Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 26 Februari 2016

SAKURAKO-SAN NO ASHIMOTO NI WA SHITAI GA UMATTE IRU

- Judul: 櫻子さんの足下には死体が埋まっている (Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatte iru)
- Judul Alternatif: A Corpse is Buried Under Sakurako's Feet; Beautiful Bones: Sakurako's Investigation;
- Tipe: TV (Oktober 2015)
- Genre: Mystery;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Di Kota Asahikawa, Tatewaki Shoutarou banyak membantu pekerjaan Kujou Sakurako sebagai Hyouhonshi (pembuat spesimen) dengan mencari tulang-belulang hewan di berbagai tempat. Namun, entah mengapa, mereka justru seringkali menemukan kerangka manusia, dan akhirnya terlibat dalam suatu kasus misteri. Beruntung, berkat kemampuan investigasi yang dimiliki Sakurako, pengetahuannya yang teramat luas, dan juga kecintaannya yang aneh namun mendalam terhadap segala hal tentang tulang-belulang, mereka kemudian selalu berhasil memecahkan setiap kasus dengan segera.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi kisah misteri yang bagus, baik dari sisi ceritanya sendiri maupun dari sisi teka-tekinya. Sederhananya, jika membawa penonton larut sambil membuat mereka terus bertanya-tanya, sebuah cerita sudah dapat dikatakan sebagai kisah misteri yang bagus. Namun, meski dengan batasan yang telah cukup jelas, tetap sulit untuk begitu saja menentukan di mana posisi anime ini berada. Sebab ketika dia memiliki banyak tanda-tanda keunggulan, ternyata anime ini juga menunjukkan kelemahan dalam jumlah yang setara. Sesekali dia menyajikan teknik penulisan yang hebat, sehingga ceritanya terasa mengalir secara alami sejak dari saat para tokohnya mulai terlibat di dalam suatu kasus sampai akhirnya kasus tersebut selesai, tetapi sesekali dia juga melakukan kesalahan mendasar, yaitu dengan memaksakan para tokohnya terlibat tanpa alasan yang cukup kuat selain hanya karena mereka senang mengurusi rahasia orang lain. Terkadang dia dengan pandai mengangkat misteri yang seketika akan mengundang rasa penasaran dari penonton, seperti kasus penemuan tulang-belulang seorang wanita di sekolah Shoutarou, tetapi terkadang pula dia mengajukan kasus yang konyol, seperti misteri mengapa nenek Shoutarou tiba-tiba menyukai puding saat masuk rumah sakit. Pada sebagian kasus dia bisa memaparkan misterinya dengan rapi, mengungkap petunjuk sedikit demi sedikit dan mengajak penonton untuk ikut berpikir, tetapi pada sebagian kasus yang lain dia justru merusak misterinya sendiri karena kemampuan luar biasa dari Sakurako yang akan menjawab semua pertanyaan dalam sekejap, tidak memberi kesempatan sedikit pun kepada penonton. Kesimpulannya, anime ini tidak mempunyai kualitas yang pasti, maka tidak ada jalan lain kecuali menilainya kasus demi kasus dan episode demi episode. Beberapa di antaranya lebih banyak berisi nilai plus sehingga masih menawarkan kisah misteri yang layak untuk ditonton, sedangkan sisanya akan lebih cenderung ke nilai minus dan dengan demikian belum cukup memuaskan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Anime ini menampilkan visual yang sangat indah. Gambarnya memperhatikan setiap detil, dan animasinya mempertimbangkan bahkan gerakan alami benda-benda, seperti pantulan balik pintu geser sebagai akibat dari momentum karena dibuka dengan kuat. Penulisan dialog yang baik juga berhasil memasukkan secara halus informasi-informasi ilmiah ke dalam cerita tanpa pernah terkesan terlalu rumit. Hal ini memang kemudian menjadikan kemampuan Sakurako terasa berlebihan, namun terlepas dari itu, semua penjelasan yang dia sampaikan ketika memecahkan teka-teki selalu mudah dipahami.

- Tokoh/Karakter:
Siapa Kujou Sakurako? .... Sungguh, siapa sebenarnya Kujou Sakurako? Sebab dia seolah mengetahui segala hal! Kemampuan investigasi yang dia miliki mungkin dapat dianggap sebagai bakat alami dan keakrabannya dengan tulang-belulang memang bisa saja memberinya informasi tentang identitas serta penyebab kematian suatu mayat, tetapi bagaimana dengan pengetahuannya akan jenis racun atau psikologi seseorang? Bagaimana dia dapat mengetahui semua itu, terutama ketika dia seharusnya menghabiskan sebagian besar waktu hanya menyusun kembali tulang-belulang di kamar? Tidak pernah ada penjelasan yang masuk akal atas latar belakang Sakurako, sehingga kemampuannya terasa sangat dilebih-lebihkan, dan sebagaimana yang telah disebutkan di atas, hal ini kemudian berdampak langsung terhadap kualitas misterinya. Ketika kemampuannya dibatasi, misteri di anime ini akan menjadi cukup menarik, namun ketika kemampuan supernya muncul, misterinya pun berakhir dengan terlalu mudah, menjadi tidak lebih dari sebuah ajang bagi anime ini untuk sekadar menunjukkan bahwa dirinya bersifat ilmiah.
Lebih jauh, kurangnya penjelasan atas Sakurako juga merupakan indikasi bahwa para tokoh di anime ini tidak dipersiapkan dengan matang. Anime ini bahkan tidak membangun suatu situasi yang mendukung di sekeliling mereka untuk setidaknya membuat kasus-kasus misteri terkesan datang kepada mereka dengan lebih alami, maka kecuali barangkali Utsumi yang seorang polisi, tokoh-tokoh yang lain seolah selalu hadir sepenuhnya cuma karena secara kebetulan, bahkan termasuk pula Sakurako dan Shoutarou. Selama kasus misteri itu sendiri menghibur dan para tokoh yang ada hanya berfungsi untuk menyajikannya, hal ini sebenarnya masih bisa dimaafkan, namun yang menjadi masalah adalah bahwa anime ini memaksakan agar mereka juga terpengaruh secara emosional oleh kasus-kasus tersebut. Sebagai pihak yang sejak awal semestinya tidak terlibat, emosi mereka terasa begitu mendadak dan bahkan palsu, dan kekeras-kepalaan anime ini untuk terus menekankan betapa para tokohnya bersedih atau terpukul justru kemudian menjadikan mereka cenderung membosankan.

- Overall Score:
Mungkin yang paling mengecewakan dari anime ini adalah bahwa dia sesungguhnya sangat mampu untuk menjadi salah satu kisah misteri yang terbaik. Selain cermat memilih kasus yang menarik dan pandai dalam menulis cerita yang dapat mengajak berpikir, dia juga didukung oleh visual yang senantiasa indah. Sayangnya, anime ini lalu berusaha tampil penuh emosi, tetapi tanpa persiapan matang atas para tokohnya, hal tersebut justru hanya merusak sebagian misterinya. Meski anda masih bisa menikmati banyak indikasi dari keunggulan sejati anime ini, dia tidak akan pernah menjadi yang terbaik. Skor 7,5 dari 10 (A not-so-good mystery)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar