Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 10 Maret 2017

SOUSHIN SHOUJO MATOI

- Judul: 装神少女まとい (Soushin Shoujo Matoi)
- Judul Alternatif: Matoi the Sacred Slayer;
- Tipe: TV (Oktober 2016)
- Genre: Action; Supernatural; Super Powers; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Frequent Nudity)
- Sinopsis:
Sumeragi Matoi tidak pernah mengharapkan lebih daripada sebuah kehidupan yang normal, tetapi pada suatu hari, harapan tersebut langsung buyar. Ketika Kuil Tenman mendadak diserang oleh seseorang yang dirasuki roh jahat Nights, Kusanagi Yuma segera melaksanakan ritual untuk memanggil dewa, namun entah mengapa, dewa yang kemudian turun ternyata justru masuk ke dalam diri Matoi. Dia pun mendapatkan kekuatan untuk berubah menjadi Taima Shoujo yang dapat membasmi para Nights, dan dengan demikian, dia diharuskan bertarung setiap kali ada Nights yang muncul di kotanya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini tidak memiliki jalan cerita kompleks yang akan mengundang rasa penasaran penonton untuk mengikutinya sampai akhir. Secara umum dia hanya merupakan satu lagi kisah sederhana tentang pertempuran antara Mahou Shoujo yang baik (atau dalam hal ini, Taima Shoujo) dengan para Nights yang jahat. Namun, meski melalui sudut pandang menyeluruh dia mungkin belum terlihat cukup menarik, anime ini masih punya potensi untuk menyajikan tontonan menyenangkan dari episode ke episode. Sebab cerita sederhana juga berarti bahwa dia mudah dimengerti, maka penonton tidak akan dibuat pusing dengan pengetahuan baru atau istilah asing yang terlalu banyak, sementara pada saat yang sama, anime ini tetap menunjukkan keterampilan untuk memberi variasi pada pertarungan di setiap episode sehingga dia tidak pernah terkesan monoton atau repetitif. Ditambah lagi, anime ini juga sangat pandai dalam memasukkan komedi di sela-sela semua pertarungan tadi. Berkat kehati-hatian dalam memilih obyek yang akan menjadi lelucon dan timing yang sempurna ketika kemudian menampilkannya, komedi tersebut mampu selalu efektif kapanpun dia muncul, tetapi tanpa harus sampai mengganggu nuansa seru pada sisi action dari ceritanya.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Animasi para tokohnya sangat bagus. Meski memang bukan yang paling mendetil, gerakan mereka selalu terlihat halus. Lalu, bersama dengan visualisasi yang indah dari kekuatan super mereka, setiap adegan pertarungan di anime ini adalah suatu atraksi visual yang benar-benar layak untuk disaksikan.

- Tokoh/Karakter:
Kombinasi karakter dari ketiga tokoh utamanya menciptakan suatu dinamika yang terasa hidup dan, yang paling penting, selalu mengasyikkan untuk dilihat. Dengan Matoi yang enggan menggunakan kekuatan miliknya dan Yuma yang sebaliknya sangat antusias untuk memanfaatkannya, hampir pasti akan selalu ada kejadian lucu yang muncul setiap kali mereka berubah menjadi Taima Shoujo. Dan penambahan Clarus yang tenang kemudian merupakan penyeimbang yang melengkapi mereka, bagaikan sebuah roda gigi dengan ukuran sempurna yang memungkinkan interaksi di antara mereka dapat terus berputar secara alami. Apapun yang mereka lakukan atau bicarakan bersama, interaksi tersebut akan tampak seolah mengalir dan berkembang dengan sendirinya tanpa ada yang pernah mengatur. They were just so naturally connected!
.... Namun, sayangnya, jika dinilai dari segi fungsi, karakter para tokoh anime ini nyaris tidak terlihat di dalam cerita. Entah apakah mereka merupakan sebab ataukah justru akibat dari ceritanya yang sederhana, tokoh-tokoh tersebut tidak pernah tampak terlibat cukup jauh dalam pertempuran melawan Nights. Di sepanjang cerita, mereka terkesan seolah harus bertempur melawan Nights hanya karena mereka berada di sisi yang baik dan Nights berada di sisi yang jahat, maka ketika anime ini belakangan berusaha memberi mereka alasan pribadi yang lebih emosional, usaha itu pun terasa sudah sangat terlambat.

- Overall Score:
Tanpa jalan cerita yang kompleks atau pun kisah pribadi yang emosional, anime ini hanyalah satu lagi kisah tentang Mahou Shoujo. Namun, hal ini tidak harus berarti bahwa dia cuma bisa dinikmati oleh sekelompok kecil orang. Dengan penggabungan antara action dan komedi yang terampil, visual yang indah, serta kombinasi karakter tokoh yang sempurna, meski secara keseluruhan dia belum mampu menarik minat anda, tiap-tiap episodenya masih menyimpan potensi hiburan yang cukup menjanjikan. Skor 8 dari 10 (Mostly entertaining)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- CD Music: OP Theme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar