Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 13 Juni 2014

TOARU HIKUUSHI E NO KOIUTA

- Judul: とある飛空士への恋歌 (Toaru Hikuushi e no Koiuta)
- Judul Alternatif: The Pilot's Love Song; Love Song of a Certain Pilot;
- Tipe: TV (Januari 2014)
- Genre: Action; Romance; Fantasy;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Physical Harm)
- Sinopsis:
Balesteros, Sai, Benares -- tiga negara bersatu merencanakan sebuah ekspedisi besar-besaran untuk menemukan Ujung Langit yang disebutkan dalam legenda penciptaan dunia. Mereka pun mengirim sekelompok orang di atas Isla, sebuah pulau yang terapung di udara, agar memulai perjalanan yang entah akan menempuh jarak berapa jauh dan menghabiskan waktu berapa lama. Di antara orang-orang tersebut adalah Kal-el Albus, mantan putera mahkota Kerajaan Balesteros yang diharuskan ikut serta dalam ekspedisi oleh pemerintah Republik Balesteros saat ini sebagai cara untuk mengasingkannya. Namun, alasan Kal-el tidak sepenuhnya hanya karena terpaksa. Sambil berlatih menjadi pilot di Sekolah Cadoques, diam-diam dia menunggu kesempatan untuk membalas dendam kepada gadis pemimpin ekspedisi, Nina Viento, yang juga memimpin revolusi yang menggulingkan Kerajaan Balesteros beberapa tahun sebelumnya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Ceritanya baru berjalan dengan lancar pada pertengahan akhir serial, sedangkan pada pertengahan awal tidak banyak yang terjadi kecuali memperlihatkan Kal-el dan teman-temannya berlatih atau bahkan hanya bermain. Sebenarnya, dari segi storytelling, anime ini sudah melakukan semuanya dengan benar, sebab pertengahan awal tersebut berfungsi sebagai bab pengantar yang memberikan informasi tentang kisah latar di masa lalu Kal-el dan juga membangun nuansa pertemanan di antara para pilot muda Cadoques. Maka mungkin masalah anime ini terletak pada bagaimana dia mengatur episodenya. Informasi yang diberikan memang jelas berguna, tetapi beberapa di antaranya, seperti hubungan Kal-el dan Ariel, tentu sudah langsung bisa dimengerti oleh penonton tanpa perlu diangkat secara khusus dalam satu episode. Dan jika hanya ingin menunjukkan pertemanan para tokohnya, anime ini seharusnya mampu melakukannya dalam satu atau dua episode saja daripada mesti sampai menggunakan enam episode. Singkatnya, bab pengantar itu seolah terlalu dipanjang-panjangkan, sehingga meski kemudian mengakhiri ceritanya dengan sangat baik, setengah dari anime ini tetap terasa hampa dan tidak maksimal.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Mulai dari gerakan yang tampak kaku hingga perubahan Nina Viento yang bagaikan sulap, anime ini jelas tidak memberi cukup perhatian pada animasi para tokohnya. Namun, berasumsi bahwa dia memiliki sumber daya yang terbatas, sebagian orang akan berargumen bahwa anime ini telah mengambil pilihan yang tepat, sebab ternyata perhatian tersebut hampir sepenuhnya ditumpahkan pada animasi pesawat-pesawatnya. Begitu tokoh-tokohnya terbang di angkasa, anime ini tiba-tiba saja terlihat luar biasa indah. Dengan pergerakan yang halus dan sinematografi yang mampu menunjukkan momen-momen paling mendebarkan, mereka yang menggemari dogfight ala Perang Dunia Kedua pasti juga akan menyukai anime ini.

- Karakter:
Karena masa lalu yang agak dipaksakan, tokoh Ignacio mungkin akan terasa terlalu dramatis, namun selain dari yang satu itu, anime ini telah mempersiapkan semua tokohnya dengan baik. Peran Kal-el, Ariel, dan Claire di dalam cerita, serta sejauh apa pengaruh dari rahasia di antara mereka, tampaknya telah direncanakan dengan cukup cermat, sehingga situasi demi situasi seolah berkembang secara alami. Dan meski tidak sedalam mereka bertiga, tokoh-tokoh yang lain juga diberikan cukup sejarah untuk setidaknya menjadikan sikap dan pilihan tindakan mereka di sepanjang cerita selalu masuk akal, seperti misalnya keberanian Juan untuk melawan atasannya hingga kemudian menentang perintah yang hendak mengirim para muridnya ke medan tempur, atau kebanggaan Fausto atas nama keluarganya yang kemudian mendorongnya untuk memimpin murid-murid yang lain dan mengambil tanggung jawab melindungi Isla. Hal ini menyebabkan semua orang berhasil tampil sebagai individu yang memiliki karater jelas, dan kumpulan mereka benar-benar terasa sebagai sebuah komunitas yang berjuang menghadapi bahaya bersama-sama.

- Overall Score:
Barangkali anime ini seharusnya disajikan sekaligus, misalnya sebagai sebuah film daripada berupa serial, sebab dia seolah kemudian terpaksa memanjangkan satu bagian dari ceritanya hingga menjadi begitu tipis hanya agar dapat menampilkannya dalam bentuk episode-episode. Namun syukurlah, storytelling dan penyusunan karakter yang terencana dengan baik menjamin bahwa anime ini tetap mampu memberi anda sebuah cerita penuh emosi yang berjalan lancar dan alami. Maka jika anda juga bisa memaafkan audio visualnya yang terkadang masih di bawah standar, anime ini termasuk cukup memuaskan. Nilai 8 dari 10 (Poor presentation of a great story)


DVD/Blu-ray:
DVD BOX
Blu-ray BOX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar