Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 13 Desember 2013

GEN-EI O KAKERU TAIYOU

- Judul: 幻影ヲ駆ケル太陽 (Gen-ei o Kakeru Taiyou)
- Judul Alternatif: Il Sole Penetra le Illusioni; The Sun Penetrates the Illusions;
- Tipe: TV (Juli 2013)
- Genre: Action; Supernatural;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Animated Blood) and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Taiyou Akari selalu senang dengan kartu Tarot karena mengagumi mendiang ibunya yang seorang peramal, namun dia tidak pernah menyadari bahwa sebenarnya kartu-kartu tersebut menyimpan kekuatan magis. Pada suatu malam, setelah dia diserang oleh makhluk yang disebut Daemonia, kekuatan kartu Matahari yang ternyata bersemayam di dalam diri Akari akhirnya bangkit. Dia kemudian diundang masuk ke Sephiro Fiore, sebuah sekolah peramal yang sesungguhnya merupakan organisasi rahasia tempat berkumpulnya para pengguna kartu Tarot seperti Akari untuk membasmi Daemonia yang menyerang hati manusia.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Dengan konsekuensi fatal dalam setiap kemenangan yang diraih oleh para tokoh utamanya, dan juga sisi gelap dari kekuatan mereka sendiri, anime ini jauh lebih kompleks dari sekadar tentang sekelompok gadis yang berjuang membasmi kejahatan. Sejak awal dia menyajikan dilema-dilema yang mengajak penonton merenung, memberi kejutan dengan hal-hal tak terduga, dan menyebabkan perkembangan jalan ceritanya sangat sulit ditebak. .... Sayangnya, keadaan ini tidak bertahan seterusnya. Pada suatu titik di dalam ceritanya, dua topik yang tadi disebutkan menjadikan anime ini kompleks tiba-tiba saja tidak berarti sama sekali. Konsekuensi fatal itu nyaris sepenuhnya terabaikan, menjadi hanya seperti gangguan kecil yang seseorang bisa segera terbiasa dengannya. Dan sisi gelap itu ternyata tidak segelap yang disangka, cuma tipuan murahan untuk membuat penonton tegang sesaat. Bukan maksudnya bahwa kisah bahagia adalah sesuatu yang tidak diinginkan, tetapi transisi dari bagian yang suram terlalu mendadak. Satu detik mereka semua bersedih, lalu detik berikutnya mereka sudah tertawa gembira bersama. It's just all too sudden!

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Apakah itu animasi indah kekuatan para tokohnya saat mereka sedang bertarung, ataukah special effects semacam warp ketika mereka terisap ke alam yang lain, visual anime ini terlihat sangat bagus. Lalu, juga dengan musik latar yang selalu terasa begitu sesuai untuk masing-masing situasi, anime ini tahu bagaimana membawa penonton larut di dalam ceritanya.

- Karakter:
Meski bukan yang paling menarik ataupun mendetil, karakter keempat gadis tokoh utamanya digambarkan dengan cukup jelas. Dari dendam Seira terhadap Daemonia hingga kerinduan Luna atas seseorang yang aktif seperti Akari, penonton bisa segera memahami alasan mereka dalam menyikapi suatu masalah. Namun, pada saat yang sama, karakter mereka juga masih memiliki beberapa hal yang terasa tidak realistis atau membingungkan. Hal-hal seperti latar belakang Akari yang berhubungan dengan Daemonia yang ... well ... keliru secara kronologis, atau seperti cara mereka yang terlalu enteng menerima kenyataan bahwa mereka menyebabkan kematian orang-orang padahal usia mereka seharusnya masih 13 tahun. Secara garis besar, karakter gadis-gadis tersebut tetap sudah ditulis dengan baik, tetapi kesalahan-kesalahan kecil ini mencegah mereka dari kesempurnaan.

- Overall Score:
Anime ini akan mampu mengejutkan siapapun dengan jalan ceritanya yang tidak terduga. Namun, barangkali karena terlalu bersemangat ingin membuat kejutan, caranya mengakhiri cerita pun kemudian terasa begitu tiba-tiba. Tanpa melalui proses yang jelas, semua permasalahan yang terdapat di dalam cerita seolah langsung terselesaikan begitu saja. Berkat audio visual yang bagus dan karakterisasi tokoh yang ditulis dengan baik, kemungkinan besar anda masih bisa menikmati banyak bagian dari anime ini, tetapi pada akhirnya, bersiap-siaplah untuk merasa dikecewakan. Nilai 8 dari 10 (One suddenness too many)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar