Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 07 Februari 2014

GINGA KIKOUTAI MAJESTIC PRINCE

- Judul: 銀河機攻隊 マジェスティックプリンス (Ginga Kikoutai Majestic Prince)
- Judul Alternatif: Majestic Prince;
- Tipe: TV (April 2013)
- Genre: Action; SciFi; Comedy; Romance;
- Episode: 24
- Rating: Mild Violence (Animated Blood)
- Sinopsis:
Ketika masih belajar di Military Junior Pre-school (MJP), Team Rabbits yang beranggotakan Hitachi Izuru, Asagi Toshikazu, Kugimiya Kei, Suruga Ataru, dan Irie Tamaki dijuluki Zannen Five (Pitiful Five) karena selalu kalah dalam latihan. Namun, begitu MJP mengembangkan mecha jenis baru, mereka terpilih sebagai yang paling sesuai untuk menggunakannya. Dan setelah langsung berhasil memukul mundur makhluk asing yang mendadak menyerang pangkalan bumi di luar angkasa pada misi pertama mereka, orang-orang pun justru berbalik mengandalkan kelima murid dari MJP, yang oleh media salah diartikan sebagai Majestic Prince.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski plotnya yang tentang perlindungan bumi dari invasi makhluk asing adalah sesuatu yang sudah sangat sering didapatkan, tidak secara otomatis berarti bahwa anime ini kemudian tidak punya hal baru untuk ditawarkan. Kemiripannya dengan serial action Super Sentai (Kelompok Rangers) terbilang cukup unik, dan di masa ketika kebanyakan anime science fiction hanya menonjolkan satu mecha tertentu, lima mecha di anime ini yang fungsi dan tugasnya dimaksudkan untuk saling melengkapi sebagai satu tim berhasil memberikan dimensi yang berbeda dari biasanya. Sayang, yang justru menjadi kekurangan anime ini adalah pada caranya bercerita, atau secara khusus, manajemen episode-episodenya. Terdapat beberapa episode yang terasa begitu hampa, tidak membantu ceritanya berjalan kecuali sedikit dan tidak pula memperkenalkan informasi baru seputar para tokohnya selain yang sudah diketahui sejak awal. Apakah karena ceritanya dipaksakan lebih panjang dari yang seharusnya ataukah karena dia berusaha terlalu dramatis pada event tertentu, ada saat-saat ketika anime ini seolah hanya membuang-buang waktu.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Seperti yang sudah disebutkan, sebagian episode di anime ini terasa hampa, tetapi itu cuma dari segi cerita. Sebagai gantinya, meski sesekali tidak memiliki tujuan yang jelas, dia mengisi kekosongan tersebut dengan menampilkan animasi pertempuran antar mecha. Dan tidak diragukan lagi, visual anime ini termasuk salah satu yang terbaik. Sekitar 50 hingga 60 persen dari keseluruan anime ini adalah adegan pertempuran, baik itu berupa dogfight di luar angkasa ataupun pertarungan jarak dekat antara Izuru dan Jiart, dan dia tidak pernah satu kali pun terasa mengecewakan. Dari special effect yang indah hingga gerakan yang mendetil, it's breathtaking!

- Karakter:
Anime ini berhasil memperlihatkan kekhasan karakter kelima tokoh utamanya sebagai sekelompok remaja yang dilahirkan hanya untuk bertempur. Mereka naif dan polos, tetapi pada saat yang sama, mereka selalu siap mempertaruhkan nyawa. Namun, terkadang anime ini juga justru terasa terlalu memaksakan kepolosan tersebut. Pada insiden-insiden yang normalnya paling kurang akan mendorong seseorang untuk berpikir matang tentang berbagai hal, para remaja ini tampak terlalu cepat pulih ke keadaan semula. Di satu sisi, menyenangkan mengetahui bahwa anime ini telah menyiapkan karakter para tokohnya dengan baik, tetapi di sisi lain, rasanya sayang bahwa pengembangan mereka kemudian terlalu tidak alami untuk bisa menjadi kisah perjalanan hidup yang menarik.

- Overall Score:
Tidak banyak anime lain yang mampu menyaingi apa yang berhasil dicapai oleh visual anime ini. Animasinya sendiri bukan sesuatu yang revolusioner atau groundbreaking, tetapi jumlah adegan aksi pertempuran yang melebihi separuh dari keseluruhan 24 episodenya dengan kualitas yang tidak pernah menurun adalah prestasi yang akan membuat anda bertanya-tanya bagaimana anime ini bisa melakukannya. That's more than 6 hours of nonstop actions in highest quality! Manajemen ceritanya dan pengembangan karakternya mungkin tidak terlalu bagus, namun visual anime ini begitu istimewa hingga anda tidak akan rela melewatkan meski hanya satu episode. Nilai 8,5 dari 10 (Astonishing spectacle)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7
Volume 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar