Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 15 Januari 2016

MAYOI NEKO OVERRUN!

- Judul: 迷い猫オーバーラン! (Mayoi Neko Overrun!)
- Judul Alternatif: Stray Cats Overrun!;
- Tipe: TV (April 2010)
- Genre: Comedy; Romance;
- Episode: 12+1
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Tsuzuki Otome memiliki kebiasaan untuk membawa pulang sesuatu yang dia temukan sedang tersesat, termasuk juga Takumi. Dan setelah mengetahui bahwa ternyata Takumi adalah seorang anak yatim piatu, dia bahkan lalu mengadopsinya. Beberapa tahun berselang, Takumi kini membantu bekerja di toko kue milik Otome bersama teman masa kecilnya dari panti asuhan, Serizawa Fumino. Tidak ada yang istimewa pada kehidupan mereka sehari-hari, sampai kemudian Otome lagi-lagi mendadak membawa pulang seseorang, yang kali ini adalah seorang gadis pendiam bernama Kiriya Nozomi.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Menggunakan kucing tersesat sebagai metafora, anime ini mungkin sekilas terlihat seolah hendak mengangkat tema 'yatim piatu' atau 'keluarga', namun sesungguhnya dia tidak pernah benar-benar berusaha menceritakan sesuatu -- tidak tentang masa lalu para tokohnya dan tidak pula tentang hubungan di antara mereka. Tidak, wujud asli anime ini adalah sebuah komedi. Apakah dia komedi yang bagus? .... Well, hal itu sangat bergantung pada pendapat masing-masing penonton. Sebab komedi di anime ini begitu bebas -- selain jenisnya sendiri cukup bervariasi, dia tidak mengikuti struktur tertentu yang akan mendefinisikan tema dan batasan dari leluconnya, bahkan termasuk karakter para tokohnya. Fumino, Chise, dan Nozomi seharusnya dapat menjadi sumber komedi yang kaya, tetapi jika di satu episode karakter mereka bisa berperan banyak, di episode berikutnya mereka juga bisa mendadak tidak berarti sama sekali kecuali hadir sekadar untuk memeriahkan suasana. Singkatnya, setiap episode adalah komedi yang jauh berbeda, maka sulit untuk menyimpulkan kualitasnya hanya dengan satu kata. Bukan hal yang mengherankan apabila penonton akan menilai satu episode sebagai komedi yang sangat bagus, namun justru berpendapat yang sebaliknya untuk episode-episode yang lain.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasinya cukup memuaskan. Meski bukan yang paling halus, dengan menggunakan lebih banyak frame pada setiap gerakan, masih tampak jelas upaya untuk membuat para tokohnya terlihat lebih alami.
Pada bagian audio, voice-acting untuk tokoh Fumino, Chise, dan Nozomi berhasil mengangkat karakter mereka masing-masing secara sempurna. Hal ini menjadikan komedi yang dibangun berdasarkan karakter dari tokoh-tokoh tersebut sangat efektif, dan penonton hanya perlu menyaksikan episode ke-13 (episode recap, lebih tepatnya) untuk membuktikannya. Sayang sekali, di anime ini juga terdapat dialog yang membosankan, seperti ucapan ala otaku dari Ieyasu dan cara bicara Takumi yang bertele-tele, maka keputusan anime ini untuk tidak memberi kesempatan lebih sering kepada para tokohnya menunjukkan karakter mereka, pada akhirnya, tidak sepenuhnya keliru.

- Tokoh/Karakter:
Tidak hanya ketika berdiri sendiri, kombinasi karakter Fumino, Chise, dan Nozomi juga merupakan sumber komedi yang bagus. Fumino dan Chise yang sama-sama keras kepala selalu bertengkar mengenai sesuatu, melahirkan berbagai tindakan dan dialog yang jenaka, lalu saat sudah mulai terlalu intens, kepolosan Nozomi laksana tsukkomi yang seketika mengubah pertengkaran itu sendiri sebagai lelucon. Memang, sebagaimana yang sudah disebutkan, terkadang karakter mereka tidak berarti sama sekali. Pada episode-episode seperti yang bercerita tentang perjalanan ke tempat pemandian air panas atau ketika mereka dikisahkan sedang membuat PV, tokoh-tokoh ini tidak lebih bagaikan peserta di suatu event yang hanya perlu terlihat hadir. Namun, jika bertanya apakan anime ini telah menyiapkan karakter yang tepat, jawabannya tetap adalah ya. Dia mungkin tidak memanfaatkan mereka dengan cukup bijak, tetapi pada kenyataannya, begitu ditampilkan tokoh-tokoh tersebut akan langsung memberi anime ini kesan yang jauh lebih baik.

- Overall Score:
Untuk mengetahui nilai sesungguhnya dari anime ini, tidak ada jalan lain kecuali anda harus coba menontonnya sendiri. Satu-satunya hal yang bisa dijamin adalah hanya bahwa dia punya potensi untuk menjadi komedi yang bagus berkat kombinasi karakter yang tepat serta dukungan sempurna dari audio dan visual. Sayangnya, anime ini tidak selalu memanfaatkan potensi tersebut di setiap episode. Bukan secara otomatis berarti bahwa episode-episode yang lain itu merupakan komedi yang buruk, tetapi apakah mereka juga mampu menyajikan kualitas hiburan yang sama atau tidak, semuanya tergantung kepada bagaimana jenis komedi yang anda sukai. Skor 7,5 dari 10 (A good comedy ... potentially)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Goods:
- Character CD: Fumino
- Character CD: Nozomi
- Character CD: Chise
- Character CD: Otome

- Music CD 1
- Music CD 2

- DJ CD Special

2 komentar:

  1. min minta review anime rainbow sama yozakura quartet hana no uta

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Rainbow" nanti diusahakan, tapi kalau "Hana no Uta" .... Terus terang, belum nonton "Yozakura Quartet", jadi "Hana no Uta" mungkin masih lama.

      Hapus