Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Selasa, 26 Maret 2013

SARAI-YA GOYOU

- Judul: さらい屋五葉 (Sarai-ya Goyou)
- Judul Alternatif: House of Five Leaves;
- Tipe: TV (April 2010)
- Genre: Slice of Life;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence (Animated Blood)
- Sinopsis:
Demi menyembuhkan sifatnya yang terlalu pemalu, Akitsu Masanosuke datang ke Edo untuk mencari pengalaman. Tetapi lowongan pekerjaan sebagai pengawal tidak banyak, dan jika mendapatkannya pun dia akan segera dipecat karena sifat pemalu tersebut. Pada suatu hari, tepat ketika Masanosuke sangat membutuhkan uang, seorang pria bernama Yaichi mendadak menyewa jasanya. Dia baru tahu kemudian bahwa Yaichi ternyata adalah pimpinan dari sebuah kelompok penculik yang disebut Goyou, dan saat Masanosuke masih bimbang apakah dia boleh menerima upahnya, Yaichi lalu mengajaknya bergabung ke Goyou.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Sebuah cerita zaman samurai yang nyaris tanpa pertarungan pedang. Tidak ada heroisme di medan tempur, romantisme kesetiaan yang abadi, ataupun idealisme keksatriaan bushido. Lalu apakah anime ini kemudian kehilangan semua daya tariknya? Sama sekali tidak. Sebaliknya, dia mengangkat sisi Kota Edo yang lebih tersembunyi -- ronin di pemukiman yang gelap, anggota kelompok perampok di jalan-jalan yang sepi, dan tempat pelacuran di Distrik Merah Yoshiwara, maka siapapun yang menggemari periode ini secara umum akan mendapati anime ini tetap menarik sebagaimana menyaksikan kastil Shogun yang menjulang tinggi. Sementara, plotnya, yang tentang lima kehidupan berbeda yang menyatu, cukup kompleks untuk senantiasa mengundang para penonton berpikir, dan storytelling-nya, meski tidak terlalu lancar, masih tertata dengan cukup baik.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Walaupun kualitas animasinya bukan yang paling bagus, penonton mungkin masih akan menilainya sebagai sesuatu yang lumayan. Sebagian besar gerakan para tokohnya terlihat kasar, tetapi karena para tokoh tersebut kemudian memang hanya sedikit bergerak, kesalahan ini pun tidak pernah terasa terlalu signifikan. Hal yang serupa juga terdapat pada penggabungan animasi itu dengan background. Anime ini seolah tidak pernah mampu menyatukan keduanya dengan baik, tetapi pada saat yang sama, tidak sulit untuk mengabaikan kekurangan ini. Begitu juga dengan penggunaan warna-warna yang kusam. Secara umum anime ini akan terlihat terlalu suram, hampir membuat malas untuk terus mengikutinya, tetapi dengan kesan yang seperti lukisan kuno, dia mungkin justru akan terasa artistik. Singkatnya, visual anime ini seharusnya berada di level yang biasa-biasa saja, bahkan mungkin masih di bawahnya, tetapi pada kenyataannya, dia terlihat cukup memuaskan.

- Karakter:
Samurai yang gagal, perampok yang bertobat, pencuri yang setia, mantan pelacur, dan seorang pria misterius -- hanya dengan fakta bahwa kelima macam karakter ini berkumpul dalam satu kelompok sudah langsung menjanjikan suatu interaksi dinamis yang menarik untuk diikuti. Otake mungkin merupakan satu-satunya pengecualian, sebab kisah latar belakangnya tidak pernah cukup dijelaskan dan fungsinya di dalam Goyou seperti hanya sekadar pelengkap, tetapi Masa, Ume, Matsu, dan Yaichi saling mempengaruhi karakter masing-masing dan menjadikan Goyou terlihat sebagai suatu kelompok, sebagaimana yang seharusnya, dengan peran dan tugas setiap orang. Bagi penonton yang menyukai cerita berbasis karakter, anime ini adalah sebuah tontonan yang wajib.

- Overall Score:
Jika anda menganggap cerita samurai harus menyertakan pertarungan pedang, maka anime ini bukan yang anda cari. Namun jika anda terbuka terhadap sisi lain zaman Edo, dengan plot yang cukup rumit dan kumpulan karakter yang menarik, anime ini sebenarnya memiliki cerita yang sama memikat. Nilai dari bagian visual-nya sendiri mungkin tergantung dari setiap orang, apakah biasa-biasa saja seperti yang terlihat ataukah ada suatu kualitas yang tersembunyi di baliknya, tetapi karena ada terlalu banyak kekurangan-kekurangan kecil, review ini enggan memasukkan anime ini sebagai salah satu yang terbaik. Nilai 8 dari 10 (Looked too gloomy)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar