Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 05 April 2013

ROBOTICS;NOTES

- Judul: Robotics;Notes
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2012)
- Genre: SciFi; Mystery;
- Episode: 22
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Yashio Kaito dan Senomiya Akiho adalah dua anggota terakhir Klub Robot di SMU Tanegashima. Namun jika Akiho sangat bersemangat untuk menyelesaikan proyek besar mereka menciptakan robot raksasa Gunvarrel, Kaito lebih suka bermalas-malasan dan menghabiskan waktu bermain game, sampai akhirnya dia bertemu dengan AI bernama Airi. Airi bercerita tentang pembuatnya, Kimijima Kou yang terbunuh, dan dengan bimbingannya, Kaito kemudian menemukan Kimijima Report, serangkaian tulisan peninggalan Kimijima Kou yang memperingatkan tentang suatu konspirasi yang akan menghancurkan bumi dan memusnahkan lima milyar manusia sekaligus.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Sebuah kisah rumit yang memiliki banyak sisi dan disampaikan dari berbagai sudut pandang. Ini adalah cerita tentang sebuah klub kecil di sekolah yang bermimpi menciptakan robot raksasa dan sekaligus tentang suatu konspirasi rahasia untuk menghancurkan dunia. Hebatnya, storytelling yang brillian senantiasa mampu menjaga sisi-sisinya tetap terhubung meski sebenarnya berada dalam atmosfir yang berbeda. Pengungkapan misteri Kimijima Report yang bertahap satu demi satu berjalan seiring dengan penyelesaian proyek Gun-Tsuku 1 yang sedikit demi sedikit sehingga selalu terlihat saling mempengaruhi, laksana menyaksikan pembangunan sisi-sisi sebuah arch yang diketahui akhirnya akan tersambung dengan keystone pada ujungnya, walaupun sebenarnya kedua sisi tersebut terpisah.
Namun di balik storytelling yang brillian tersebut, masih ada kekurangan-kekurangan pada anime ini. Terdapat adegan-adegan yang mana dia berusaha terlalu emosional. Seperti ketika Airi akhirnya bertemu dengan Geji-nee, anime ini tampaknya ingin memaksakan agar penonton merasa terharu, padahal adegan serupa baru saja ditampilkan beberapa episode sebelumnya. Lalu ada detil-detil yang tidak jelas, seperti hujan monopole yang tiba-tiba datang dari langit tanpa alasan. Mungkin hal tersebut dimaksudkan sebagai hubungan dengan suatu cerita yang lain, tetapi khusus untuk serial ini, dia hanya terasa bagaikan sebuah solusi dadakan dari suatu karya amatiran.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Teknologi adalah tema utama dari anime ini, tetapi tidak seperti anime-anime futuristik lainnya, anime ini mampu membuat dirinya terasa sangat ... dekat. Teknologi itu disebut Augmented Reality. Tidak, anime ini tidak benar-benar menampilkan Augmented Reality. Namun yang justru dilakukannya adalah memperlihatkan berbagai macam penggunaannya, memperlihatkan kemungkinan sampai sejauh mana teknologi yang sudah ada sekarang ini akan menjangkau di masa depan, dan hal itu menjadikan anime ini terasa sangat masuk akal. Istilah 'dunia maya' mungkin sudah terlalu sering didengar, tetapi mungkin baru anime ini yang benar-benar menyajikannya sebagai sebuah 'dunia', sebuah tempat yang sama dengan dunia nyata namun berbeda sekaligus.

- Karakter:
Jika sejak awal tokoh utama sudah mengatakan bahwa dia malas melakukan apapun, bagaimana penonton tidak akan ikut merasa malas untuk terus menontonnya? Sebenarnya karakterisasi seperti ini tidak mesti buruk, sebab formula yang serupa sudah pernah dicoba dan berhasil, namun berbeda dengan Houtarou di Kotenbu atau Kyon di SOS Dan, Kaito tidak punya daya tarik lain seperti kemampuan deduksi yang menakjubkan atau sarkasme yang menggelikan, maka Kaito harus dikategorikan sebagai tokoh utama yang gagal. Bahkan, seolah mengakui sendiri kegagalan tersebut, anime ini sesekali terpaksa mengubah secara tiba-tiba karakter laid-back Kaito menjadi sangat penasaran atau sangat bersemangat hanya agar bisa sesuai dengan misterinya.
Namun syukurlah, Kaito hanyalah satu kegagalan di antara banyak hal lain yang berhasil. Mulai dari Akiho yang mengusahakan berbagai macam cara untuk memenuhi kebutuhan dana klubnya hingga Kona yang memberi dimensi baru pada istilah hikikomori, tokoh-tokoh yang lain menarik hanya dengan menyaksikan mereka. Dan apakah itu dari sisi skill mereka ataukah kisah latar mereka, para tokoh ini ditulis dengan baik untuk menjadi kombinasi sempurna yang saling mengisi.

- Overall Score:
Meski anda merasa sudah kenyang melihat robot di dalam anime, kemungkinan anda belum pernah menemukan yang kisahnya se-emosional di anime ini. Setelah menyaksikan awal kelahirannya dari rongsokan, tumbuh di antara misteri seputar konspirasi yang rumit, dan dikembangkan sepotong demi sepotong oleh karakter-karakter yang menarik, anda pasti akan ikut merasakan haru dan ketegangan saat dia akhirnya bertarung demi menyelamatkan umat manusia. Ada sedikit masalah pada beberapa detil cerita yang tidak jelas dan seorang tokoh utama yang gagal, namun karena segera ditutupi oleh begitu banyak hal lain yang berkualitas baik, anime ini tetap merupakan sebuah karya yang sangat bagus. Nilai 9 dari 10 (Recommended!)


DVD@Amazon:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar