Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 25 November 2016

NEW GAME!

- Judul: NEW GAME!
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2016)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Sejak memainkan game Fairies Story tujuh tahun silam dan terkagum melihat tokoh-tokoh di dalamnya, Suzukaze Aoba sudah bercita-cita menjadi desainer karakter. Maka begitu lulus sekolah, dia pun langsung melamar bekerja di developer game Eagle Jump. Ternyata pekerjaan seorang desainer karakter lebih rumit dan menyita lebih banyak waktu dari yang semula dia bayangkan, namun dengan bimbingan langsung dari Yagami Kou, desainer di balik Fairies Story, dan juga berkat dukungan dari rekan-rekan kerjanya, setiap hari Aoba terus berjuang untuk mewujudkan impiannya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini tidak mampu untuk segera menunjukkan apa yang sebenarnya menjadi daya tariknya. Dia tampaknya tidak bersungguh-sungguh ingin bercerita tentang proses pembuatan sebuah game. Walaupun menyebutkan beberapa pekerjaan yang dilakukan di perusahaan game, anime ini tidak pernah sampai menjelaskan cukup dalam dan hanya menggambarkan garis-garis besarnya di permukaan, maka dia tidak akan mengajarkan banyak hal baru kepada penonton. Lebih sering, anime ini cuma bercerita tentang keseharian Aoba di tempat kerja atau perkenalannya ke dalam dunia orang dewasa, dan sayangnya, pada bagian ini pun anime ini tidak seketika terlihat menarik. Meski memang terdapat komedi seputar kebiasaan dan perilaku unik dari para tokohnya, hal ini belum cukup efektif untuk mengundang tawa. Paling jauh, mereka hanya akan menjadikan Eagle Jump terkesan lebih ramai dan lebih menyenangkan daripada tempat kerja pada umumnya. Namun, having said that, ini juga bukan otomatis berarti bahwa anime ini sama sekali tidak bisa dinikmati. Sebab sesungguhnya komedi yang bagus itu masih tetap ada, terutama setelah Nenecchi kemudian ikut bergabung. Yang menjadi masalah hanyalah bahwa jumlahnya terlalu sedikit untuk dapat menyimpulkan anime ini sukses sebagai tontonan komedi. Daripada berusaha menghibur penonton, dia justru seolah berkonsentrasi cuma untuk memperlihatkan para tokohnya yang sedang bekerja. Maka kecuali penonton bisa menemukan sendiri hiburan di tengah aktivitas mereka, anime ini mungkin masih cenderung akan terasa mengecewakan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Anime ini tidak cukup berhasil sebagai komedi secara keseluruhan, tetapi beberapa lelucon yang memang jenaka bisa efektif karena didukung oleh voice-acting yang mampu menggambarkan dengan tepat karakter masing-masing tokoh. Sementara, meski tidak banyak memberi kontribusi langsung pada cerita dan komedi, kualitas animasinya sendiri pada dasarnya sangat bagus, maka satu hal yang dapat dipastikan dari anime ini adalah bahwa dia akan selalu menyenangkan untuk ditonton.

- Tokoh/Karakter:
Para tokohnya mungkin memiliki posisi dan tugas yang jelas di Eagle Jump, tetapi tidak demikian halnya dengan peran dan fungsi mereka sebagai bagian dari komedi. Anime ini tampaknya tidak memikirkan cukup matang bagaimana kombinasi karakter tokoh-tokoh tersebut akan saling mendukung, maka pada akhirnya dia hanya bergantung sepenuhnya kepada perilaku unik dari masing-masing tokoh, seperti kegemaran Hajime untuk mengumpulkan figure atau kebiasaan Yagami yang selalu menginap di kantor. Anime ini seolah berharap bahwa apapun yang mereka lakukan atau ucapkan akan seketika terasa lucu, tetapi sayangnya, keunikan mereka tersebut pada kenyataannya belum cukup 'aneh' untuk membuat seseorang tertawa. Namun, tentu saja, masih ada beberapa tokoh yang dapat menjadi pengecualian; jika anime ini terus memperkenalkan tokoh baru, bukan hal yang mengherankan bahwa setidaknya akan muncul satu atau dua tokoh yang tepat mengenai sasaran. Nenecchi, misalnya -- dengan sikap yang tidak bisa diam dan sedikit nakal, kehadirannya di suatu adegan sudah cukup untuk langsung menjamin bahwa sesuatu yang jenaka dan tidak terduga akan segera terjadi. Tokoh-tokoh seperti Nenecchi bagaikan sebuah katalisator yang mendadak mengangkat anime ini naik ke level yang selama ini dia inginkan, maka meski efek positif mereka terkesan lebih banyak berasal cuma dari keberuntungan daripada sebagai hasil dari perencanaan yang baik, bagaimanapun juga tidak dapat disangkal bahwa sebagian tokoh anime ini adalah sumber komedi yang sangat menjanjikan.

- Overall Score:
Karena lebih banyak bergantung pada keunikan masing-masing tokoh dan bukan pada penulisan lelucon yang baik, kualitas komedi anime ini tidak menentu. Terkadang dia akan membuat anda tertawa, tetapi terkadang juga tidak. Namun, jika melihatnya dari sisi positif, hal ini juga berarti bahwa anime ini pasti akan membuat anda tertawa, meski mungkin tidak sesering yang anda harapkan. Maka jangan terlalu cepat merasa kesal apabila anda menemukan anime ini memulai dengan lambat, sebab akan muncul saat-saat ketika dia langsung berubah menjadi sebuah komedi yang brilian. Skor 8 dari 10 (A good comedy, sometimes)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- PS4 Game "The Challenge Stage!": Standard / Limited
- PSVita Game "The Challenge Stage!": Standard / Limited
- Figure: Aoba
- Nendoroid: Aoba
- Dakimakura Cover: Aoba / Hifumi
- B2 Tapestry: Aoba
- Cotton Blanket: Aoba
- CD Music: OP Theme / ED Theme
- CD Drama: Vol 1 / Vol 2 / Vol 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar