Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 10 Mei 2013

HAKKENDEN ~TOUHOU HAKKEN IBUN~

- Judul: 八犬伝~東方八犬異聞~ (Hakkenden ~Touhou Hakken Ibun~)
- Judul Alternatif: Hakkenden ~Eight Dogs of the East~;
- Tipe: TV (Januari 2013)
- Genre: Supernatural; Action;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Scenes of Blood)
- Sinopsis:
Sejak desa asal mereka hancur dan mereka mendapatkan kekuatan supranatural, selama lima tahun Inuzuka Shino dan Inukawa Sousuke bersembunyi di sebuah gereja kecil. Namun pada akhirnya, kantor pusat pihak Gereja berhasil menemukan dan kemudian memanggil mereka. Sesampainya di ibukota, salah seorang dari empat penjaga hewan-hewan suci, Satomi Rio lalu menugaskan mereka untuk mengumpulkan enam lagi bola-bola kecil yang bertuliskan suatu huruf di dalamnya seperti yang mereka sendiri miliki. Maka, seolah dituntun oleh takdir, satu demi satu Shino dan Sousuke pun mulai bertemu dan terlibat dengan orang-orang yang juga memiliki hubungan dengan makhluk-makhluk gaib dalam berbagai situasi.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Kumpulkan delapan bola, lalu harapan mereka akan terwujud. Anime ini coba mengindikasikan bahwa dia hanya merupakan bagian awal dari sebuah plot yang lengkap, tetapi setidaknya untuk serial kali ini, plotnya terasa tidak lebih dari alasan hampa untuk mempertemukan tokoh-tokohnya. Namun, itu juga tidak harus berarti hal yang buruk. Sebab daripada satu cerita yang utuh, anime ini sebenarnya merupakan kumpulan cerita pendek. Dan hingga kadar tertentu, storytelling pada anime ini memiliki keistimewaan. Karena tetap merangkaikan cerita-cerita pendek tersebut pada beberapa titik, anime ini menunjukkan dengan indah bahwa, meski terpisah-pisah, pada akhirnya kehidupan setiap orang selalu saling terhubung.
Hanya saja, sayangnya, ketika tampaknya anime ini hendak menjadi drama tentang sekelompok manusia yang membawa makhluk-makhluk gaib bersama mereka, kumpulan kisah unik yang menyampaikan bahwa memiliki kekuatan supernatural tidak sekeren yang dibayangkan, bobot nilai di dalam setiap ceritanya tidak pernah terasa. Kesulitan yang seharusnya diderita para tokohnya tidak cukup digambarkan, sehingga meski anime ini menggunakan kata-kata berat seperti "pembunuhan" atau bahkan "pembantaian", penonton hanya akan bertanya-tanya, apakah semua itu memang benar-benar terjadi?

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasi di anime ini sebenarnya cukup bagus, namun belum bisa mencapai taraf sebagai kekhasan yang akan menjadikannya menonjol di antara anime-anime lain. Sementara, seperti sebuah manga BL, desain dari sebagian besar karakternya terlihat masih terlalu mirip satu dengan yang lain. Wajah-wajah yang tampan serta tubuh-tubuh yang tegap dan tinggi, pemandangan yang terkesan sama berulang-ulang ditemukan di setiap episode dan bahkan hampir di semua sceneIt's just so tiring.

- Karakter:
Anime ini memiliki cukup banyak tokoh, tetapi dari segi karakterisasi, mereka semua memperlihatkan warna yang sama, dan jumlah yang banyak hanya menjadikannya semakin jelas. Perbedaan di antara mereka cuma sampai pada kulit terluar dari identitas mereka, yaitu apakah serius dan pendiam ataukah santai dan senang bermain-main, namun setelah itu, mereka hanyalah sekelompok pemuda yang bersikap dan berpikiran serupa. Tanpa ada konflik, tanpa ada persilangan pendapat, dan tanpa ada variasi, anime ini terasa begitu monoton.

- Overall Score:
Anime ini sebenarnya menyajikan tema cerita yang menarik, bahkan bisa dikatakan unik dan berbeda dari pemikiran umum yang ada di dunia anime bahwa kekuatan supernatural adalah sesuatu yang menyenangkan. Namun, untuk bisa mencapainya, anda harus berusaha keras, sebab desain dan karakterisasi tokoh yang miskin variasi menjadikan anime ini bagaikan hutan gelap yang membentang seolah tanpa batas. Nilai 6 dari 10 (Emotionless and bland)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar