Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Rabu, 26 Desember 2012

KUROKO NO BASUKE

- Judul: 黒子のバスケ (Kuroko no Basuke)
- Judul Alternatif: Kuroko's Basketball; The Basketball which Kuroko Plays;
- Tipe: TV (April 2012)
- Genre: Sport;
- Episode: 25
- Rating: Mild Violence (Physical Harm)
- Sinopsis:
Selama tiga tahun, tim basket SMP Teikou tidak terkalahkan, sehingga lima orang pemain utamanya lalu disebut sebagai Generasi Ajaib. Namun sebenarnya masih ada anggota keenam, yaitu seorang pemuda bernama Kuroko Tetsuya, hanya saja karena perbedaan pandangan tentang cara bermain basket, dia akhirnya menjauh dari yang lain. Kini setelah lulus, dia memilih bergabung dengan tim basket SMU Seirin, sebuah sekolah yang masih baru dan tanpa reputasi apapun, demi mengalahkan mantan rekan-rekannya dan menunjukkan kepada mereka caranya bermain basket.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Plotnya masih sama atau bahkan lebih sederhana daripada anime-anime tentang basket lainnya. Tidak ada romance atau sub-plot seperti apapun, hanya tentang sebuah tim yang berusaha memenangkan turnamen dan menjadi nomor satu di Jepang. Memang anime ini masih memiliki warnanya tersendiri, yaitu dalam wujud para anggota Generasi Ajaib, tetapi bagaimana hal ini berbeda dengan tantangan-tantangan di anime lain? Secara garis besar, penggambaran mereka sama saja dengan para ace berkemampuan luar biasa di dalam suatu tim yang tangguh, dan dengan tujuan utama sang tokoh utama adalah mengalahkan satu-persatu para ace tersebut, hampir tidak ada variasi pada anime ini. Dalam segi keseluruhan cerita, tidak ada yang terlalu menarik.
Namun meski demikian, dalam storytelling, anime ini tetap berhasil menyajikan hal paling penting dalam cerita bertema olahraga, yaitu drama untuk membuat setiap pertandingan terasa benar-benar seru. Poin kemenangan di menit-menit terakhir, membalikkan keadaan setelah tertinggal jauh, atau saling menyerang tanpa ada satu pihak yang jelas unggul--anime ini tahu bagaimana cara memuaskan para penggemar olahraga.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Anime ini sebenarnya memiliki visual yang sangat bagus. Animasinya yang lancar dan mendetil dari frame ke frame terlihat menakjubkan. Bahkan gerakan paling sederhana seperti dribbling sekalipun ditampilkan dengan teliti, sehingga setiap pertandingan di anime ini benar-benar menjadi momen yang pantas ditunggu-tunggu. Namun, pada saat yang sama anime ini juga punya masalah. Mungkin karena level yang terlalu tinggi pada sebagian besar animasinya, anime ini lalu mengabaikan beberapa bagian yang lain. Bukan sekadar menurunkan levelnya, melainkan meniadakan animasi sama sekali dengan hanya mengulang adegan-adegan sebelumya. Dibandingkan dengan keseluruhan anime, pengulangan ini memang sedikit, dan sebenarnya, kebanyakan penonton mungkin tidak akan menganggapnya sebagai masalah, tapi bagaimanapun juga, kesan repetitif itu pasti akan muncul, dan untuk anime yang tampaknya sangat berhati-hati agar tidak pernah ada adegan yang sama, bahkan kesalahan kecil seperti ini pun tetap terasa mengecewakan.

- Karakter:
Dengan memberikan spesifikasi keahlian yang jelas kepada mereka, seperti ahli passing atau ahli 3-pointer, para tokoh di anime ini selalu punya kesempatan untuk menonjol, terutama di antara anime tentang basket lain yang hanya menggambarkan para tokohnya sebagai 'pemain berbakat' atau semacamnya. Hal ini menunjukkan perhatian yang lebih dalam dan persiapan yang lebih matang kepada karakter-karakter mereka, memungkinkan interaksi yang lebih dinamis dan terarah. Evolusi hubungan antara Kuroko dengan Kagami, dan juga persaingan antara mereka berdua dengan para anggota Generasi Ajaib mungkin bukan yang paling menyentuh ataupun inspiratif, tetapi tetap merupakan sesuatu yang menarik untuk diikuti.

- Overall Score:
Bayangkan jika Magic Johnson dan Michael Jordan di masa jaya mereka saling berhadapan dalam suatu pertandingan. Para penggemar basket tentu tidak akan melewatkannya, tetapi bagi anda yang lebih awam, hal ini mungkin tidak berarti apa-apa. Masalah yang sama ada pada anime ini. Kecuali anda memahami drama dari suatu persaingan, anime ini akan terasa sangat kekurangan sebuah cerita yang bermakna. Beruntung, di sisi lain anime ini kemudian memiliki animasi yang istimewa, dan karakter-karakter yang cukup menarik. Nilai 8 dari 10 (Just missed the target)


DVD@Amazon:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar