Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 17 November 2018

CHIO-CHAN NO TSUUGAKURO

- Judul: ちおちゃんの通学路 (Chio-chan no Tsuugakuro)
- Judul Alternatif: Chio's School Road;
- Tipe: TV (Juli 2018)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Satu hal yang Miyamo Chio sangat tidak inginkan adalah menjadi pusat perhatian, maka dia menghindar dari melakukan sesuatu yang akan membuatnya terlihat mencolok seperti terlambat sampai di sekolah. Namun, berusaha agar tidak mencolok pun ternyata membutuhkan kerja keras dan kecerdasan tinggi. Chio harus mengingat kembali semua ilmu serta menggunakan setiap teknik yang dia pelajari dari game untuk melewati berbagai macam rintangan yang menghalanginya dalam perjalanan menuju sekolah.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedinya yang sebagian besar berupa tingkah laku gila dari Chio dan Manana cukup efektif. Barangkali alasannya adalah karena selalu ada pemikiran logis yang mendasari tingkah laku mereka, bahkan meski logika tersebut hanya masuk akal di dalam benak mereka yang hiperaktif, maka apa yang mereka lakukan pun terlihat lebih seperti suatu cara yang aneh dan jenaka untuk menyelesaikan masalah mereka daripada cuma sekadar kegilaan semata, terlebih ketika cara itu kemudian di luar dugaan benar-benar mampu membantu mereka mencapai tujuan. Dengan kata lain, pemikiran logis tadi memberi komedi anime ini bentuk yang jelas dan mudah dipahami, yaitu sebagai metode-metode yang tidak ortodoks untuk melakukan sesuatu yang biasanya sepele semisal pergi ke sekolah. .... Namun sayangnya, entah mengapa, anime ini lalu seringkali justru mengacaukan sendiri bentuk yang sudah bagus tersebut. Dia akan menambahkan lelucon-lelucon kecil di sana-sini yang, bukan hanya tidak perlu, tetapi juga sama sekali tidak relevan dengan komedi seputar Chio atau Manana. Anime ini seolah cuma ingin asal memasukkan sebanyak mungkin lelucon yang dia mampu, namun laksana suatu masakan yang diberi terlalu banyak hiasan tambahan, hidangan utamanya malah akhirnya tidak bisa lagi terlihat istimewa.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Audio dan visual di anime ini berperan sangat besar bagi efektivitas komedinya, terutama dalam hal menerangkan logika Chio dan Manana. Keduanya berhasil menunjukkan proses berpikir yang masuk akal dari Chio dan Manana sehingga mereka kemudian memutuskan untuk melakukan sesuatu yang gila, dan sebagaimana yang sebelumnya telah diulas di atas, pemikiran yang logis merupakan dasar yang memberi komedi mereka bentuk yang jelas.

- Tokoh/Karakter:
Anime ini tampaknya telah merencanakan para tokohnya dengan cukup matang. Memberi Chio kegemaran bermain game dan Manana keinginan untuk menjalani kehidupan gadis populer, dia mampu segera menjelaskan logika yang kemudian mendasari komedi mereka. Dan melalui tokoh-tokoh pendukung, dia menyediakan bagi Chio dan Manana variasi tantangan agar mereka selalu memperbarui metode aneh mereka dalam menyelesaikan masalah, dan dengan demikian menjaga komedi mereka senantiasa segar. Memang, pada akhirnya anime ini seringkali memaksa sebagian tokoh pendukung tersebut untuk juga menyampaikan lelucon-lelucon yang tidak perlu, namun hal itu tidak mengubah kenyataan bahwa kehadiran mereka sangat bermanfaat dalam mengembangkan komedi utama seputar Chio dan Manana.

- Overall Score:
Pergi ke sekolah adalah hal yang sederhana. Semua orang seharusnya bisa melakukannya dengan mudah. Dan mungkin oleh karena itu pulalah, ketika Chio dan Manana harus menggunakan cara yang aneh dan tidak lazim untuk melakukan hal yang sederhana tersebut, tingkah laku mereka pun segera terlihat jenaka. Meski dia juga punya banyak momen hambar dari jenis lelucon lain yang tidak efektif, selama menampilkan Chio dan Manana, anime ini merupakan komedi yang cukup bagus. Skor 8 dari 10 (Pretty good comedy)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- Nendoroid: Chio / Chio (Ltd)
- T-Shirt: Black (S/M/L/XL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar