Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 23 Mei 2020

ID:INVADED

- Judul: イド:インヴェイデッド (ID:INVADED)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2020)
- Genre: Mystery; SciFi;
- Episode: 13
- Rating: Strong Violence
- Sinopsis:
Organisasi Kura memiliki teknologi Mizuhanome yang memungkinkan polisi masuk ke dalam Id atau alam bawah sadar para pembunuh dan mencari petunjuk tentang identitas sejati mereka. Namun, ternyata tidak semua orang bisa menggunakan teknologi tersebut. Hanya orang-orang tertentu seperti Narihisago Akihito, seorang mantan polisi dengan kemampuan deduksi yang tinggi dan sekaligus insting mendalam untuk membunuh, yang dapat segera memecahkan misteri di dalam Id dan langsung mengenali jejak khas dari sesamanya para pembunuh.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Misteri di anime ini cukup menarik untuk diikuti. Teknologi Mizuhanome yang memungkinkan para tokohnya masuk ke alam bawah sadar seseorang memang terasa agak meragukan, tetapi karena dia tidak secara langsung mempengaruhi misterinya, mungkin penonton masih dapat memaafkan hal ini. Teknologi tersebut bisa dianggap cuma sebagai alat pendukung yang mempermudah investigasi, semacam komputer yang membantu para tokohnya mengumpulkan data. Dan meski anime ini juga sesungguhnya tidak pernah benar-benar mengajak penonton ikut berpikir dengan sesekali secara diam-diam membagikan petunjuk (sebagaimana biasanya kisah misteri yang baik), proses investigasi yang Sakaido lakukan masih tersusun dalam tahapan yang wajar. Sakaido tidak pernah tiba-tiba saja mengetahui semua jawaban -- logikanya berkembang hanya berdasarkan petunjuk yang sudah berhasil dia peroleh, sehingga penonton tetap mampu merasa seolah sedang mengikuti sebuah proses yang masuk akal. .... Hanya saja, sayangnya, misteri di anime ini secara praktis hanya bertahan selama pertengahan awal serial. Anime ini selanjutnya lebih banyak ingin berkisah tentang para tokohnya, namun karena tokoh-tokoh tersebut tidak pernah diberikan karakterisasi yang lengkap hingga mereka lebih sering terlihat hampa, pertengahan yang kedua pun pada dasarnya tidak lagi memiliki bentuk cerita yang menarik untuk disaksikan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Bagian yang paling atraktif dari visual anime ini adalah ketika dia menampilkan alam bawah sadar seseorang. Terdapat daya tarik alami untuk melihat alam seperti apa yang akan muncul berikutnya, terutama jika alam tersebut berasal dari seorang pembunuh berantai. Dan sebab berkaitan dengan proses investigasi, visualisasi ini juga selalu memiliki makna serta fungsi yang lebih dalam daripada sekadar sebagai sebuah setting.

- Tokoh/Karakter:
Entah apakah sebab persiapan yang kurang atau karena anime ini yang tidak berhasil memberi mereka peran yang lebih penting daripada proses investigasi melalui Mizuhanome yang unik, karakter para tokohnya tidak pernah digambarkan secara lengkap. Paling jauh karakterisasi mereka cuma mencapai posisi mereka di dalam suatu kasus dan beberapa keterangan tambahan, misalnya sebagai pembunuh yang membunuh dengan cara tertentu karena dipicu kejadian tertentu, tetapi mereka tidak pernah benar-benar memiliki identitas sendiri sebagai seorang individu. Seandainya anime ini hanya berupa kisah misteri, di mana para polisi akan terus mengejar dan menangkap para penjahat tanpa peduli siapa si polisi dan siapa si penjahat, hal ini sesungguhnya bukan masalah yang terlampau besar. Namun, ketika belakangan dia kemudian mengubah fokus cerita ke arah para tokohnya, kehampaan di dalam karakter mereka pun segera terlihat jelas.

- Overall Score:
Anda tentu sudah sering melihat serial tentang Profiler yang berusaha mengungkap jati diri para pembunuh dengan cara 'masuk' ke dalam kepala mereka, tetapi mungkin baru anime ini yang benar-benar memperlihatkan 'bagian dalam kepala' tersebut secara visual. Lalu ditambah dengan proses investigasi yang selalu berdasar pada logika, anime ini pun sempat mampu menjadi serial misteri yang unik dan sekaligus menarik untuk diikuti. Sayangnya, pujian yang sama tidak bisa diberikan kepada para tokohnya. Maka begitu dia kemudian menukar misteri dengan kisah para tokohnya sebagai fokus cerita, serta-merta daya tarik anime ini juga langsung hilang. Skor 7,5 dari 10 (Initially a good mystery)


DVD/Blu-ray:

3 komentar:

  1. maaf nih ya, numpang kritik ini blog. kalo ada kata yang nyakitin hati gue minta maaf.
    pertama, overall, nih blog bagus, cara menyampaikan kritikan sangat apik dan logis. detail review nya juga bagus. saya enak bacanya.
    tetapi, blognya kalo bisa dibagusin tampilanya. wallpapernya kalo mau gambar anime gapapa. asalkan tulisan disetiap sisi enak dan mudah dibaca. orang kalo lihat blog tampilanya ramai dan sulit dibaca, biasanya mudah bosan dan malas liatnya. contoh-contoh gambar atau video kalo bisa dimasukkan kedalam blog. lebih lanjut klik > https://www.niagahoster.co.id/blog/desain-blog/ <. pesan-pesan gua tersampaikan dari blog itu. terima kasih sudah mau baca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kritik dan sarannya sekaligus! :)
      Saya akui, satu kelemahan saya yang paling besar adalah dalam hal estetika. Tampilan blog ini lebih banyak direncanakan berdasarkan temanya, yaitu Bulan Purnama di Langit Malam. Wallpapernya juga karena saya kebetulan dapat ilustrasi light novel dengan gambar dan warna yang bagus.
      Terima kasih sekali lagi. Kalau memang blog ini bisa diperindah, akan saya coba.

      Hapus
    2. keep it up bro!!!. i love this site

      Hapus