Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 29 Oktober 2011

NO.6

- Judul: NO. 6
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV
- Genre: Action; SciFi; Mystery; Romance
- Episode: 11
- Rating: Mild Violence (Rare Blood)
- Sinopsis:
Akibat perang, di seluruh dunia kini hanya tersisa enam kota yang masih berdiri, dan NO.6 adalah kota baru yang dibentuk untuk mempertahankan salah satunya. Di dalam NO.6, Shion menjalani kehidupan yang damai dan memiliki masa depan yang cerah, sampai pada suatu malam, seorang pemuda yang menyebut dirinya Nezumi (Tikus) menyelinap masuk ke kamarnya dalam keadaan terluka. Meski mengetahui status Nezumi sebagai buronan, Shion tetap menolongnya. Tindakan baik hati tersebut memberinya seorang teman baru, tetapi pada saat yang sama menjadikannya sasaran kecurigaan otoritas kota NO.6.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Walaupun cerita utama tentang hubungan antara Shion dan Nezumi, dua pemuda dengan latar belakang yang berbeda, elemen yang menjadi penghubung mereka, yaitu NO.6, terasa kurang dipersiapkan dengan matang, terlebih setelah keterlibatannya di dalam cerita semakin besar pada bagian akhir cerita. Kemunafikan yang ingin diperlihatkan tidak mampu disajikan dengan jelas dan hubungan emosianalnya dengan dua karakter di atas terasa hilang, sehingga pada akhirnya NO.6 tidak lebih seperti sebuah kota yang hanya kebetulan menjadi setting cerita.
Ending anime ini, atau lebih tepatnya bagian anti-klimaks menjelang ending, terasa sangat tidak memuaskan. Meski secara keseluruhan menjadi penutup yang bagus, kehadiran suatu elemen baru yang tiba-tiba dimunculkan tanpa perkenalan yang cukup namun dengan peran yang sangat signifikan mengindikasikan planning cerita yang setengah jadi.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Ada beberapa scene yang tampaknya sengaja dipanjangkan untuk mendramatisir suasana, tetapi tidak pernah berhasil mencapai tujuannya. Meski secara garis besar hal ini bisa diabaikan, selalu ada rasa jengkal apabila sebuah anime berusaha terlalu keras untuk membawa penonton ke emosi tertentu.
Namun di sisi lain, terdapat lagu-lagu balada di tengah episode yang mampu menggambarkan dengan tepat harapan rapuh dari orang-orang yang tinggal di luar NO.6. Ironisnya, namun mungkin sesuai seperti yang diharapkan, hal ini justru semakin memperdalam kesulitan yang mereka hadapi.

- Karakter:
Dua karakter utamanya, Shion dan Nezumi dipersiapkan dengan baik, mulai dari sikap mereka masing-masing yang berdasar pada keberadaan kota NO.6 hingga bagaimana mereka kemudian akan saling mempengaruhi. Hal ini mengizinikan pesan anime ini tentang penyatuan dua dunia dapat tersampaikan dengan jelas.
Hanya saja, ada perubahan karakter pada Shion di bagian akhir cerita yang tampaknya terlalu dipaksakan. Walaupun kejadian yang menjadi latar belakangnya bisa dipahami, tanpa build-up yang memperlihatkan bagaimana kejadian itu mempengaruhi Shion, perubahan tersebut terasa terlalu cepat dan mendadak.

- Overall Score:
Saat anime ini terfokus untuk menyajikan sebuah cerita tentang hubungan antar manusia dengan perhatian pada karakterisasi pada yang cukup dalam, entah mengapa dia seolah lupa untuk memberi tingkat perhatian yang sama pada elemen-elemen lain yang mendukungnya. Secara garis besar, anime ini cukup bagus, bahkan bisa dikatakan menarik, tetapi jika anda termasuk yang memperhatikan detil cerita, bersiap-siaplah untuk merasa kecewa. Nilai 8 dari 10 (It's good enough)


DVD@Amazon:
- Volume 1
- Volume 2
- Volume 3
- Volume 4
- Volume 5
- Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar