Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 13 Juli 2018

B: THE BEGINNING

- Judul: B: The Beginning
- Judul Alternatif: -
- Tipe: Web (Maret 2018)
- Genre: Action; Mystery; Super Powers;
- Episode: 12
- Rating: Extreme Violence and Strong Eroticisim (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Serangkaian kasus pembunuhan misterius terjadi di Kerajaan Cremona. Si pelaku hanya menyerang para pelaku kriminal lainnya, dan setiap kali selesai melakukan aksinya, dia akan meninggalkan sebuah tanda berupa huruf alfabet "B". Demi memecahkan kasus tersebut, unit kepolisian RIS lalu mengajak Keith Flick yang genius bergabung dalam penyelidikan. Namun, meski sekilas dia memang terlihat seolah membantu mereka, diam-diam Keith sebenarnya sudah mengetahui baik identitas si pelaku pembunuhan maupun maksud dari tanda "B" itu, dan kini dia hanya memanfaatkan RIS untuk menuntaskan dendam pribadinya yang telah lama tertunda. 

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Sebagai gabungan antara action dan misteri, anime ini memulai dengan sangat baik. Dia tidak menunda-nunda untuk langsung menampilkan banyak aksi-aksi pertarungan sejak dari episode pertama, dan karena menghubungkan latar belakang di balik pertarungan itu dengan serangkaian kasus pembunuhan yang penuh teka-teki, dia juga secara otomatis menjadi kisah misteri yang menarik. Jika ada yang perlu dikritik, hal itu adalah bahwa dalam upaya memecahkan misteri tersebut, proses investigasi di dalam ceritanya kadang kemudian terkesan berkembang secara tidak alami. Berasal dari kekuatan super yang mereka miliki (termasuk tingkat IQ yang luar biasa tinggi) sebagian tokoh tampak seolah bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan, dan dengan demikian seketika mampu menyelesaikan suatu fase pada proses investigasi hanya dalam sekejap dan dengan terlalu mudah. Namun, meski begitu, barangkali ketidak alamian ini masih berada di dalam batas yang bisa diterima, sebab secara keseluruhan dia tidak sampai meninggalkan efek yang signifikan pada jalan cerita. Selain itu, informasi yang mereka peroleh melalui kekuatan super mereka bukanlah sesuatu yang eksklusif. Anime ini sebenarnya bisa saja mengembangkannya dengan cara yang lebih masuk akal, mengatur supaya para tokoh itu tetap memperoleh informasi yang sama melalui proses yang lebih alami, maka kenyataan bahwa dia justru memilih menjadi tidak alami terasa seperti keputusan yang disengaja hanya untuk mempersingkat cerita agar dia dapat memasukkan semua yang ingin dia sampaikan ke dalam durasi dan jumlah episode yang terbatas. Atau dengan kata lain, anime ini tidak secara khusus bergantung kepada ketidak alamian tadi. Dan oleh karena itu, meski dia memang terkadang akan terlihat bergerak terlalu cepat, jalan ceritanya tidak pernah sampai terkesan seolah ditarik secara paksa.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Visual anime ini menyajikan baik sisi action maupun sisi misterinya dengan animasi dan sinematografi yang mendukung. Gerakan yang mengalir lancar dan sudut kamera yang tepat menjadikan adegan pertarungan para tokohnya selalu terlihat cepat, seru, dan dinamis. Sementara, tampilan close-ups dan tingkat ketelitian yang tinggi terhadap bahasa tubuh mereka benar-benar menghidupkan nuansa misteri di dalam ceritanya, sebab anime ini secara tidak langsung mengesankan kepada penonton bahwa setiap gerakan, bahkan yang paling kecil dan sederhana, mungkin mengandung suatu makna tersembunyi.

- Tokoh/Karakter:
Setiap tokoh di anime ini punya alasan logis untuk terlibat di dalam cerita, termasuk para tokoh pendukung dengan peran yang tidak begitu penting. Alhasil, kehadiran mereka selalu terasa wajar, dan walaupun pengaruhnya tidak langsung tampak di permukaan, hal ini menjadikan cerita anime ini ikut terasa masuk akal, bahkan meski dia bercampur dengan elemen kekuatan super yang tidak masuk akal. Keith yang genius dan Kokuu yang mampu terbang tetap hanyalah orang-orang biasa yang harus berurusan dengan kejadian luar biasa. Kisah mereka masih berisi emosi dan reaksi logis yang dapat segera dimengerti oleh siapapun.

- Overall Score:
Aksi-aksi pertarungannya yang cepat selalu memukau untuk disaksikan dan misterinya yang penuh teka-teki mampu mengajak siapapun untuk berpikir -- anime ini akan memberi hiburan kepada mata dan otak anda sekaligus. Memang terdapat beberapa bagian di mana jalan ceritanya terkesan berkembang secara tidak alami, namun jika anda bisa memakluminya sebagai konsekuensi yang sulit dihindari dari durasi penayangan yang terbatas, hal tersebut seharusnya tidak akan sampai mengganggu anda dari menikmati sebuah tontonan yang rumit. Skor 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar