Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 02 Desember 2016

MOB PSYCHO 100

- Judul: モブサイコ100 (Mob Psycho 100)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2016)
- Genre: Action; Comedy; Supernatural;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence
- Sinopsis:
Sejak lahir, Kageyama Shigeo, atau yang biasa dipanggil Mob, sudah memiliki kekuatan psikis. Namun dia segera menyadari bahwa kekuatan miliknya itu adalah hal yang berbahaya, maka Mob kemudian memutuskan untuk tidak akan pernah menggunakannya lagi, meski itu berarti dia juga harus selalu memendam emosinya. Sayangnya, sebagai manusia biasa, berbagai emosi akan terus muncul dan tumbuh di dalam diri Mob, dan apabila salah satu emosi tersebut mencapai angka 100 persen hingga tidak lagi dapat dibendung, kekuatan Mob akan langsung meledak dan menyebabkan sesuatu yang luar biasa terjadi.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Hanya menampilkan serangkaian pertarungan Mob dengan lawan-lawan yang terus semakin kuat, cerita anime ini cukup sederhana. Tidak ada plot mendalam yang menarik untuk diikuti perkembangannya, maka elemen paling bermakna dari kisah Mob adalah pertarungan-pertarungan itu sendiri. Namun, meski demikian, anime ini masih tetap lebih dari sekadar hiburan visual, sebab ketika para tokohnya tidak sedang beraksi, dia ternyata juga sangat pandai dalam hal menulis lelucon untuk mengisi ruang jeda yang tercipta dengan komedi yang efektif, apakah lelucon itu secara terang-terangan disajikan pada ucapan dan tindakan para tokohnya, ataukah secara tersembunyi, seperti pada kisah latar tentang arwah seseorang yang tewas terbentur langit-langit karena kaget setelah melihat kecoak. Dan yang bahkan lebih hebat lagi, anime ini kemudian mampu menggabungkan bagian komedi tersebut dengan bagian action-nya secara sempurna. Dia tampaknya paham betul kapan serta di mana dia boleh bercanda, dan kapan serta di mana di harus bersikap serius. Alhasil, komedi yang ada tidak pernah sampai menjadikan pertarungannya terasa kurang seru, atau sebaliknya pertarungan yang sedang terjadi tidak pernah menghalangi efektivitas komedinya untuk menjadi terkesan dipaksakan. Penonton akan spontan tertawa tatkala menyaksikan Reigen yang berpura-pura kuat, tetapi saat Mob mulai bertarung, nuansa misterius dan atmosfer menegangkan pun akan seketika terasa tanpa dibatasi suatu transisi yang canggung. Dengan peralihan silih berganti antara komedi dan action yang begitu lancar, mungkin tidak ada sedetik pun yang berlalu pada anime ini kecuali penonton akan menemukan sesuatu untuk dinikmati.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Animasinya sendiri masih terbilang kasar, namun hal ini tidak pernah menjadi masalah, sebab sebagai gantinya, anime ini menunjukkan kemampuan sinematografi yang luar biasa. Pergerakan kamera yang dinamis pada aksi-aksi pertarungan agar serangan para tokohnya terlihat sambung-menyambung, sudut gambar yang tidak lazim ketika mereka sedang menghadapi sesuatu yang misterius, lalu timing yang pas pada bagian komedi untuk meningkatkan efek kejutan dari setiap lelucon -- anime ini menampilkan masing-masing adegan dengan cara yang sesuai, maka meski dia memang bukan yang terindah untuk dilihat, secara keseluruhan anime ini tetap mampu menghasilkan salah satu visual paling memuaskan.

- Tokoh/Karakter:
Jika di atas disebutkan bahwa anime ini mampu memasukkan komedinya dengan pandai, salah satu cara yang dia digunakan adalah dengan mengatur agar potensi komedi selalu hadir pada setiap tokohnya. Tidak peduli betapa pun seriusnya seorang tokoh, pasti selalu ada sesuatu yang aneh pada dirinya yang layak untuk ditertawakan, seperti Hanazawa yang memiliki kekuatan psikis hebat namun memakai wig yang menjulang tinggi bak menara, atau Sakurai yang ahli dalam teknik pedang namun hanya menggunakan pedang plastik. Dengan demikian, anime ini kemudian dapat memunculkan komedinya kapan saja dan di mana saja, dan karena sudah sejak awal merupakan bagian dari karakter dasar mereka, hal ini tidak sampai mengganggu peran dan fungsi para tokoh tersebut di dalam cerita. Dengan kata lain, mereka bukanlah tokoh-tokoh yang sebelumnya digambarkan begitu serius dengan tujuan masing-masing namun tiba-tiba saja berubah konyol, melainkan mereka cuma tokoh-tokoh serius yang secara kebetulan memiliki sisi konyol. Dan bicara tentang fungsi, anime ini tampaknya juga menyiapkan para tokohnya dengan cermat untuk membantu mendefinisikan karakter Mob sebagai seseorang yang mempunyai kekuatan psikis tetapi justru memilih untuk menyembunyikannya. Hitungan menuju angka 100 memang menunjukkan bahwa Mob selalu memendam emosi demi menekan kekuatannya, tetapi ialah tokoh-tokoh lain di sekelilingnya yang menjelaskan bahwa Mob melakukannya atas pilihannya sendiri.

- Overall Score:
Menggabungkan komedi yang efektif dan action yang seru, anime ini adalah hiburan yang tidak pernah berhenti. Terutama, karena penggabungan itu sempurna, sehingga keduanya pun bisa dinikmati sekaligus tanpa harus terbagi dalam segmen-segmen. Animasi yang masih kasar memang merupakan satu kekurangan di anime ini, tetapi setelah melihat bagaimana dia secara terampil dan fleksibel memanfaatkan visual untuk menyajikan setiap adegan yang berbeda, anda akan segera lupa bahwa anda bahkan pernah peduli dengan kualitas animasi dari suatu anime. Skor 9 dari 10 (Recommended!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar