Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 30 September 2016

FLYING WITCH

- Judul: ふらいんぐうぃっち (Flying Witch)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2016)
- Genre: Comedy; Supernatural;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Sebagaimana tradisi di kalangan para penyihir, seseorang yang sudah berusia lima belas tahun diharapkan agar mulai hidup mandiri, namun karena merasa khawatir, orangtua Kowata Makoto akhirnya hanya mengirimnya untuk tinggal bersama kerabat mereka, keluarga Kuramoto di Aomori. Syukurlah, berkat kondisi alamnya yang hijau dan berlimpah, Aomori ternyata menjadi tempat berkumpul favorit bagi sejumlah penyihir dan berbagai jenis makhluk ajaib, sehingga Makoto yang masih harus menyempurnakan pelatihannya sendiri sebagai penyihir kemudian tetap dapat belajar banyak hal setiap hari.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski anime ini punya lelucon-lelucon yang bagus, seperti kecenderungan Makoto untuk tersesat di jalan atau bermacam keanehan dari dunia para penyihir, dia tidak pernah berniat menjadi komedi yang seutuhnya. Dengan kata lain, selalu ada komedi yang menghibur di setiap episodenya, tetapi interval di antaranya cukup panjang, sehingga anime ini mungkin bukan tontonan yang sesuai bagi penonton yang ingin tertawa lepas. Ditambah lagi, anime ini pada dasarnya tidak memiliki suatu jalan cerita kecuali tentang kehidupan sehari-hari Makoto dan orang-orang di sekitarnya, maka sebagian penonton juga mungkin akan mendapatinya terlalu ... damai -- kosong tanpa terdapat cukup kejadian berarti di dalamnya. Namun, sebagai ganti dari kekosongan pada sisi ceritanya, di sisi lain anime ini tidak pernah berhenti memperkenalkan kepada penonton berbagai hal baru, mulai dari sesuatu yang benar-benar bermanfaat untuk dipelajari, seperti jenis tumbuhan liar yang dapat dikonsumsi, hingga sesuatu yang sekadar menakjubkan untuk dilihat, seperti para makhluk gaib yang berkeliaran dengan bebas tanpa seorang pun sadari. Setiap episode bagaikan hadiah yang siap diambil -- dia pasti akan memberi sesuatu, dan bagi penonton yang mampu menghargai pengetahuan sekecil apapun, anime ini sama sekali tidak kosong, tetapi sebaliknya justru terisi penuh dengan banyak peristiwa menarik.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Anime ini memberi perhatian cukup tinggi terhadap setiap detil, baik pada animasi para tokohnya yang memperlihatkan bahkan gerakan-gerakan kecil, maupun pada gambar latar yang tampaknya dibuat dengan sangat teliti. Dia pun kemudian berhasil menggabungkan keduanya dengan sangat baik, seperti melalui visual effect yang mengaburkan gambar di belakang ketika sedang menampilkan para tokohnya dari jarak dekat, sehingga mereka terkesan seolah benar-benar berada di tempat itu dan bukan sekadar sebuah gambar yang ditempelkan begitu saja. Menyempurnakan audio visualnya, anime ini juga pandai dalam memasukkan musik latar yang selalu terdengar sesuai dengan atmosfer di setiap adegan secara khusus, sambil tetap mempertahankan nuansa damai yang lebih umum dari kehidupan para tokohnya.

- Tokoh/Karakter:
Berdiri sendiri, para tokoh di anime ini tidak cukup menarik. Kecuali mungkin Kowata Akane yang senang bertualang dan selalu datang di saat yang tak terduga, tidak ada satu pun yang memiliki kepribadian unik sehingga akan seketika mengajak penonton untuk coba mengenalnya lebih jauh. Namun, apabila tujuan anime ini adalah menunjukkan kepada penonton berbagai macam hal, maka dia boleh dikatakan telah memetakan setiap tokohnya dengan cermat agar hal-hal tersebut dapat terus muncul satu demi satu tanpa pernah ada yang terkesan dipaksakan. Para penyihir yang ditemui Makoto, seperti Akane dan Inukai tentu saja tidak akan segan untuk menggunakan kekuatan mereka di hadapannya, para anggota keluarga Kuramoto tempat Makoto tinggal pasti akan memperkenalkan kepadanya kehidupan normal (namun khas) di Aomori, sementara Chinatsu yang senantiasa penasaran dan Makoto sendiri sebagai seorang penyihir yang masih dalam proses belajar juga secara alami akan selalu berusaha mencari tahu. Apakah itu dengan mengajarkannya secara langsung ataukah sekadar sebagai pengantar, para tokoh ini akan membawa penonton ke suatu penemuan baru, dan karena diatur agar terjadi secara wajar di tengah kegiatan mereka sehari-hari, anime ini sekaligus menjanjikan bahwa masih ada lebih banyak lagi penemuan yang menunggu pada apapun yang sedang mereka lakukan.

- Overall Score:
Anime ini laksana sebuah buku ensiklopedia. Sebagian orang hanya akan melihatnya sebagai buku tebal dan membosankan, tetapi sebagian yang lain justru akan menghargainya sebagai sumber pengetahuan yang selalu mengajarkan hal baru di setiap halaman. Cerita dan para tokohnya memang tidak punya daya tarik tersendiri, namun di sisi lain, keduanya merupakan sarana yang sempurna untuk menyajikan setiap hal baru tadi dalam cara yang paling menyenangkan. Meski dia bukan untuk semua orang, apabila anda termasuk di antara mereka yang dapat merasa puas cukup dengan mengetahui sesuatu, anime ini tidak akan pernah mengecewakan atau bahkan membiarkan anda merasa jenuh. Skor 8,5 dari 10 (Uneventful, but always wonderful)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- Pureneemo 1/6 Fashion Doll: Makoto
- Acrylic Key Chain: Type 1 / Type 2
- CD Music: Soundtrack / ED Theme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar