Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 17 November 2017

NANAMARU SANBATSU

- Judul: ナナマル サンバツ (Nanamaru Sanbatsu)
- Judul Alternatif: Nana Maru San Batsu; Fastest Finger First;
- Tipe: TV (Juli 2017)
- Genre: Action; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Meski awalnya Koshiyama Shiki tidak pernah berminat mengikuti kegiatan apapun dan lebih senang menghabiskan waktu hanya dengan membaca buku,  dia perlahan mulai tertarik pada permainan Cepat Tepat ketika dia menjadi peserta di sebuah demonstrasi dan berhasil menjawab pertanyaan yang sulit. Dan setelah bergabung ke Kelompok Penelitian Cepat Tepat di sekolahnya, dia kemudian juga merasakan persaingan sengit dengan sekolah-sekolah lain, dan Shiki pun akhirnya menemukan sebuah aktivitas menyenangkan yang sekaligus akan menguji semua pengetahuan yang selama ini dia kumpulkan dari buku.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Karena mampu menghadirkan nuansa persaingan dalam hal menekan tombol paling awal, anime ini masih bisa dikatakan berhasil menjadikan permainan Cepat Tepat terasa menegangkan. Namun sayangnya, hal ini tidak secara otomatis berarti bahwa anime ini juga menarik untuk disaksikan. Pertama, kisah pribadi para tokoh di balik persaingan tersebut terlalu lemah. Tanpa ada alasan khusus kecuali bahwa mereka sangat menyukai bermain Cepat Tepat, penonton pun kemudian tidak akan terdorong untuk mendukung siapapun, sebab setiap kemenangan atau kekalahan mereka pun menjadi seolah sama sekali tidak penting. Kedua, anime ini gagal menampilkan permainan Cepat Tepat itu sendiri tampak sebagai sesuatu yang menyenangkan. Ya, rasa tegang tadi memang selalu ada, tetapi pada akhirnya permainan tersebut bukan tentang suatu teknik yang pandai atau strategi yang cerdik, melainkan hanya tentang seberapa luas pengetahuan seseorang. Dengan kata lain, kecuali bagi sebagian orang yang merasa bangga dan ingin menguji pengetahuan mereka, kebanyakan penonton tidak akan bisa segera melihat apa yang begitu hebat dari seorang pemuda yang mengetahui judul novel Dazai Osamu. Permainan ini butuh bumbu dramatisasi yang kental untuk dapat membawa penonton larut di dalamnya, terutama jika dia juga tidak disertai suatu cerita yang memesona, maka ketika anime ini kemudian justru menyajikannya dalam wujud yang polos dan sederhana, dia pun tampak cuma laksana sebuah galeri pertanyaan dan jawaban yang berisi sejumlah informasi tidak berguna.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Satu masalah paling jelas di anime ini adalah pada voice-acting tokoh Fukami Mari. Seolah hanya sedang membaca naskah dan bukan berusaha untuk berakting, suaranya terdengar begitu datar dan tanpa emosi, bahkan ketika dia seharusnya tengah menjalani permainan yang menegangkan. .... Namun, in fairness, dia juga tidak teramat buruk hingga mencapai level yang mengganggu. Meski butuh waktu yang agak lama, bukan mustahil bahwa penonton akan terbiasa dan akhirnya menerima suaranya yang 'keliru' tersebut.

- Tokoh/Karakter:
Selain latar belakang yang terlalu lemah, para tokohnya juga tidak punya karakter yang jelas, sehingga mereka semua hanya dapat digambarkan sama sebagai sekelompok penggemar permainan Cepat Tepat. Meski sebenarnya beberapa tokoh masih memiliki bidang keahlian tertentu, seperti literatur pada Shiki atau bahasa pada Mari, karena pertanyaan-pertanyaan yang muncul di dalam permainan sangat acak dan tidak terbatas, hal itu tetap belum cukup untuk menjadi pembeda. Begitu pertanyaan diajukan, sekali lagi, mereka semua hanyalah orang-orang yang sedang memainkan permainan favorit mereka. Tampaknya, tujuan anime ini benar-benar cuma sebatas mengajarkan kepada penonton berbagai hal seputar Cepat Tepat -- aturan-aturan, jenis-jenis pertanyaan, dan seterusnya -- maka para tokohnya pun bukan dimaksudkan untuk memberi elemen manusia ke dalam permainan tersebut. Persis layaknya nama-nama hampa yang hadir di dalam buku pelajaran sekolah, mereka tidak pernah berarti lebih daripada semacam dalih agar anime ini bisa menyampaikan apa yang ingin dia sampaikan.

- Overall Score:
Meski anime ini terus berusaha menunjukkan bahwa Cepat Tepat merupakan permainan yang menyenangkan, dia tidak pernah memberi bukti yang mendukung hal tersebut. Bukan berarti Cepat Tepat mustahil bisa terasa menyenangkan, tetapi sebagai cerita tentang orang-orang yang begitu menikmatinya, dia tidak mampu mengantarkan siapapun untuk ikut merasakan kenikmatan serupa. Namun, barangkali nilai akhir anime ini bergantung kepada pendapat anda sendiri terhadap permainan Cepat Tepat. Secara objektif, dia hanya memperoleh skor 6,5 dari 10, tetapi jika sejak awal anda memang sudah lebih dahulu menyukai permainan tersebut, bukan sekadar menyenangkan, anime ini bahkan bisa jadi akan terasa sangat bermanfaat. (Unexciting story, insubstantial characters)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar