Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 27 Oktober 2017

KEPPEKI DANSHI! AOYAMA-KUN

- Judul: 潔癖男子!青山くん (Keppeki Danshi! Aoyama-kun)
- Judul Alternatif: Cleanliness Boy! Aoyama-kun; Clean Freak! Aoyama-kun;
- Tipe: TV (Juli 2017)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Aoyama merupakan pemuda paling populer di sekolah. Selain karena wajahnya yang tampan dan sikapnya yang selalu cool, Aoyama pandai bermain sepakbola hingga dia bahkan dipanggil bergabung dengan tim nasional Jepang. Namun anehnya, Aoyama juga sangat terobsesi pada kebersihan, maka dia tidak akan bisa menunjukkan kemampuannya yang maksimal jika dia belum selesai membersihkan setiap perlengkapan di ruang ganti klub sepakbola SMU Fujimi dan mencuci kostum semua rekan satu timnya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini memang berisi banyak komedi, namun karena komedi tersebut lebih cenderung berdasar pada keanehan tertentu para tokohnya dan bukan pada suatu kejadian yang berawal dari keanehan itu, mungkin akan lebih tepat jika menilai cerita anime ini melalui wujudnya yang lain, yaitu kumpulan kisah tentang orang-orang di sekeliling Aoyama, daripada sebagai komedi sejati. Dan sayangnya, meski sesekali dia memang masih mampu menyajikan topik yang menarik, seperti ketika anime ini memasukkan nuansa romantis yang lugu ke dalam kehidupan Aoyama yang eksklusif, sebagian besar dari kisah tersebut hanya merupakan kisah drama sederhana yang mungkin sudah terlalu sering digunakan. Hal ini bukan secara otomatis berarti bahwa penonton pasti akan dibuat bosan karenanya, tetapi pada beberapa episode, terutama apabila sang tokoh yang menjadi inti dari kisah saat itu juga bukan sumber komedi yang paling bagus, anime ini bisa terasa begitu gersang.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski sesekali menampilkan aksi-aksi sepakbola yang dramatis, kebanyakan penonton mungkin masih akan menganggap kualitas animasinya berada di bawah rata-rata. Namun, dalam hal penyajian komedi, tidak akan ada yang bisa menyangkal bahwa anime ini telah memanfaatkan audio visualnya dengan baik. Karena berasal dari keanehan karakter para tokohnya, tingkat efektivitas dari komedi itu pada akhirnya harus tetap kembali kepada seberapa aneh masing-masing tokoh tersebut, tetapi sinematografi, penulisan dialog, dan juga voice-acting-nya selalu berhasil menghadirkan tsukkomi yang mengikuti di belakang dengan timing dan intonasi yang tepat agar setidaknya semua keanehan mereka benar-benar terkesan mengejutkan.

- Tokoh/Karakter:
Seperti yang telah beberapa kali sempat disebutkan, komedi anime ini hampir sepenuhnya berdasar pada keanehan para tokohnya. Dia tampak lebih berkonsentrasi untuk memunculkan satu atau dua orang tokoh baru yang memiliki keunikan tersendiri di setiap episode, sebelum kemudian berusaha menghubungkan mereka dengan Aoyama di dalam suatu cerita. Pada satu sisi, anime ini sebenarnya bisa dianggap pandai karena mampu mengatur agar para tokohnya senantiasa berkumpul di sekeliling Aoyama tanpa harus terkesan dipaksakan. Meski punya potensi komedi sendiri, lelucon dari tokoh-tokoh yang lain seolah akan langsung kembali ke Aoyama secara alami, maka bukannya bersaing dan saling tumpang tindih, keanehan para tokoh tersebut justru semakin menguatkan efek dari keanehan Aoyama sendiri. Namun, di sisi lain, anime ini ternyata tidak selalu cermat dalam memilih keanehan yang jenaka. Terkadang dia cukup berhati-hati, tetapi terkadang anime ini seperti hanya asal ingin membuat mereka terlihat aneh, sehingga kualitas komedi yang ditawarkan oleh setiap tokoh pun pada akhirnya fluktuatif.

- Overall Score:
Karena sangat bergantung pada siapa tokoh yang sedang menjadi topik, nilai anime ini akan berubah dari episode ke episode. Anda bisa saja menikmati cerita dan komedi yang menghibur di satu episode, tetapi kemudian nyaris tidak menemukan apapun yang menarik di episode berikutnya. Namun, satu hal yang selalu konsisten dari anime ini adalah kemampuannya dalam menggunakan audio visual sebagai sarana untuk menyajikan komedi. Maka bahkan sepanjang episodenya yang paling hambar sekalipun, anda seharusnya tetap dapat menonton anime ini dengan nyaman. Skor 7,5 dari 10 (Occasionally good comedy)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- CD ED Theme

2 komentar:

  1. wah, blog nya aktif seputar anime ya gan... salam kenal blogger... untuk anime yang ongoing gak diulas seperti UQ Holder?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal :)

      Ulasannya hanya untuk anime yang sudah selesai.
      Khusus "UQ Holder", sepertinya tidak akan diulas, karena dia semacam sequel dari "Negima", yang sayangnya belum sempat saya tonton.

      Hapus