Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 30 Januari 2015

GUGURE! KOKKURI-SAN

- Judul: 繰繰れ!コックリさん (Gugure! Kokkuri-san)
- Judul Alternatif: GuguKoku;
- Tipe: TV (Oktober 2014)
- Genre: Comedy; Supernatural;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Mild Eroticism (Suggestive Themes)
- Sinopsis:
Meski sebenarnya Ichimatsu Kohina hanya iseng bermain ramalan, hantu rubah Kokkuri-san yang dia panggil ternyata benar-benar datang ke rumahnya. Kokkuri-san kemudian berniat merasuki tubuh Kohina, tetapi setelah melihat bahwa Kohina adalah gadis yang hidup sendirian yang menyembunyikan perasaan sepinya dengan berpura-pura sebagai boneka dan setiap hari hanya makan mi instan yang tidak sehat, dia justru merasa iba dan akhirnya memutuskan tinggal bersama dengan Kohina untuk mengurusi semua kebutuhannya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Ada yang aneh dengan komedi anime ini. Di satu saat dia bisa menunjukkan teknik penulisan yang sangat baik -- bervariasi, dengan jenis lelucon yang membentang dari slapsticks hingga parodi; kreatif, sebab tampaknya selalu mampu menghasilkan sesuatu yang jenaka dari segala macam situasi; dan juga pandai, seperti yang terlihat dari bagaimana dia mengakhiri lelucon-leluconnya dengan cara yang tidak terduga. Namun, di saat yang lain, dia justru bisa terkesan asal-asalan. Beberapa topik dalam leluconnya, semisal perasaan cinta Inugami terhadap Kohina, terlalu sering digunakan sehingga akhirnya terasa repetitif, seolah dia tidak cukup kreatif untuk mencari topik yang lain. Dan terkadang anime ini menutup leluconnya dengan ceroboh, apakah itu karena tsukkomi yang disampaikan terlalu panjang hingga seperti masih akan melanjutkan percakapan, ataukah karena tsukkomi tersebut tumpang tindih, menambahkan komentar dari sang narator setelah komentar dari para tokoh, layaknya sebuah karya amatiran yang berusaha terlalu keras menjelaskan bagian yang lucu dari suatu lelucon. Menilainya secara keseluruhan, tidak diragukan lagi bahwa anime ini merupakan komedi yang bagus, tetapi lebih dari sekali, dia seakan meminta penilaian ulang.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Visual anime ini bekerja efektif dalam menyajikan komedi. Animasinya sendiri memang bagus, namun barangkali yang jauh lebih banyak berperan adalah bagian sinematografi. Sudut pandang kamera yang semula menyembunyikan sebagian, lalu mendadak berganti memperlihatkan keseluruhan gambar untuk memaksimalkan efek kejutan dari suatu lelucon -- sebagian bukti atas kepandaian anime ini dalam hal komedi dapat ditemukan pada pengaturan secara visual semacam ini.

- Karakter:
Kombinasi Kohina dan Kokkuri-san dibangun dengan cermat untuk menghasilkan sebuah dasar yang kuat. Antara Kohina yang sudah lama hidup kesepian dan Kokkuri-san yang tidak bisa membiarkan seorang gadis tumbuh tanpa perawatan, hubungan keduanya tercipta dengan begitu alami sehingga tidak pernah lapuk sampai kapan pun dan dalam situasi seperti apapun. Dan karena memiliki dasar kuat, komedi di anime ini pun selanjutnya mampu berkembang dengan lebih bebas; dia bisa mengangkat segala macam topik, dan Kohina serta Kokkuri-san akan seketika terlibat di dalamnya tanpa pernah harus terkesan aneh. Sayangnya, entah mengapa, anime ini tidak memperlakukan para tokohnya yang lain dengan cara yang sama. Dimulai dari Inugami dan kemudian terus memburuk pada tokoh-tokoh berikutnya, mereka seolah dipaksakan muncul di sekitar Kohina dengan alasan yang dibuat-buat. Hal ini menyebabkan lelucon yang bersumber dari mereka pun seringkali terkesan tidak bersungguh-sungguh dan bahkan terlalu monoton. Beruntung, kombinasi Kohina dan Kokkuri-san masih jauh lebih kuat untuk bisa dipengaruhi, tetapi dengan banyaknya jumlah tokoh meragukan yang ikut berada di dalamnya, sulit untuk tetap mengatakan bahwa menyiapkan tokoh dan karakter yang tepat memang merupakan salah satu keunggulan dari anime ini.

- Overall Score:
Anda boleh yakin, anime ini adalah sebuah komedi yang bagus. Dasar yang kuat, teknik penulisan yang pandai, dan juga visual yang mendukung -- semuanya akan menjamin hiburan terbaik. Tsukkomi yang sesekali agak berlebihan dan tokoh-tokoh tambahan yang mengada-ada mungkin akan mendorong anda untuk berpikir sebaliknya, tetapi jangan khawatir, jika bisa memaafkan beberapa kekurangan kecil tersebut, lebih sering anime ini pasti akan membuat anda tertawa. Nilai 8 dari 10 (Mostly good comedy)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar