Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Senin, 05 September 2011

GOSICK

- Judul: ゴシック (Gosick)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV
- Genre: Mystery; Romance
- Episode: 24
- Rating: Mild Violence (Physical Harm and Rare Blood)
- Sinopsis:
Ketika Kujou Kazuya masuk ke perpustakaan di Akademi St. Marguerite, Kerajaan Saubure, dia bertemu dengan seorang gadis berambut emas bernama Victorique, yang memiliki sikap yang buruk tetapi dengan otak yang luar biasa cerdas. Setelah memecahkan misteri demi misteri bersama-sama, hubungan Kazuya dan Victorique semakin dekat, dan akhirnya dia bisa melihat rahasia besar di balik keberadaan Victorique yang sampai melibatkan seluruh Kerajaan Saubure.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Misteri-misteri dengan latar belakang cerita-cerita rakyat bergaya Eropa di dalam anime berhasil disajikan dengan baik dan mampu dijaga tetap sederhana, sehingga pengungkapannya kemudian dengan metode deduksi ala Sherlock Holmes menjadi semakin membuat kagum.
Meski setiap kasusnya dapat berdiri sendiri, semuanya dengan pandai disusun untuk menjadi bagian penting dan mengantarkan penonton menuju sebuah cerita yang lebih luas dan dalam. Dengan demikian, tidak ada satu pun kasus acak yang sia-sia.
Selain sebuah kerajaan, anime ini juga menggunakan suatu insiden fiksi berskala besar sebagai settingnya. Meskipun hal ini bukan tidak lazim di anime, mencampurkannya dalam cerita yang memang telah menggunakan sebagian sejarah asli menjadikan anime ini terasa sedikit menyesatkan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Kurangnya scene aksi menyebabkan animasi di anime ini tidak sempat menjadi bagian utama. Namun, dalam hal mendukung cerita misterinya, semua aspek audio dan visual di anime berhasil memberikan atmosfer yang dibutuhkan.

- Karakter:
Karakterisasi Kazuya yang naif disiapkan sebagai penyeimbang bagi Victorique yang luar biasa cerdas, namun kenaifan tersebut terasa terlalu dilebih-lebihkan. Bahkan pada scene ketika Kazuya akhirnya harus menunjukkan kecerdasan, dia 'dipaksa' mengganti kualitas itu dengan insting semata.
Karakter pendukung Cecilia yang ceria mungkin disiapkan sebagai 'penghibur' dalam jalan cerita anime ini yang cukup gloomy. Pada awalnya tidak ada masalah, tetapi menjelang akhir cerita ketika bahaya besar dikisahkan melanda seluruh kerajaan, seolah ada kebingungan dengan peran karakter tersebut, sehingga dia juga, sekali lagi, 'dipaksakan' untuk secara tidak realistis tetap ceria.

- Overall Score:
Meski ada sedikit kelemahan pada karakter-karakternya, jalan cerita yang disusun dengan pandai dan kasus-kasus misteri yang disajikan denga baik adalah dua hal yang sangat sayang jika dilewatkan. Nilai 8 dari 10 (It's very good!)


2 komentar:

  1. sering baca baca sinopsis dan review disini.... makasih banyak admin xD

    BalasHapus