Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Rabu, 06 November 2013

DANGANRONPA THE ANIMATION

- Judul: ダンガンロンパ 希望の学園と絶望の高校生 (Danganronpa ~ Kibou no Gakuen to Zetsubou no Koukousei) The Animation
- Judul Alternatif: Danganronpa: The Animation;
- Tipe: TV (Juli 2013)
- Genre: Mystery;
- Episode: 13
- Rating: Strong Violence (Vivid Death)
- Sinopsis:
Dianggap memiliki nasib yang paling baik hanya karena namanya terpilih melalui undian, Naegi Makoto diundang masuk ke Kibougamine Gakuen, sebuah sekolah yang khusus mengumpulkan murid-murid yang unggul di bidang mereka masing-masing. Namun, daripada sebagai tempat penuh harapan seperti yang disangkakan darinya, sekolah tersebut ternyata justru hanya bertujuan untuk menciptakan rasa putus asa. Makoto dan empat belas remaja lain dikurung di dalam gedung sekolah dan diharuskan agar saling membunuh apabila mereka ingin keluar. Tentu saja, pada awalnya tidak ada seorang pun yang tampaknya berminat untuk berpartisipasi, tetapi kemudian pembunuhan pertama terjadi, dan mau tidak mau, permainan pun dimulai.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Menggabungkan cerita ala battle royale yang mengharuskan para tokohnya saling berhadapan dengan setting misteri pembunuhan dalam lingkungan tertutup, anime ini jelas punya keunikannya tersendiri. Hanya saja, dia sepertinya tidak pernah mampu mendukungnya dengan kisah yang bagus sebagai latar belakang. Anime ini tidak berhasil memberi penjelasan yang memuaskan tentang mengapa para tokoh tersebut terkurung dan mengapa mereka kemudian harus saling membunuh. Bukannya tidak tersedia, tetapi penjelasan yang ada terasa sangat dipaksakan. Namun, bagaimanapun juga, secara keseluruhan anime ini masih bisa disebut sebagai cerita misteri yang baik. Meskipun bagi para penggemar misteri yang sudah terbiasa, kasus-kasus yang lebih kecil di anime ini mungkin akan terasa terlalu mudah ditebak, rahasia utamanya masih tersembunyi dengan hati-hati sampai episode-episode akhir, sehingga dia selalu memiliki potensi untuk mengejutkan siapapun saat kemudian diungkapkan. Oleh karena itu, setidaknya anime ini masih sanggup menyajikan atmosfer yang sesuai, dan pada dasarnya itu adalah hal yang paling dicari dalam suatu cerita misteri, yaitu stimulan untuk berpikir dan menganalisa.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Visual anime ini sebenarnya cukup bagus, terutama dengan tampilan artisitik ketika para tokohnya dijatuhi hukuman. Namun, terdapat kesalahan yang berulang-ulang pada sinkronisasi voice-acting dengan animasi sebagian tokoh tersebut. Memang bukan kesalahan yang paling serius, tetapi melihat terlalu sering mulut mereka bergerak tanpa mengucapkan apa-apa tetap bisa menjadi gangguan ketika penonton sedang berusaha menangkap petunjuk untuk memecahkan misteri anime ini.

- Karakter:
Ada cukup banyak masalah dengan karakter para tokoh anime ini. Pertama, mereka sedikit terlalu ... eksentrik untuk bisa dianggap serius, dan hal ini tidak sejalan dengan ceritanya sendiri yang justru mengangkat tema serius seperti pembunuhan. Sebagian penonton mungkin tidak akan mempersoalkannya, tetapi kemudian masalah ini menyebabkan masalah kedua yang lebih besar, yaitu bahwa seringkali sikap dan reaksi tokoh-tokoh itu terasa kontradiktif dengan nuansa bahaya yang seharusnya membayangi mereka. Sebagai contoh, ketika nyawa mereka terancam jika gagal menemukan si pelaku pembunuhan, seorang tokoh yang bukan pelaku mengubah TKP dan mengacaukan penyelidikan hanya karena ingin menguji tokoh-tokoh yang lain. Apakah dia tidak sadar bahwa dia sendiri juga akan mati jika usahanya benar-benar berhasil? It just didn't make any sense!! Masalah-masalah ini menunjukkan bahwa tampaknya anime ini tidak mengembangkan karakter para tokohnya bersama-sama dengan ceritanya. Keunikan-keunikan mereka hanya merupakan hiasan di permukaan, tidak memiliki makna apa-apa, sehingga meski sekilas terlihat bervariasi, mereka semua sebenarnya tidak berbeda satu dengan yang lain, bahkan tidak pula si Monokuma.

- Overall Score:
Apakah yang anda harapkan dari sebuah cerita misteri? Jika jawabannya adalah trik yang rumit dan menantang, anime ini mungkin tidak akan cukup bagi anda. Namun jika anda hanya sekadar ingin melatih otak, mengisi waktu luang seperti pada teka-teki silang, meski dengan audio visual dan karakterisasi tokoh yang bermasalah, anime ini masih lebih dari sanggup dalam menyediakan tempat yang bagus untuk mencoba kemampuan investigasi anda. Nilai 7,5 dari 10 (Mysterious enough)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar