Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 03 Agustus 2019

HACHIGATSU NO CINDERELLA NINE

- Judul: 八月のシンデレラナイン (Hachigatsu no Cinderella Nine)
- Judul Alternatif: HachiNai;
- Tipe: TV (April 2019)
- Genre: Drama; Action;
- Episode: 12
- Rating: Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Meski belum pernah ada olahraga baseball di SMA Satogahama, Arihara Tsubasa bertekad ingin membentuk Klub Baseball Perempuan sejak hari pertama dia menjadi muridnya. Memperoleh izin dari sekolah, mengumpulkan cukup anggota, membeli perlengkapan yang memadai, hingga mendapatkan tempat yang sesuai untuk latihan -- dia harus memenuhi banyak persyaratan sebelum dia bahkan bisa mulai berpikir tentang mengadakan pertandingan, tetapi Tsubasa tidak pernah menyerah untuk dapat terus bermain baseball yang dia sukai.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Jalan cerita anime ini telah diatur dengan baik agar drama para tokohnya dapat berjalan seiringan dengan kisahnya tentang pembentukan klub baseball di Satogahama. Karena masing-masing tokoh akan memberi suatu perkembangan baru kepada klub, meski hal itu tidak secara langsung berhubungan dengan permainan baseball, setiap kali drama seorang tokoh selesai di satu episode, keikutsertaan mereka kemudian secara otomatis membuat kisah klub tersebut tampak seolah bergerak maju selangkah lebih dekat untuk akhirnya bisa terbentuk. Memang, sebagai konsekuensi dari pengaturan ini, drama-drama mereka terasa terlalu singkat dan terburu-buru untuk juga mampu menciptakan efek emosional, tetapi jika sebagian penonton mungkin menganggapnya sebagai dampak negatif, sebagian yang lain mungkin justru akan mendapati kekurangan itu secara positif mendukung tujuan anime ini yang hendak memperlihatkan bahwa Klub Baseball Satogahama adalah sebuah klub yang benar-benar dimulai dari nol, bahwa para anggotanya adalah orang-orang awam yang mulai bermain baseball sungguh-sungguh hanya karena mereka menyukai baseball, bukan dipicu oleh drama pribadi yang kompleks atau kemampuan individual yang luar biasa.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Visual anime ini jelas bukan yang terbaik. Baik gambar para tokohnya maupun animasi gerakan mereka lebih sering tampak kasar. Namun, juga jelas terlihat bahwa anime ini cukup terampil untuk bermanuver di sekeliling semua kekurangannya tersebut. Dia tahu bagaimana cara menyajikan setiap adegan agar tetap terkesan seolah mengalir dengan lancar, maka secara keseluruhan, jika penonton tidak terlalu memperhatikan detail, anime ini masih selalu berada di dalam batas yang menyenangkan untuk ditonton.

- Tokoh/Karakter:
Kepribadian dan kisah latar para tokohnya masih dalam bentuk standar sebagaimana yang sudah sering dilihat pada drama tentang sekelompok gadis. Kemungkinan besar penonton akan menganggap mereka menarik hanya berdasarkan tipe karakter dasar dari masing-masing tokoh, bukan karena karakterisasi tokoh itu sendiri. Namun, meski demikian, satu dari dua hal yang anime ini mampu lakukan dengan baik adalah menunjukkan kesukaan para tokohnya yang tulus terhadap baseball dan juga hasrat mereka untuk menjadi lebih baik, sehingga sangat mudah bagi siapapun untuk segera terdorong agar menyemangati dan terus menyaksikan perkembangan mereka. Dan, hal yang kedua, anime ini tetap berhasil menggambarkan setiap tokoh jelas berbeda dari tokoh yang lain, maka tim Satogahama pun benar-benar tampak sebagai kumpulan dari beberapa orang, penyatuan dari sejumlah individu yang bervariasi, dan untuk suatu cerita tentang proses pembentukan sebuah tim, ini mungkin merupakan hal yang paling penting.

- Overall Score:
Anime ini bukan tentang aksi-aksi dramatis atau pun perjuangan penuh rintangan untuk menjadi yang terhebat. Dia hanya ingin bercerita tentang sekelompok gadis yang melakukan sebaik mungkin suatu aktivitas yang sangat mereka sukai. Maka, meski visualnya punya banyak kekurangan dan karakterisasi para tokohnya masih cenderung dangkal, dia tidak pernah sampai terasa mengecewakan. Sebab berkat kemampuannya dalam memperlihatkan bagaimana tokoh-tokoh tersebut selalu bermain baseball dengan hati yang riang, anime ini sebenarnya telah mencapai tujuannya untuk menyajikan sebuah tontonan ringan nan menyenangkan. Skor 7,5 dari 10 (Pleasantly simple)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Goods:
- Figure: Tsubasa / Akane / Yuuki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar