Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 08 Desember 2018

ASOBI ASOBASE

- Judul: あそびあそばせ (Asobi Asobase)
- Judul Alternatif: Workshop of Fun;
- Tipe: TV (Juli 2018)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Karena penampilan fisiknya, Olivia selalu disangka sebagai murid pindahan dari luar negeri, tetapi bukannya berusaha meluruskan kesalahpahaman tersebut, dia justru menggunakannya untuk membodohi teman sekelasnya, Honda Hanako. Pada saat yang sama, Nomura Kasumi melihat pada Olivia peluang untuk bisa belajar Bahasa Inggris, namun karena dia sesungguhnya cuma berpura-pura menjadi orang asing, Olivia berusaha menghindar dengan meminta syarat agar Kasumi balas mengajarkan bermacam permainan di Jepang. Kasumi pun akhirnya membentuk Asobinin Kenkyuukai, sebuah klub untuk meneliti permainan hanya supaya dia dapat memaksa Olivia mengajarkan Bahasa Inggris, meski kemudian Hanako juga bergabung dan segera mengubah klub itu menjadi sekadar tempat mereka bermain-main setiap hari.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedi anime ini menunjukkan kualitas yang paling baik ketika para tokohnya melakukan sesuatu yang bodoh atau bereaksi secara berlebihan terlepas dari bagaimana karakter dasar mereka. Sebaliknya, sesekali dia akan mendadak berubah tidak efektif justru saat anime ini coba mengangkat lelucon yang berdasar pada karakter masing-masing tokohnya. Alasannya bukan karena karakter tokoh-tokoh tersebut tidak lucu, melainkan karena mereka selalu digambarkan dengan kondisi yang terlalu spesifik. Dengan kata lain, bukannya dipersiapkan sebagai dasar atau sarana untuk menyajikan lelucon, para tokoh anime ini seolah didesain khusus untuk menjadi lelucon itu sendiri. Kesulitan Kasumi dalam belajar Bahasa Inggris, misalnya, merupakan sebuah lelucon yang sudah sempurna, maka setiap kali anime ini menggunakan gambaran tersebut pada komedi seputar Kasumi, dia terasa seperti hanya terus mengulang satu lelucon yang sama.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Audio dan visual anime ini mampu menyajikan komedinya dengan baik, terutama untuk lelucon yang berasal dari tingkah laku dan reaksi bodoh para tokohnya. Kombinasi antara animasi yang bagus, voice-acting yang sesuai, serta timing yang tepat saat menampilkan wajah-wajah aneh mereka dapat segera memperlihatkan betapa bodohnya sebagian besar (jika bukan semua) tokoh di anime ini.

- Tokoh/Karakter:
Jika para tokohnya menjadi sumber komedi yang baik justru ketika mereka tidak memperlihatkan karakter mereka yang asli, hal itu jelas mengindikasikan bahwa anime ini memang sejak awal tidak mampu menyiapkan karakter-karakter yang cocok untuk komedi. Seperti yang telah sempat diterangkan di atas, dia menggambarkan karakter para tokohnya dengan terlalu spesifik sehingga mereka terkunci hanya pada satu lelucon, maka setelah kemunculan mereka yang pertama kali, karakter setiap tokoh di anime ini akan segera berubah hampir sepenuhnya tidak lagi efektif. .... Namun, pada sisi positifnya, anime ini selalu menambahkan seorang tokoh baru, lengkap dengan lelucon mereka yang spesifik tadi, di hampir setiap episode. Efektivitas tokoh-tokoh ini tetap tidak pernah bertahan lebih lama dari episode ketika mereka muncul tersebut, tetapi karena dia mampu mengatur agar mereka menyebar dengan rata di sepanjang serial, jika menilai berdasarkan hasil akhirnya, mungkin secara keseluruhan anime ini masih dapat dianggap berhasil menggunakan para tokohnya untuk menghasilkan sebuah serial komedi yang senantiasa menghibur hingga episode terakhir.

- Overall Score:
Anime ini merupakan komedi yang cukup bagus. Dia tidak selalu menunjukkan kualitas tersebut, terutama ketika dia sesekali berusaha menyajikan lelucon-lelucon yang berasal dari karakterisasi sempit para tokohnya, tetapi syukurlah, jumlah momen hambar seperti ini tidak terlalu banyak. Begitu tokoh-tokoh itu mengabaikan karakter mereka dan berubah menjadi hanya sebagai sekumpulan orang bodoh yang berwajah aneh, anime ini pun akan segera kembali memperlihatkan kualitas komedinya yang sesungguhnya. Skor 8 dari 10 (Good comedy)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Goods:
- T-Shirt: Mix Grey (S/M/L/XL)
- Mug Cup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar