Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 09 Maret 2012

NICHIJOU

- Judul: 日常 (Nichijou)
- Judul Alternatif: My Ordinary Life
- Tipe: TV
- Genre: Comedy
- Episode: 26
- Rating: Mild Violence (Physical Harm)
- Sinopsis:
Shinonome Nano, si gadis robot yang tinggal bersama dengan penciptanya yang masih anak-anak, Yuuko, Mio, Mai, dan murid-murid lain di sekolah, lalu masih banyak lagi. Di berbagai penjuru kota, setiap orang menjalani kehidupan sehari-hari mereka masing-masing yang tidak terlalu lazim.






Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini tidak menyajikan komedinya begitu saja, tetapi dalam variasi yang benar-benar kaya. Slapstick, parodi, pranks, dan masih banyak lagi jenis komedi diatur dalam susunan yang pandai untuk mencegah anime ini dari terasa membosankan, dan hal ini menjadi penting karena tidak tersedianya hal lain yang dapat terus mengundang penonton seperti cerita yang kuat. Hanya saja, sebagian dari komedi-komedi tersebut membutuhkan pengetahuan yang cukup dalam tentang kebudayaan untuk bahkan bisa dipahamii. Sebagai contoh, kerja keras Yuuko menahan diri dari mengomentari lelucon Mai sebenarnya lucu, tetapi tidak begitu jika penonton tidak familiar dengan gaya pertunjukan komedi Jepang yang berpasangan. Atau ketika anime ini memparodikan ungkapan dan peribahasa Bahasa Jepang, sangat mungkin penonton yang tidak mengerti hanya mampu terdiam kebingungan.
Setting di anime ini sederhana namun brillian sekaligus. Menggunakan berbagai tempat di dalam satu kota entah bagaimana menjaga banyak komedinya benar-benar terasa hanya seperti kejadian sehari-hari sehingga mudah tersampaikan, meskipun sebenarnya dengan skala yang sangat dibesar-besarkan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Meski awalnya terkesan berkualitas sangat standar, bagian audio dan visual anime ini merupakan elemen penting dari komedinya. Dari hal-hal kecil seperti balon udara saat Sakamoto kehabisan napas atau butiran-butiran keringat dari dua karakter gugup yang sama-sama terdiam hingga gerakan cepat komedi slapstick, animasinya akan mampu langsung memicu tawa. Sementara, dari intonasi Nakamura yang unik hingga gaya bicara seekor gagak yang seperti seorang host, voice actingnya selalu bisa menghibur setiap saat.

- Karakter:
Kombinasi karakternya terasa sangat tepat, dan mempertimbangkan banyaknya jumlah karakter yang ada, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Mengumpulkan pada cluster-cluster yang kecil, setiap karakter tersebut diberikan cerita dan peran masing-masing, dan setelah saling menghubungkan cluster-cluster itu, anime ini berhasil menggabungkan semua karakter ke dalam sebuah cerita yang lebih besar tanpa sedikit pun mengurangi signifikansi mereka. Memang, terdapat beberapa tokoh yang kemudian dijadikan poros cerita itu, tetapi ini tidak pernah berarti bahwa tokoh-tokoh yang lain kehilangan fungsi mereka.

- Overall Score:
Anime ini menetapkan tujuannya untuk membuat anda tertawa dan kemudian langsung melesat dengan kecepatan penuh! Dengan pengaturan variasi komedi yang pandai, setting yang brillian, dan juga karakter-karakter yang tepat, atur napas sebaik-baiknya sebab anime ini tidak memberi banyak kesempatan untuk beristirahat kepada anda. Nilai 9 dari 10 (Recommended!!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar