Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Sabtu, 29 Juli 2017

FRAME ARMS GIRL

- Judul: フレームアームズ・ガール (Frame Arms Girl)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2017)
- Genre: SciFi; Comedy; Action;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Pada suatu hari Gennai Ao mendadak menerima kiriman barang dari perusahaan mainan Factory Advance. Dia diminta untuk menguji kemampuan tempur Gourai, produk terbaru dari seri Frame Arms Girl, agar mereka dapat mengumpulkan data sebanyak mungkin dan mengembangkan Gourai lebih jauh. Demi tujuan itu pula, satu persatu Frame Arms Girl lainnya kemudian juga diutus ke apartemen Ao untuk mengajak Gourai bertarung, tetapi lebih dari sekadar pengalaman bertempur, Gourai ternyata juga memiliki kemampuan untuk perlahan belajar tentang sesuatu hal yang disebut perasaan.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini berusaha menyatukan semua episodenya dalam sebuah cerita tentang pertumbuhan Gourai yang belajar berbagai jenis perasaan. Namun pertumbuhan yang dimaksud tidak pernah benar-benar terlihat, maka daripada satu cerita panjang yang berkesinambungan, akan lebih tepat jika dikatakan bahwa wujud anime ini yang sesungguhnya adalah sekumpulan cerita pendek, meski di dalam cerita-cerita tersebut Gourai memang mendapat pelajaran tentang suatu perasaan. Lalu, bagaimana dengan kualitas penulisan ceritanya sendiri? Untuk pertanyaan ini, opini penonton mungkin akan terbagi. Pada satu sisi, sebagian penonton akan mendapati anime ini masih terlalu repetitif. Para tokohnya hanya selalu melakukan hal yang sama di setiap cerita, yaitu sekadar bermain-main atau menghabiskan waktu bersama, dan walaupun aktivitas mereka sesekali diselingi dengan pertunjukan action, sesi pertarungan mereka cuma bisa terjadi di tempat yang sama dan harus melalui 'ritual' yang sama setiap kali, sehingga bagian ini pun tetap terasa sebagai sesuatu yang terus berulang. Meski demikian, pada sisi lain anime ini ternyata cukup pandai dalam menulis situasi jenaka yang menghibur. Mungkin dia memang belum sampai pada level yang pasti akan mengundang tawa, tetapi setidaknya anime ini mampu membuat tingkah laku para tokohnya terlihat bodoh dan tidak terduga, dan bagi sebagian penonton yang lain, hal ini boleh jadi akan tampak seperti kekacauan yang menyenangkan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Animasi pada aksi pertarungannya terlihat sangat bagus, meskipun adegan pertarungan itu sendiri terkadang terlalu singkat untuk bisa dinikmati hingga puas. Namun, satu hal yang bahkan lebih menakjubkan daripada kualitas animasinya adalah proses transisi (bukan penggabungan) antara animasi 2D dan CG di dalamnya. Bukan berarti bahwa kedua jenis animasi tersebut sama sekali tidak dapat dibedakan, tetapi anime ini tampaknya telah menguasai teknik sinematografi dengan sempurna sehingga dia memahami betul kapan dan bagaimana cara menghubungkan keduanya. Alhasil, adegan yang mereka tampilkan senantiasa terasa mengalir dengan lancar, seolah-olah tidak pernah terjadi perubahan pada jenis animasinya.

- Tokoh/Karakter:
Karena mereka lebih sering tidak melakukan apa-apa selain menjalani kehidupan sehari-hari, para tokoh anime ini tampaknya tidak pernah dimaksudkan untuk memiliki fungsi tertentu atau membentuk suatu kombinasi. Anime ini benar-benar cuma ingin mengumpulkan beberapa tipe karakter di dalam sejumlah situasi, dan sebab semua tipe tersebut juga bukan sesuatu yang baru atau unik, nilai anime ini kemudian lebih banyak bergantung kepada selera daripada rasa ingin tahu penonton. Jika kebetulan penonton menyukai tipe-tipe yang disediakan, anime ini pun tentu akan menjadi sangat bernilai. Namun jika tidak ... well ... mungkin dia tidak mesti sampai langsung kehilangan semua nilainya. Ya, mereka memang tidak lagi terasa menarik secara individu, tetapi bagaimana pun juga, mengumpulkan beberapa karakter yang jelas berbeda sekaligus di satu tempat selalu punya potensi untuk menghasilkan berbagai macam interaksi. Paling kurang, tidak akan ada momen hampa yang sempat hadir di anime ini, karena para tokohnya senantiasa siap menciptakan suasana yang ... meriah.

- Overall Score:
Jika mencari alasan khusus untuk menonton anime ini, anda mungkin tidak akan menemukannya. Namun, itu juga bukan secara otomatis berarti bahwa sama sekali tidak ada alasan sedikit pun. Berbekal kualitas visual yang memukau dan kemampuan yang cukup dalam menulis komedi ringan, meski dia tidak akan menjadi sesuatu yang istimewa, anime ini tetap sangat layak mendapatkan perhatian anda. Skor 7,5 dari 10 (Amply entertaining)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Goods:
- Figure: Ao
- Cu-poche: Gourai / Gourai MK-II / Stylet / Baselard / Materia Kuro / Materia Shiro
- CD Music: ED Theme
- CD Character Album: Vol 1 / Vol 2 / Vol 3
- CD Drama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar