Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 31 Agustus 2019

MAYONAKA NO OCCULT KOUMUIN

- Judul: 真夜中のオカルト公務員 (Mayonaka no Occult Koumuin)
- Judul Alternatif: Midnight Occult Civil Servants;
- Tipe: TV (April 2019)
- Genre: Supernatural;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence
- Sinopsis:
Menjadi pegawai sipil di Yakan Chiiki Kouryuu-ka (Divisi Komunikasi Lokal Malam Hari) untuk Distrik Shinjuku, Miyako Arata tidak menyangka bahwa dia akan bertugas menjalin hubungan baik dengan berbagai makhluk supernatural yang dinamakan Another. Beruntung, sebagai keturunan Abe no Seimei, Arata ternyata memiliki Suna no Mimi, yaitu kemampuan untuk mendengar ucapan Another yang biasanya tersembunyi dari telinga manusia. Arata pun kemudian dapat berbincang normal dengan para Another, meski itu tidak langsung berarti bahwa komunikasi di antara mereka juga akan selalu berjalan lancar.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Menggambarkan para Another laksana tamu asing yang suka berbuat onar, plot di anime ini segera memiliki keunikan tersendiri. Sebab dia menempatkan makhluk-makhluk supernatural tersebut tidak terlalu jauh sampai benar-benar terletak di luar dunia manusia, tetapi juga tidak terlalu dekat hingga berada di satu level dengan manusia, maka status mereka di anime ini pun terasa bagaikan suatu wilayah baru yang belum pernah dijelajahi sebelumnya. Interaksi para tokoh manusianya dengan Another bukan lagi sekadar untuk mengalahkan mereka layaknya musuh atau pun untuk hidup berdampingan bersama mereka seperti teman, melainkan lebih untuk mengelola persinggungan di antara kedua dunia agar masing-masing dapat tetap dalam kondisi yang sebagaimana mestinya -- manusia sibuk dengan urusan manusia, dan Another dengan urusan Another sendiri. Furthermore, anime ini juga selalu mengatur supaya masalah yang timbul karena suatu Another disesuaikan dengan karakteristik Another tersebut. Dan itu berarti, untuk setiap Another baru yang muncul, anime ini akan menampilkan masalah dan solusi yang baru pula. Tidak akan ada cerita yang berulang, sehingga anime ini kemungkinan besar tidak akan pernah terasa membosankan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Audio visual anime ini cukup bagus. Dia selalu mampu menjalankan fungsi utamanya untuk menyampaikan cerita dengan sempurna, dan meski ini mungkin hanya opini pribadi, desain gambar para tokoh di anime ini juga sangat pas untuk mengangkat nuansa supernatural di dalam ceritanya. Satu kekurangannya yang paling mencolok adalah animasi yang sesekali masih terlihat agak kasar, tetapi jika mempertimbangkan jenis cerita yang lebih memprioritaskan komunikasi para tokohnya dengan Another daripada aksi-aksi mereka, secara keseluruhan hal ini seharusnya tidak akan sampai menjadi gangguan.

- Tokoh/Karakter:
Selain dari hal-hal yang banyak menyita perhatian mereka, seperti Kyouichi dengan kakak perempuannya atau Seo dengan penelitiannya, anime ini tidak menggambarkan karakter para tokohnya secara jelas. Bahkan, satu-satunya informasi yang diketahui dari sang tokoh utama Arata adalah hanya bahwa dia merupakan keturunan Abe no Seimei yang memiliki kemampuan Suna no Mimi, sedangkan keterangan seputar kepribadian Arata sendiri sebagai seorang individu atau pun pendapatnya tentang kemampuan Suna no Mimi tersebut hampir sama sekali tidak ada. .... Namun, di sisi lain, karena daya tarik yang sejati dari anime ini adalah para Another, kekaburan karakter para tokoh manusianya justru menjadi sangat bermanfaat. Ini tampaknya bukan hal yang disengaja, sebab anime ini juga berisi drama pribadi yang mengisyaratkan bahwa mereka tetap seharusnya punya kepribadian, tetapi ketika Arata dan teman-temannya ternyata cuma mampu menjadi bayang-bayang yang tidak jelas, para Another di sekeliling mereka pun secara otomatis terlihat kian menarik.

- Overall Score:
Bila anime lain umumnya menampilkan makhluk-makhluk supernatural sebagai musuh atau sebaliknya teman, cara anime ini yang menggambarkan mereka seperti tamu asing tentu akan segera terasa menyegarkan. Dan berkat keterampilannya dalam menulis jalan cerita yang berbeda bagi setiap Another yang muncul, perasaan segar itu juga akan bertahan untuk waktu yang sangat lama. Karakter para tokohnya yang tidak jelas memang menjadikan anime ini cenderung hampa dari emosi, tetapi jika anda sekadar mencari kumpulan kisah tentang permasalahan dalam kota yang unik dan aneh, kurangnya fokus pada elemen manusia di anime ini mungkin justru hanya akan membuat anda semakin terhibur. Skor 8,5 dari 10 (Uniquely intriguing)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar