pembantaian hampa, melainkan perburuan demi perburuan yang membutuhkan keahlian dan rencana matang. Dan bagi mereka yang senang menyaksikan aksi pertempuran yang lebih banyak menggunakan otak daripada kekuatan super, perhatian anime ini terhadap detail adalah kecermatan yang memuaskan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Gabungan animasi 2D dan CG di anime ini terlihat cukup bagus, namun barangkali keunggulannya yang paling utama dari segi audio visual ialah musik latar yang selalu efektif dalam menciptakan emosi yang tepat. Alunan yang cepat dan kuat mampu membuat adegan pertarungan para tokohnya terasa menegangkan, sementara alunan yang lambat dan bernada rendah selama menjelajahi gua-gua yang gelap menjadikan perjalanan mereka seketika terkesan menyeramkan dan penuh bahaya. Bahkan ketiadaan musik latar tersebut pada saat-saat tertentu, seperti ketika Slayer coba menganalisis calon lawannya, tampaknya merupakan upaya yang disengaja untuk menimbulkan nuansa misterius dan mengajak penonton agar ikut bertanya-tanya.

- Tokoh/Karakter:
Anime ini tidak mengungkap banyak hal mengenai tokoh utamanya, tetapi dia tetap cukup berhasil dalam mendefinisikan karakter Goblin Slayer, setidaknya agar penonton dapat segera mengerti dan menerima bahwa Slayer memang adalah seseorang yang khusus membasmi Goblin. Keterangan singkat tentang masa lalunya mampu menjelaskan kebencian Slayer yang mendalam terhadap Goblin, sementara para Petualang lainnya, yang lebih sering memperhatikan makhluk serta jenis bahaya yang lain, secara tidak langsung mengindikasikan betapa fokus Slayer benar-benar tertuju hanya pada Goblin, dan dua emosi kuat ini sudah cukup untuk memberi gambaran dasar kepada seorang individu yang juga misterius sekaligus. Sebab, pada kumpulan cerita yang selalu cuma berisi pertempuran melawan Goblin, emosi yang secara spesifik mengikat Slayer dengan satu jenis lawan tersebut merupakan satu-satunya hal yang penting.

- Overall Score:
Anime ini memang hanyalah sekumpulan pertempuran antara seorang tokoh dengan satu jenis lawan yang selalu sama, tetapi menggambarkannya cuma sampai di situ juga sama sekali tidak benar. Terdapat banyak detail yang tertata apik di balik aksi-aksi tokohnya untuk membuat benak anda senantiasa sibuk berusaha memetakannya, dan musik latarnya pun telah diatur dengan rapi untuk membawa emosi anda larut bersama setiap momennya. Ya, anime ini memang hanyalah sekumpulan pertempuran, namun semua pertempuran tersebut selalu layak untuk disaksikan. Skor 8,5 dari 10 (Satisfyingly sophisticated)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- Figure: Cow girl
- Figma: Goblin Slayer
- Nendoroid: Goblin Slayer
- CD Music: Soundtrack / ED Theme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar