Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 22 Desember 2018

HATARAKU SAIBOU

- Judul: はたらく細胞 (Hataraku Saibou)
- Judul Alternatif: Cells at Work!;
- Tipe: TV (Juli 2018)
- Genre: Comedy;
- Episode: 13
- Rating: Strong Violence
- Sinopsis:
Di dalam tubuh setiap manusia, para sel darah selalu bekerja dengan giat. Mulai dari sel darah merah yang mesti membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh, hingga sel darah putih yang harus membasmi semua kuman dan bakteri yang menyusup masuk, kapanpun dan pada kondisi seperti apapun, selama situasi yang tenang atau pun ketika mendadak terjadi suatu masalah, mereka akan tetap melaksanakan tugas tanpa mengenal lelah agar tubuh manusia dapat terus berfungsi dengan baik.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini memang informatif, tetapi tujuan untuk memberi informasi tersebut sangat kentara dan jelas lebih diutamakan. Alhasil, dia pun menjadi lebih sebagai kumpulan pelajaran seputar sel-sel darah yang dibungkus dalam bentuk cerita daripada sebagai sebuah cerita utuh berdasarkan aktivitas sel-sel darah yang dibangun dan ditulis dengan cermat. Penonton yang memang tertarik untuk belajar tentu akan mendapatinya sangat bermanfaat, tetapi mereka yang berharap bisa hanyut mengalir di dalam suatu jalan cerita mungkin akan menemukan anime ini belum cukup memuaskan. .... That being said, karena dia menggunakan perspektif para sel darah dan juga metafora yang menggambarkan mereka sebagai komunitas masyarakat tertentu, setting anime ini (yaitu bagian dalam tubuh manusia) tetap mampu tampak layaknya suatu dunia asing yang penuh misteri, dan aktivitas para sel darah pun terasa seperti sebuah petualangan di dunia tersebut. Tujuannya masih cuma untuk memberi informasi, tetapi ketika anime ini menampilkan sesuatu yang biasanya dianggap remeh semisal luka lecet sebagai sebuah bencana besar, ada daya tarik alami untuk melihat insiden apa yang akan terjadi selanjutnya dan bagaimana para sel darah akan memersepsikannya.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski terdapat beberapa episode di mana gambar dan animasi para tokohnya terlihat buruk, secara keseluruhan audio dan visual anime ini masih cukup bagus. Sayangnya, terlepas dari kualitas visual itu sendiri, satu hal yang mana anime ini selalu tampak mengalami kesulitan adalah ketika dia berusaha menyajikan komedi yang berasal dari kecerobohan gadis Sel Darah Merah. Apakah karena cara anime ini dalam memperlihatkan tingkah laku ceroboh tersebut yang terasa biasa-biasa saja ataukah karena voice-acting yang gagal menyampaikan tsukkomi di ujungnya dengan baik, entah mengapa komedi jenis ini tidak pernah mampu terasa jenaka seperti yang semestinya.

- Tokoh/Karakter:
Ketika anime ini bermaksud memberi pelajaran tentang sel-sel darah, dia menggunakan para tokohnya dengan efektif sebagai alat untuk mempermudah penonton menerima pelajaran tersebut. Melalui penampilan dan perilaku mereka, siapapun akan mampu dengan cepat membedakan dan sekaligus mengingat berbagai macam sel darah dan bahkan tugas mereka masing-masing. Namun, yang lebih hebat lagi, anime ini ternyata juga kemudian berhasil mengubah aneka ragam sel darah tadi menjadi situasi dasar yang baik untuk sebuah komedi. Tidak sekadar membuat mereka berbaris rapi nan kaku laksana robot-robot yang selalu sibuk cuma melakukan pekerjaan mereka sendiri, dia memetakan hubungan di antara para tokohnya dengan terampil hingga menjadi kombinasi karakter yang saling memengaruhi, dan dengan demikian menciptakan, mungkin secara mengejutkan, sebuah sitcom yang meriah dan dinamis.

- Overall Score:
Jika selama ini anda ingin belajar tentang sel-sel darah tetapi ternyata selalu mengalami kesulitan, anime ini adalah solusi yang anda tunggu-tunggu. Para tokohnya yang dipersiapkan dengan baik akan membantu anda untuk sekurang-kurangnya dapat segera mengetahui berbagai macam sel darah dan fungsi mereka masing-masing. Apa? Pelajaran membuat anda merasa bosan? Tidak perlu khawatir. Tokoh-tokoh yang sama juga akan menyajikan komedi yang menghibur sehingga anda bisa senantiasa menikmati waktu yang anda manfaatkan untuk menonton anime ini. Skor 8 dari 10 (Helpful and adequately comical)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7

Goods:
- Nendoroid: Platelet / White Blood / White Blood (Ltd)
- Wall Scroll: Red Blood / White Blood
- Piyokuru Set
- T-Shirt: Saibou White (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Kill Germ White (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Hard Work White (S/M/L/XL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar