Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 01 Desember 2018

HAPPY SUGAR LIFE

- Judul: ハッピーシュガーライフ (Happy Sugar Life)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2018)
- Genre: Horror;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Matsuzaka Satou sudah lama mencari cinta sejati, dan dia akhirnya berhasil menemukannya pada seorang gadis kecil bernama Koube Shio. Sejak pertama bertemu pada suatu malam, kehidupan mereka bersama kemudian penuh dengan kebahagiaan dan selalu terasa manis laksana gula. Namun, Satou juga menyadari bahwa, demi melindungi kehidupan tersebut, dia perlu melakukan banyak hal yang sulit. Dia harus mengumpulkan uang agar dapat terus memenuhi kebutuhan mereka berdua. Dan dia mesti siap menyingkirkan semua orang yang mengancam akan memisahkan Shio darinya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Terdapat suatu daya tarik yang seketika untuk melihat apa yang akan terjadi dengan Satou dan Shio. Selain karena Shio adalah seorang gadis kecil polos yang mampu segera mengundang rasa simpati, kenyataan bahwa Satou sekilas terlihat biasa-biasa saja menjadikan kisah mereka terasa ... dekat. Satou laksana anggota keluarga, teman, atau tetangga yang seseorang kenal, dan kehidupan rahasianya bersama Shio seolah tidak pernah berada terlalu jauh dari lingkungan seseorang, sehingga penonton pun secara alami akan terdorong untuk menyaksikan suatu rahasia gelap yang biasanya tidak bisa disaksikan meski tersembunyi tepat di depan mata mereka. .... Namun, sayangnya, daya tarik tersebut tidak bertahan lama. Setelah anime ini memasukkan lebih banyak tokoh-tokoh bermasalah dengan kehidupan rahasia mereka masing-masing, kisah Satou pun segera kehilangan nilainya sebagai sesuatu yang unik dan tidak lazim. Anime ini berubah menjadi semacam galeri seputar orang-orang yang memiliki konsep miring tentang cinta, dan situasi Satou hanyalah salah satu dari beberapa contohnya. Ada saat-saat ketika dia akan kembali ke jalur yang benar, yaitu tatkala para tokoh yang lebih normal seperti Shouko dan Asahi membawa fokus cerita kembali pada kisah Satou secara khusus dengan bergerak semakin dekat untuk mengungkap rahasianya, tetapi dibandingkan dengan adegan yang menampilkan tokoh-tokoh bermasalah tadi, jumlahnya masih terlalu jarang.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Secara keseluruhan visual di anime ini cukup bagus. Hanya saja, apakah dia seharusnya mampu menyajikan elemen horornya dengan lebih baik? Anime ini tampaknya menggunakan kontras sebagai teknik andalannya. Dia sengaja menampilkan sisi terang dari para tokohnya secara mencolok agar sisi gelap mereka saat muncul kemudian akan langsung mudah terlihat. Tapi, dia bergantung pada teknik ini agak terlalu banyak dan terlalu sering, sehingga efek kejutannya pun dengan cepat berubah tumpul. Ini tentu cuma sebatas hipotesis, namun seandainya dia bisa lebih efisien, mungkin anime ini juga akan mampu menjadikan beberapa momen terasa lebih menyeramkan.

- Tokoh/Karakter:
Seperti yang telah disebutkan, anime ini memasukkan terlalu banyak tokoh-tokoh yang punya masalah dengan cinta. Hal ini tampaknya tidak sepenuhnya dia lakukan dengan asal-asalan. Dia mungkin bermaksud menggunakan mereka sebagai perbandingan atau pembeda, untuk menunjukkan bahwa cinta Satou terhadap Shio merupakan cinta yang murni, tidak sama dengan cinta yang ada pada tokoh-tokoh tersebut. Namun, efek yang dihasilkan ternyata adalah justru sebaliknya. Bukannya menarik garis pembatas yang akan memisahkan mereka secara tegas, metode ini malah membawa Satou lebih dekat ke tokoh-tokoh tersebut. Satou, karena diharuskan bertarung dan bersaing dengan mereka, pada akhirnya lebih cenderung terlihat bagai bergabung dengan tokoh-tokoh itu di atas satu ring yang sama. Tujuan anime ini sendiri sebenarnya tidak keliru, tetapi, sayang sekali, dia mengambil jalan yang salah saat berusaha mencapainya.

- Overall Score:
Anime ini tahu apa yang ingin dia sampaikan, namun tidak tahu bagaimana cara menyampaikannya dengan benar. Ketika bermaksud memperlihatkan kehidupan Satou dan Shio sebagai sesuatu yang aneh dan asing, dia menggunakan visualisasi dan tokoh-tokoh pembanding secara berlebihan hingga akhirnya justru menyebabkan kehidupan tersebut tidak lagi terasa seaneh dan seasing yang semestinya. Anda masih bisa menemukan beberapa momen yang akan membuat tegang, tetapi potensi horor yang sejati dari anime ini mungkin terlalu rancu untuk dapat segera anda nikmati. Skor 7,5 dari 10 (Muddled horror)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar