Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 13 Juli 2019

REVISIONS

- Judul: リヴィジョンズ (revisions)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2019)
- Genre: Action; SciFi;
- Episode: 12
- Rating: Extreme Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Setelah diperingatkan seorang gadis bernama Milo tujuh tahun silam, Doujima Daisuke selalu yakin bahwa bahaya besar akan menimpa Kota Shibuya. Tidak ada seorang pun yang berbagi keyakinan tersebut dengannya, tetapi pada suatu hari, Daisuke, teman-temannya, dan sebagian Shibuya tiba-tiba saja pindah ke ratusan tahun di masa depan. Mereka ternyata sengaja didatangkan oleh sebuah kelompok yang disebut Revisions, yang berencana untuk mengumpulkan manusia dari masa sebelum dunia berakhir.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Setiap bagian dari cerita anime ini sepertinya telah dipersiapkan dengan cukup matang. Baik logika di balik rencana Revisions untuk membawa Shibuya ke masa depan maupun theoretical science yang kemudian memungkinkan rencana itu berjalan terasa cukup masuk akal, sehingga sampai pada batas tertentu cerita anime ini dapat segera diterima sebagai sesuatu yang bisa saja terjadi dan bukan cuma omong kosong belaka. Memang masih terdapat beberapa detail yang tidak jelas, misalnya tentang metode yang digunakan AHRV untuk membuat prediksi masa depan yang akurat, tetapi mengingat bagaimana semua elemen penting di jalan cerita utama saling terhubung secara logis, ketidakjelasan tersebut pun seharusnya dapat lekas dimaklumi sebagai informasi tambahan yang hanya tidak sempat dijelaskan dengan panjang lebar. Lebih jauh, anime ini juga tampaknya telah menata kejutan-kejutan di dalam ceritanya dengan rapi. Tidak asal dihadirkan untuk sekadar menciptakan sensasi, setiap kejutan didesain sebagai bagian dari cerita, dan timing dari kemunculannya diatur pada setiap episode untuk membuat arah ceritanya senantiasa misterius. Dia memaksa penonton agar terus bertanya-tanya jika seorang tokoh dapat dipercaya atau tidak, dan karena hal itu akhirnya menyebabkan cerita anime ini yang mempertemukan banyak tokoh sekaligus terkesan sebagai konflik dari berbagai kepentingan yang masing-masing memiliki maksud dan tujuan sendiri, ending-nya pun spontan menjadi sangat sulit ditebak.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski mungkin dia seharusnya bisa menampilkan lebih banyak aksi pertarungan mecha yang menegangkan, secara keseluruhan visual di anime ini sudah bagus. Satu-satunya masalah yang terlihat mencolok adalah animasi para tokohnya yang sesekali menyertakan gerakan yang tidak perlu, sehingga reaksi mereka terkadang terkesan tidak alami dan terlalu dramatis, namun beruntung, masalah ini tidak pernah sampai menjadi terlampau besar untuk tidak bisa diabaikan dengan mudah.

- Tokoh/Karakter:
Walaupun mengangkat sains yang membutuhkan kemampuan imajinasi tingkat tinggi hingga dia mungkin akan terasa bagai sebuah fantasi, sebagian tokoh membantu untuk menjaga agar cerita anime ini tetap berada di dalam batas yang realistis. Obsesi berlebihan Daisuke untuk bersikap seperti pahlawan menjadikannya terlihat layaknya manusia normal yang dihantui oleh suatu kekurangan tersendiri, sementara reaksi tokoh-tokoh pendukung yang terkadang panik dan kebingungan membuat mereka tampak hanya sebagai orang-orang biasa yang tiba-tiba saja harus terlibat dalam suatu kejadian luar biasa, sehingga terlepas dari elemen sains tadi, penonton masih dapat segera membayangkan situasi yang sedang mereka hadapi. .... Namun, sebagian tokoh yang lain mungkin justru sebaliknya akan menyebabkan anime ini terkesan ... tidak nyata. Gai, Keisaku, Lu, dan Marimari tampaknya ditulis sebagai bagian dari sebuah drama yang terpisah, yang kemudian dipaksakan bergabung dengan cerita utama di anime ini. Alhasil, reaksi mereka seringkali terasa tidak alami, atau bahkan tidak bersesuaian dengan apa yang sedang terjadi, seolah-olah mereka hidup di dalam dunia imajinatif mereka sendiri.

- Overall Score:
Sains yang dia angkat memang agak terlalu rumit untuk dapat segera dimengerti, tetapi secara keseluruhan anime ini seharusnya tetap mampu dengan cukup mulus masuk ke dalam akal anda. Susunan kejadian di dalam ceritanya teratur dengan rapi, dan sikap normal dari para tokohnya menunjukkan bahwa anime ini masih berkisah tentang orang-orang biasa pada umumnya. Bahkan kegagalannya untuk juga menyertakan drama tidak akan sampai menghalangi anda dari menikmati jalan ceritanya yang penuh kejutan. Skor 8,5 dari 10 (Mostly well prepared)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- T-Shirt: Milo Black (S/M/L/XL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar