Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 04 April 2020

RIFLE IS BEAUTIFUL

- Judul: ライフル・イズ・ビューティフル (Rifle is Beautiful)
- Judul Alternatif: Chidori RSC;
- Tipe: TV (Oktober 2019)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism
- Sinopsis:
Karena tidak cukup diminati sehingga tidak memiliki seorang pun anggota, Klub Menembak di SMA Chidori terancam akan segera dibubarkan. Beruntung, Kokura Hikari mampu secepatnya mengumpulkan tiga gadis lain sesama murid baru demi mencegah hal tersebut. Bersama Shibusawa Izumi, Meinohama Erika, dan Igarashi Yukio, Hikari pun dapat lanjut menekuni olahraga Menembak yang dia sukai dan, meski dengan kemampuan yang biasa-biasa saja, terus mengejar impiannya untuk suatu saat berkompetisi di Olimpiade.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedinya cukup bagus. Meski menggunakan topik tidak umum seputar aktivitas dan perlengkapan olahraga Menembak, semua lelucon tetap berasal dari karakter para tokohnya, sehingga komedi anime ini akan dapat segera dipahami oleh siapapun tanpa harus memiliki pengetahuan awal tentang olahraga Menembak. Hanya saja, sayangnya, sebagian lelucon masih terasa ... tidak sekuat yang semestinya. Isinya sendiri sebenarnya jenaka, namun efeknya tidak seketika, seolah otak butuh satu detik lebih lama sebelum mampu menerima bahwa lelucon itu memang jenaka. Penyebabnya? Bisa jadi karena cara penyajiannya, tetapi mungkin juga anime ini yang kurang kapabel dalam menulis lelucon-lelucon tertentu, atau lebih spesifik lagi, lelucon yang menggunakan kejutan sebagai senjatanya. Dia sesekali tampak kesulitan membangun situasi sebelum kejutan tersebut agar efeknya kemudian terasa benar-benar mengejutkan, dan dengan demikian, gagal memperoleh hasil yang sempurna.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Secara keseluruhan audio dan visual anime ini menyajikan komedinya dengan baik. Voice-acting dan visualisasi bahasa tubuh mereka mampu segera memberi gambaran jelas tentang karakter setiap tokoh, yang merupakan sumber utama dari komedi anime ini. Namun, seperti yang disebutkan di atas, ada suatu masalah yang mengganggu sebagian lelucon yang berisi kejutan, dan cara penyajiannya bisa jadi ikut berperan menyebabkan (atau setidaknya, tidak mencegah) masalah itu terjadi. Seandainya menggunakan tampilan atau dialog yang lebih sesuai, walaupun dengan penulisan yang tidak sempurna, mungkin saja kejutan di sebagian lelucon tersebut tetap dapat terasa mengejutkan.

- Tokoh/Karakter:
Para tokohnya merupakan sumber komedi yang sangat baik. Apakah itu dari kepribadian mereka, seperti Hikari yang bodoh, atau dari situasi mereka, seperti Izumi sebagai teman baik Hikari yang bodoh, setiap tokoh selalu memiliki potensi untuk menghasilkan suatu lelucon. Dan mungkin yang lebih penting lagi, perbedaan di antara kepribadian dan situasi mereka tadi segera tampak jelas, bahkan termasuk tokoh-tokoh tambahan yang baru muncul di episode-episode belakangan, maka semakin mendekati akhir serial, komedi anime ini hanya akan menjadi semakin kaya dengan variasi.

- Overall Score:
Anime ini sebenarnya merupakan komedi yang sangat bagus. Dia pandai membuat tokoh-tokoh komedi yang baik, terus-menerus dan secara konsisten, lalu terampil menghasilkan lelucon yang sesuai dari para tokoh tersebut. Oleh karena itu pula, sungguh sangat disayangkan bahwa, ketika hendak merealisasikan sebagian lelucon itu di dalam ceritanya, sesekali dia ternyata masih mengalami kesulitan. Penulisan, cara penyajian, atau mungkin kombinasi dari keduanya -- di mana pun letak kekurangannya, terkadang anime ini tidak mampu memberi efek layaknya sebuah komedi yang bagus. Skor 8 dari 10 (Almost a great comedy)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar