Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 11 Januari 2013

CHUU-NI BYOU DEMO KOI GA SHITAI!

Related Anime:
- Sequel: Chuu-ni Byou demo Koi ga Shitai! Ren

- Judul: 中二病でも恋がしたい! (Chuu-ni Byou demo Koi ga Shitai!)
- Judul Alternatif: Love, Chunibyo & Other Delusions; Regardless of My Adolescent Delusions of Grandeur, I Want a Date!;
- Tipe: TV (Oktober 2012)
- Genre: Comedy; Romance;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Semasa di SMP, Togashi Yuuta mengidap Chuu-ni Byou, yaitu sebuah kebiasaan untuk terlalu jauh menganggap dirinya berkemampuan istimewa sehingga akhirnya meyakini anggapan tersebut sebagai kenyataan. Sayangnya, hal itu menyebabkannya memperoleh reputasi yang buruk dan dijauhi oleh teman-temannya. Kini masuk SMU, Yuuta bertekad sembuh dari Chuu-ni Byou dan menjalani kehidupan bersekolah yang normal, tetapi kemudian dia bertemu dengan Takanashi Rikka, seorang gadis yang masih menderita Chuu-ni Byou dan terus mengajak Yuuta agar kembali ke masa lalunya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Sebuah perpaduan sempurna antara komedi dan romance. Masing-masing ditulis dengan hati-hati dan kemudian disajikan dengan kuat, tetapi keduanya juga tidak pernah saling tumpang-tindih, mampu bersamaan muncul sebagai bagian penting dari ceritanya. Dimulai dengan komedi menyegarkan tentang fantasi yang menggila dan karakter-karakter yang memiliki kebiasaan aneh, anime ini lalu memberi kejutan dengan suatu drama psikologis yang mendalam tentang situasi di dalam keluarga Rikka. Hebatnya, transformasi dari dua jenis atmosfir ini, dari bermain-main ke serius tidak terasa mendadak, canggung, ataupun terputus. Semuanya mengalir lancar dalam sebuah cerita yang tampaknya tahu persis apa yang ingin dia sampaikan. Tidak banyak yang berhasil melakukannya, tetapi anime ini akan membuat penonton tertawa dan menangis sekaligus.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Visual anime ini memang bukan yang paling menakjubkan, tetapi dia tetap berhasil melaksanakan perannya yang terpenting, yaitu mendukung ceritanya. Perpindahan dalam sekejap dari penggambaran secara berlebihan fantasi Rikka ke situasi dunia nyata yang sesungguhnya memperlihatkan dengan jelas kepada penonton betapa konyol tingkah lakunya, sementara kerlap-kerlip sunyi lampu-lampu di kejauhan dari pantai yang gelap akan sanggup membawa siapapun terhanyut ke dalam dramanya. Voice-actingnya juga sangat mendukung, terutama dengan karakter-karakter yang termasuk unik bahkan di antara semua jenis karakter di dunia anime. Dari Kumin yang slow-paced hingga Sanae yang tidak bisa diam, dari Yuuta yang selalu berusaha realistis hingga Rikka yang justru sebaliknya, mereka semua diperankan dengan sangat baik.

- Karakter:
Seperti yang sudah disebutkan, para karakter di anime ini tidak seperti karakter-karakter anime pada umumnya. Beberapa memang masih memperlihatkan kemiripan, semisal sifat Sanae yang selalu bersemangat dalam segala hal yang dia lakukan, tetapi dengan elemen baru berupa Chuu-ni Byou, sifatnya itu lebih jelas dan solid dengan latar belakang yang kokoh, daripada cuma sebagai kata-kata untuk menggambarkannya. Dengan kata lain, Sanae bukan sekadar 'gadis yang bersemangat', melainkan gadis yang bersemangat karena begini dan tidak begitu.
Dalam segi fungsi, Kumin dan Makoto mungkin sekilas akan terasa sebagai tokoh-tokoh yang tidak penting, tetapi sebenarnya mereka adalah penyeimbang yang menjaga agar kedua sisi ceritanya tidak pernah terpisah terlalu jauh satu sama lain. Sisi komedi dipertahankan tetap sederhana namun tidak membosankan, sementara sisi drama tidak dibiarkan menjadi terlalu serius. Mereka laksana bumbu-bumbu yang tidak memiliki rasa sendiri, tetapi membantu rasa suatu masakan semakin sedap.

- Overall Score:
Apakah hidup dalam kebohongan seburuk yang kita sangka? .... Jika anda sejak awal menonton anime ini dengan dugaan akan berpikir cukup dalam tentang filosofi dan psikologi, maka mungkin anda adalah bagian dari yang sedikit, sebab anime ini memulai hanya sebagai cerita komedi romantis biasa--lucu, tetapi juga cheesy. Namun kemudian, anime ini membuktikan bahwa dia bukan sekadar cerita tentang dua orang remaja yang saling jatuh cinta, melainkan tentang dua orang manusia yang benar-benar berusaha mencari tahu apa yang seharusnya mereka lakukan. Nilai 9 dari 10 (Recommended!!)


DVD@Amazon:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar