Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 24 Juni 2016

ACTIVE RAID ~KIDOU KYOUSHUUSHITSU DAIHACHIGAKARI~

- Judul: アクティヴレイド -機動強襲室第八係- (Active Raid ~Kidou Kyoushuushitsu Daihachigakari~)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2016)
- Genre: Sci-Fi; Action; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Menanggapi peningkatan jumlah kasus kriminal yang menggunakan suits Willwear, proyek Armored Combined Tactical Intelligence Vanguard Element atau ACTIVE mulai dijalankan di seluruh dunia. Di Jepang sendiri, kepolisian bereksperimen dengan membentuk Daigo Tokubetsu Kouanka Daisan Kidou Kyoushuushitsu Daihachigakari (5th Special Public Security Division, 3rd Mobile Assault Team, 8th Unit) atau yang disingkat Daihachi, yaitu satuan khusus yang juga menggunakan Willwear dalam menjalankan tugasnya, dan guna mengawasi agar mereka tidak justru menyebabkan lebih banyak kerusakan, Kazari Asami kemudian diutus untuk menjadi salah satu anggotanya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini tidak menawarkan sesuatu yang benar-benar baru ataupun sesuatu yang akan membuatnya menonjol secara khusus. Baik sisi tentang anggota kepolisian yang melawan kejahatan dengan menggunakan suits seperti Willwear maupun sisi tentang kecenderungan mereka untuk bertindak menyimpang dari aturan merupakan tema yang sudah terlalu sering ditemukan, sehingga bahkan kombinasi dari keduanya pun tidak lagi mampu memberi kesan segar. Dengan demikian, kualitas cerita anime ini kemudian sepenuhnya bergantung kepada kasus-kasus kriminal yang dihadapi oleh para tokohnya, dan sayangnya, pada bagian ini dia juga terasa terlalu biasa. Para penjahatnya memang selalu menggunakan Willwear, tetapi perbuatan mereka tetap hanyalah jenis kejahatan yang umum, bukan sesuatu yang cukup unik hingga cuma bisa terjadi di anime ini. Dan walaupun dia berusaha terlihat lebih canggih dengan mengisyaratkan bahwa semua kasus direncanakan oleh seorang mastermind untuk mencapai satu tujuan besar, karena tidak pernah ada penjelasan bagaimana setiap kasus berkontribusi kepada tujuan tersebut, pada akhirnya hubungan di antara mereka masih terlalu samar untuk dapat dikatakan bahwa mereka memang membentuk satu rangkaian. Namun, tentu saja, keterbatasan pada ceritanya tidak langsung menjadikan anime ini sama sekali tidak bisa dinikmati. Dia cukup cermat dalam memasukkan komedi ringan dan adegan aksi di saat-saat yang tepat, maka meski pertunjukan utamanya kurang memuaskan, paling tidak hal ini menjaga agar senantiasa ada sedikit hiburan yang akan memeriahkan setiap episode.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Animasi 2D-nya masih jauh dari yang terbaik, tetapi setidaknya sudah mampu menyampaikan maksud dari setiap adegan di dalam cerita dengan cukup baik, dan meski tidak hadir di semua episode, animasi CG-nya selalu menghasilkan adegan pertempuran yang lumayan seru untuk disaksikan. Juga tidak ada yang istimewa dengan audio dan visual di anime ini, namun karena telah melaksanakan tugas sebagai media tanpa banyak masalah, mereka sudah dapat dianggap sebagai sebuah keberhasilan.

- Tokoh/Karakter:
Sebagai seseorang yang mengejar kesempurnaan dan selalu berusaha mengikuti aturan, sudut pandang Asami yang berlawanan membantu menunjukkan wujud Daihachi sebagai sebuah unit kepolisian yang tidak lazim. Namun, hal ini hanya berlaku untuk sementara, sebab begitu dia sudah terbiasa dengan cara kerja Daihachi, Asami pun cuma menjadi salah satu anggotanya yang tidak berfungsi apa-apa. Masing-masing mereka mungkin memiliki beberapa kebiasaan aneh, semisal Sena yang sangat peduli pada kebersihan atau Haruka yang menggemari kereta dan bus, tetapi keanehan ini tidak kemudian menjadikan mereka seorang individu yang khas. Dia tidak tercermin pada keputusan-keputusan yang mereka ambil ataupun mempengaruhi cara pandang mereka terhadap sesuatu, sehingga ketika sedang menghadapi suatu kasus, para tokoh di anime ini terkesan bukan seperti sekelompok orang yang bekerja sama, melainkan hanya robot-robot yang melakukan pekerjaan secara otomatis. Mereka tidak pernah lebih daripada sejumlah nama dan wajah yang, setelah anime ini berakhir, juga sangat mudah untuk segera dilupakan.

- Overall Score:
Anime ini tidak pernah mampu membuat dirinya tampak menonjol. Mulai dari temanya secara keseluruhan, isi cerita, dan bahkan sampai para tokoh anime ini masih terlalu umum, sehingga dia pun hanya menjadi satu lagi titik air di lautan yang sudah begitu luas. Namun, jika anda memang menyukai cerita tentang polisi yang memerangi kejahatan dengan menggunakan suits, anime ini tetap cukup layak untuk ditambahkan ke dalam koleksi tontonan anda, sebab berkat audio visual yang memadai, satu hal yang selalu berhasil dia lakukan adalah menyajikan cerita tersebut dengan lancar dan tanpa banyak gangguan. Skor 7,5 dari 10 (Generally average, occasionally amusing)


DVD/Blu-ray:

Goods:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar