Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 30 Maret 2012

HOTARUBI NO MORI E

- Judul: 蛍火の杜へ (Hotarubi no Mori e)
- Judul Alternatif: The Light of a Firefly Forest
- Tipe: Movie
- Genre: Romance; Supernatural
- Durasi: 45 menit
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Ketika berlibur ke desa kakeknya di suatu musim panas, Takegawa Hotaru tersesat di dalam hutan yang disebut sebagai tempat tinggal para siluman. Dia akhirnya ditolong oleh seorang pemuda bertopeng bernama Gin, yang mengaku sebagai salah satu siluman dan bahwa dia akan segera menghilang apabila bersentuhan dengan manusia. Penasaran, Hotaru mengunjunginya lagi keesokan hari, dan juga di setiap panas pada tahun-tahun berikutnya, hingga tak ada lagi yang bisa dia pikirkan selain ingin bertemu dengan Gin.


Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Durasi yang singkat mungkin akan meninggalkan perasaan bahwa ada sesuatu yang kurang, tetapi sebenarnya cerita di anime ini sudah lengkap. Permulaan, akhir, latar belakang, dan bahkan klimaks sudah disajikan dengan baik. Kadar romance-nya juga sudah sangat tepat, sehingga penambahan bumbu seperti apapun lagi kemungkinan besar akan menjadikannya seperti cerita opera sabun yang bertele-tele dan terlalu didramatisir. Pada kenyataannya, anime ini merupakan sebuah cerita pendek, maka daripada memaksakannya panjang, kemampuan anime ini untuk menyadari keterbatasannya sendiri justru menjadi kelebihannya.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Gambar latarnya tampak indah dan mendetil, sangat mendukung nuansa romantis di dalam ceritanya. Akan tetapi, sebagai hutan yang ditinggali para siluman, settingnya tidak cukup terkesan mistis, sehingga daripada sebuah tempat yang terlarang bagi manusia, Hotaru dan Gin hanya seperti berada di suatu taman. Anime ini berusaha menutupinya dengan memunculkan beberapa siluman, tetapi penggambaran wujud mereka pun terlalu sederhana sehingga terlihat cuma seperti sekumpulan orang yang berpakaian aneh. Sebenarnya hal ini bisa dimaklumi, sebab sisi supernatural tidak pernah menjadi sisi yang utama, tetapi anime ini telah memilihnya sebagai elemen yang tidak terpisahkan dari ceritanya, maka seharusnya dia memperlakukan sama pada bagian visualnya.

- Karakter:
Ceritanya adalah tentang sepasang gadis dan pemuda yang saling jatuh cinta, dan anime ini menjaganya tetap sederhana seperti itu. Tidak ada karater tambahan yang tidak perlu, dan dua tokoh utamanya juga dikembangkan hanya secukupnya. Memang, sebagian orang mungkin akan merasa bahwa karakter Gin masih bisa dijelaskan lebih jauh, tetapi sisi misterius adalah apa yang sejak awal membuat karakter tersebut menarik, bahkan telah menjadi bagian dari jati dirinya, maka mempertahankan sedikit misteri itu menjaganya tetap utuh, sedangkan mengungkapkan lebih jauh tentang detil-detil yang tidak penting beresiko hanya akan mengacaukan pondasi karakter itu.

- Overall Score:
Anime ini adalah sebuah cerita pendek yang selesai, bukan hanya sebagai kepingan dari suatu cerita yang lebih besar layaknya yang biasa terjadi pada film berdurasi singkat seperti ini, dan karena disusun dengan sempurna, anda akan tetap merasa puas menikmatinya seperti menyaksikan film yang berdurasi lebih panjang. Dengan jalan cerita dan karaterisasi yang dipersiapkan dengan baik, anime ini memenuhi cukup kriteria untuk menjadi tontonan yang bagus. Nilai 8 dari 10 (It's good)


DVD@Amazon:
- Movie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar