Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 18 September 2015

MIKAGURA GAKUEN KUMIKYOKU

- Judul: ミカグラ学園組曲 (Mikagura Gakuen Kumikyoku)
- Judul Alternatif: Mikagura School Suite;
- Tipe: TV (April 2015)
- Genre: Comedy; Action;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Meski sudah menjalani tahun terakhirnya di SMP, Ichinomiya Eruna belum memutuskan ke sekolah mana dia akan melanjutkan, maka sepupunya, Ninomiya Shigure lalu mengusulkan sekolahnya, Mikagura Gakuen. Eruna awalnya masih sempat ragu, tetapi setelah melihat foto seorang gadis bernama Mikagura Seisa di dalam buku panduan, dia pun segera setuju untuk bersekolah di sana. Rupanya, Mikagura Gakuen tidak jauh beda dengan sekolah-sekolah lain, kecuali untuk aturannya seputar klub yang sangat unik. Semua murid diwajibkan bergabung ke salah satu klub, dan dari waktu ke waktu, semua klub saling bertarung untuk menentukan kualitas dari fasilitas yang akan mereka dapatkan. Bosan dengan pelajaran yang sudah lazim, Eruna justru menyambut aturan tersebut sebagai hal yang menyenangkan, sampai kemudian dia mengetahui bahwa ternyata semua orang bertarung dengan menggunakan kekuatan super.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Setting cerita anime ini tampaknya tidak dipersiapkan dengan baik, sebagaimana yang diindikasikan oleh aturan-aturan di Mikagura Gakuen yang seolah selalu berubah dari episode ke episode. Namun, paling tidak yang berhasil dilakukan anime ini adalah menciptakan situasi yang dapat diterima sebagai pondasi, yang memberi alasan bagi Eruna untuk terus bertarung dan juga mengizinkan semua komedinya yang gila untuk terus muncul. Dan dalam hal komedi, anime ini bisa dikatakan sudah cukup bagus. Dia tidak akan membuat penonton terbahak dengan beberapa momen istimewa, tetapi berkat variasi dan timing yang baik, anime ini memiliki banyak lelucon kecil yang mampu mengajak siapapun tertawa kecil untuk jangka waktu yang lama. .... Oleh karena itu pula, sangat disayangkan bahwa komedi ini ternyata tidak bertahan sampai akhir. Pada episode-episode belakangan, yaitu mulai sekitar saat tokoh Otone dimasukkan, entah mengapa anime ini mendadak coba berubah haluan ke arah yang lebih serius, sehingga bukan cuma porsi bagian untuk komedi seketika jauh berkurang, jenis leluconnya pun langsung menjadi begitu monoton. Anime ini seperti tiba-tiba kebingungan di tengah jalan tentang bagaimana nuansa yang seharusnya dari sisi action-nya, padahal seandainya dia bergeming tetap mengutamakan komedi, semuanya tentu akan baik-baik saja.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Bersama voice-acting para tokohnya, bagian animasi mendukung komedi anime ini dengan cukup baik. Dan animasi yang sama juga menyajikan adegan-adegan aksinya dalam gerakan yang halus serta visual effect yang indah sehingga mampu menjadi pasangan yang pantas bagi komedi tersebut. Meski sekilas kualitasnya memang akan terlihat masih di bawah standar, selama dia menyelesaikan tugasnya sebagai media, audio visual anime ini tetap merupakan sebuah keberhasilan

- Karakter:
Dengan sikap yang terlalu berlebihan dan keceriaan yang kadang terkesan dipaksakan, Eruna bukan yang paling menarik untuk diikuti, tetapi dia adalah pertanda awal yang segera mengumumkan bahwa anime ini merupakan sebuah komedi, sehingga semua 'kegilaan' yang menyelimuti Mikagura Gakuen dan para murid di dalamnya pun seketika terasa bisa dimaklumi bahkan meski tanpa ada penjelasan yang cukup di belakangnya. Namun, oleh karena alasan yang sama, rasanya begitu aneh ketika anime ini kemudian justru berusaha memberi nuansa yang lebih serius kepada sebagian tokoh lain. Pertama, hal ini sangat bertentangan dengan tujuan awalnya sebagai komedi. Setelah sebelumnya mengajak penonton untuk jangan memikirkan terlampau dalam akan karakter dan masa lalu para tokohnya, anime ini kemudian seolah-olah mendadak ingin berkata bahwa penonton justru harus melakukan yang sebaliknya. Dan kedua, perubahan tersebut sama sekali tidak diperlukan. Anime ini sudah berhasil menunjukkan kemampuannya untuk menyusun beberapa tokoh di sekeliling Eruna, seperti Shigure dan Minatogawa sebagai sumber lelucon yang cukup baik, maka jika saja anime ini memusatkan konsentrasi pada kontribusi mereka terhadap komedinya, dia hanya akan menjadi semakin bagus.

- Overall Score:
Anime ini memulai sebagai komedi yang cukup bagus. Meski bukan yang terbaik, dia tetap memuaskan, terlebih dengan dukungan dari audio visual yang layak. Namun, di tengah jalan anime ini kemudian mendadak mengubah arah ceritanya lebih serius, dan seketika dia pun terjebak di dalam wilayah yang tidak jelas -- tidak lagi cukup jenaka sebagai komedi, tetapi juga belum cukup pantas untuk menjadi genre yang lain. Anda mungkin masih bisa menikmati pertengahan awal dari anime ini, namun setelah itu, kemungkinan tersebut akan segera mengecil dengan cepat. Nilai 7,5 dari 10 (Reluctant comedy)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar