Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 16 Oktober 2015

ORE MONOGATARI!!

- Judul: 俺物語!! (Ore Monogatari!!)
- Judul Alternatif: My Love Story!!;
- Tipe: TV (April 2015)
- Genre: Romance; Comedy;
- Episode: 24
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Gouda Takeo tidak pernah beruntung dalam percintaan. Sejak masih kanak-kanak, setiap gadis yang dia sukai ternyata justru tertarik kepada teman baik dan sekaligus tetangganya, Sunakawa Makoto. Oleh karena itulah, saat Yamato Rinko mendekatinya setelah dia menolong gadis itu di kereta, Takeo pun lekas berasumsi bahwa Rinko sesungguhnya sedang mengincar Makoto dan kemudian mencegah dirinya dari berharap sesuatu yang mustahil. Namun, dengan sedikit bantuan dari Makoto, Rinko lalu mengungkapkan perasaannya kepada Takeo secara langsung, dan meski Takeo sendiri masih selalu sulit untuk percaya, tampaknya kisah cinta yang sudah begitu lama dia nantikan akhirnya akan segera dimulai.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski kisah romantis tentang seseorang yang biasanya tidak populer bukan sesuatu yang baru, anime ini tetap memiliki warna khasnya sendiri. Satu hal yang membedakan adalah keberadaan Makoto di samping Takeo, sehingga anime ini tidak hanya bicara tentang romance, tetapi juga tentang persahabatan, dan hal ini kemudian mengundang rasa simpati yang berbeda dari penonton -- perasaan bahwa Takeo memang pantas mendapatkan lebih banyak, dan bukan sekadar perasaan iba atas nasibnya yang tidak beruntung. Hanya saja, sayangnya, meski di satu sisi anime ini secara pandai selalu mampu menyegarkan dua daya tarik utamanya -- persahabatan Takeo dengan Makoto dan kisah cintanya dengan Rinko yang 'tidak alami' -- dengan membahas mereka melalui sudut pandang yang baru setiap kali, di sisi lain masih ada saat-saat ketika ceritanya terasa stagnan. Episode-episode ini tetap menghibur berkat komedi efektif seputar kekonyolan Takeo, namun dari segi cerita, mereka tidak menyampaikan apapun yang berarti, seolah hadir cuma untuk mengangkat tema-tema wajib dalam kisah romantis seperti Valentine, hari ulang tahun, dan seterusnya. Syukurlah, jumlahnya tidak cukup banyak untuk sampai meninggalkan efek negatif, maka secara keseluruhan cerita anime ini tetap merupakan sebuah kisah yang menyentuh sebagaimana yang seharusnya.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Anime ini sangat terampil dalam menekankan secara visual momen-momen romantis yang dialami oleh Takeo. Tidak ada yang istimewa pada animasinya, tetapi dia seolah selalu tahu timing yang tepat untuk menggunakan gambar-gambar yang sesuai hingga mudah bagi penonton untuk segera memahami apa yang sedang Takeo pikirkan dan apa yang membuatnya merasa bahagia. Dalam hal audio, voice-acting bagi para tokoh anime ini mewakili dengan baik karater mereka masing-masing (terutama suara bernada tinggi Rinko yang terdengar begitu sempurna untuk sikap malu-malunya), dan karena karakter mereka berperan penting dalam memetakan hubungan yang kuat antara Takeo, Rinko, dan Makoto, keberhasilan anime ini untuk senantiasa menunjukkannya pun menjadi kian krusial.

- Karakter:
Takeo yang menginginkan cinta namun tidak tahu apa-apa tentang cinta sehingga membutuhkan seorang teman terpercaya seperti Makoto. Rinko yang mencintai Takeo namun selalu terlalu malu-malu untuk mengungkapkan perasaannya secara langsung. Lalu Makoto yang membantu menghubungkan mereka, namun karena sikap pendiamnya dia tidak pernah secara terang-terangan mencampuri urusan Takeo dan Rinko. Bukan hal yang lazim untuk menemukan tiga orang di dalam satu kisah romantis dan tidak timbul suatu konflik di antara mereka, tetapi anime ini berhasil menunjukkan bahwa hal tersebut memang bisa saja terjadi. Semuanya adalah berkat penyusunan yang cermat atas karakter ketiganya yang menciptakan hubungan mutualisme yang saling mendukung, maka walaupun memiliki bentuk yang tidak lazim, masing-masing tetap tampak berada pada posisinya yang paling alami. Dan kecermatan anime ini masih terus berlanjut ketika dia juga menyertakan 'orang-orang ketiga' lainnya. Setiap tokoh selalu muncul di dalam cerita dengan cara yang sangat wajar, dan setiap tokoh hanya menjadikan kisah Takeo dan Rinko bahkan semakin indah.

- Overall Score:
Mungkin jika anda sudah terbiasa dengan kisah romantis yang rumit, cerita anime ini yang hanya mengangkat sisi terbaik dari hubungan manusia akan terasa agak terlalu naif. But then, why not? Kekasih yang mencintai sepenuh hati, sahabat yang tulus selalu siap membantu -- mengapa Takeo tidak boleh mendapatkan semuanya? Dan dengan penulisan cerita yang baik serta penyusunan karakter yang cermat, meski masih terdapat beberapa episode yang tidak cukup berperan, anime ini benar-benar mampu menunjukkan bahwa seseorang yang tidak populer seperti Takeo pun bisa memiliki kisah yang indah nan menyentuh. Nilai 8,5 dari 10 (Beautifully presented)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7
Volume 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar