Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 27 Juli 2019

HITORI BOCCHI NO MARUMARU SEIKATSU

- Judul: ひとりぼっちの○○生活 (Hitori Bocchi no Marumaru Seikatsu)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2019)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Selama di SD, Hitori Bocchi merasa cukup memiliki hanya satu orang teman yang bernama Yawara Kai. Namun, khawatir bahwa Bocchi akan selalu hidup sendirian dan tidak mampu berbuat apa-apa tanpa dirinya, setelah mereka melanjutkan ke SMP masing-masing, Kai mendadak mewajibkan Bocchi untuk berteman dengan semua orang di kelasnya nanti. Kai bahkan mengancam akan memutuskan hubungan pertemanan mereka sendiri apabila dia gagal, maka agar tidak sampai kehilangan satu-satunya teman yang dia miliki, Bocchi pun berjuang melawan sikapnya yang pemalu dan setiap hari terus berusaha mendapatkan teman-teman yang baru.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedinya yang berpusat pada Bocchi sangat efektif. Mulai dari upayanya yang kikuk ketika ingin berteman dengan seseorang, alasan-alasannya yang konyol untuk menghindar dari bicara dengan orang lain, hingga kemudian reaksi-reaksinya yang aneh saat melakukan suatu hal baru bersama teman-temannya, tingkah laku Bocchi selalu mampu mengundang tawa. Hanya saja, satu masalah yang tersisa adalah, sebagaimana yang terindikasi dari gambaran di atas, komedi ini benar-benar bergantung cuma pada Bocchi seorang, dan hal ini punya potensi untuk menjadi cenderung terasa monoton jika berlangsung terlalu lama. Berkat selingan lelucon yang lebih ringan seperti nama-nama unik dari para tokohnya, setidaknya untuk serial kali ini, masalah tersebut belum pernah sampai meninggalkan dampak yang signifikan, tetapi entah bagaimana seandainya anime ini terus berlanjut ke serial-serial berikutnya.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Dengan animasi gerakan para tokohnya yang selalu terlihat halus, visual di anime ini sangat pantas mendapat pujian. Dan demikian pula voice-acting mereka, terutama pada tokoh Bocchi yang, melalui intonasi fluktuatif dan jeda canggung di dalam setiap kata yang dia ucapkan, mampu dengan tepat melukiskan kesulitan Bocchi untuk berkomunikasi dan melakukan bahkan sekadar percakapan sederhana.

- Tokoh/Karakter:
Sikapnya yang luar biasa pemalu seketika menjadikan tokoh Bocchi sumber komedi yang baik, terlebih setelah anime ini juga menambahkan kisah latar berupa janjinya dengan Kai sehingga Bocchi punya alasan yang masuk akal untuk terus menunjukkan sikap pemalunya tersebut. Lalu, apakah anime ini tidak mampu melakukan hal serupa dengan tokoh lain hingga dia terpaksa menjadi sangat bergantung hanya pada Bocchi? Sebenarnya, tokoh-tokoh yang lain juga memiliki potensi menjadi sumber komedi yang sama baik, sebagaimana yang diperlihatkan oleh tokoh Aru di episode 5, namun tampaknya anime ini sengaja mengesampingkan mereka agar tidak sampai mengganggu komedi utamanya seputar Bocchi. Di satu sisi hal ini dapat dianggap sebagai tindakan yang tepat, tetapi di sisi lain hal ini juga menunjukkan letak kekurangan anime ini yang sesungguhnya, yaitu dalam menulis para tokohnya sebagai satu kombinasi. Bukannya saling mendukung, komedi yang dia persiapkan pada masing-masing tokoh ternyata justru berusaha saling mengalahkan.

- Overall Score:
Anime ini punya sedikit masalah dalam hal variasi. Dia masih cenderung terlalu bergantung hanya pada tokoh Bocchi, sehingga selalu ada kemungkinan bahwa komedinya suatu saat akan terasa monoton dan berubah hambar. Namun, syukurlah, setidaknya untuk serial kali ini, dampak negatif yang dikhawatirkan dari masalah tersebut ternyata belum sempat terealisasi. Dan jika dinilai berdasarkan hasil akhirnya, anime ini tetap merupakan sebuah komedi yang senantiasa efektif. Skor 9 dari 10 (Cautiously recommended)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar