Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 28 Desember 2019

ARIFURETA SHOKUGYOU DE SEKAI SAIKYOU

- Judul: ありふれた職業で世界最強 (Arifureta Shokugyou de Sekai Saikyou)
- Judul Alternatif: From Commonplace to World's Strongest;
- Tipe: TV (Juli 2019)
- Genre: Action; Super Powers;
- Episode: 13
- Rating: Strong Violence and Strong Eroticism
- Sinopsis:
Nagumo Hajime dan teman-teman sekelasnya mendadak dipanggil ke dunia lain untuk membantu umat manusia yang terancam akan segera kalah dalam perang melawan Kaum Majin. Masing-masing mereka lalu diberikan keahlian tersendiri, dan meski semula Hajime menyesali statusnya sebagai Renseishi (Synergist) yang tidak istimewa, ketika dia terjatuh sendirian ke dasar sebuah labirin raksasa, justru berkat keahlian tersebut Hajime akhirnya mampu bertahan hidup dan bahkan kemudian mengumpulkan sejumlah kekuatan baru yang melampaui semua temannya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Judul anime ini mengindikasikan sebuah kisah zero-to-hero, perjuangan seorang pemuda yang semula tak berdaya hingga menjadi yang paling hebat, tetapi kenyataannya sama sekali tidak demikian. Pertama, konsep anime ini tentang titik 'zero' yang dimaksud tampaknya berbeda dengan kebanyakan orang. Pada umumnya pemuda yang mampu seketika mengubah bahan apapun untuk menciptakan benda apapun yang dia inginkan tidak dapat dianggap sebagai seseorang yang tak berdaya. Kedua, karena dia bisa segera memperkuat tubuh dan memperoleh jurus baru cukup hanya dengan makan dan minum, proses pertumbuhan Hajime untuk mencapai status 'hero' terasa terlalu cepat dan terlalu gampang. Nagumo Hajime secara praktis sudah langsung menjadi yang terkuat sejak episode pertama -- first episode! -- Jika anime ini memang pernah punya niat untuk menyajikan kisah zero-to-hero yang penuh perjuangan, semuanya sudah berakhir di episode tersebut, dan dua belas episode yang berikut pada dasarnya cuma berisi kisah membosankan tentang seorang pemuda angkuh yang selalu ingin menyombongkan betapa dirinya telah berubah keren.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski animasi di anime ini secara umum cukup bagus, dia seharusnya masih bisa menampilkan visual yang lebih baik lagi. Hajime yang teramat kuat hingga selalu menang dengan sangat mudah memang menyebabkan adegan-adegan pertarungannya tidak terasa seru sedikit pun, namun paling kurang anime ini semestinya tetap dapat membuat kekuatan Hajime benar-benar terkesan kuat, bukan justru sepenuhnya menyerahkan kepada penonton untuk membayangkan sendiri bahwa setiap peluru yang dia tembakkan sebenarnya lebih dahsyat daripada apa yang tampak di layar.

- Tokoh/Karakter:
Serupa dengan pertumbuhannya menjadi yang terkuat, transformasi kepribadian Hajime juga sangat dipaksakan. Memang tidak mustahil bahwa, jika terlalu lama terkurung sendirian di tempat terpencil, mental seseorang dapat mengalami gangguan hingga seluruh perilakunya akan berubah total, tetapi perubahan itu biasanya ke arah yang negatif, maka gambaran anime ini tentang seorang pemuda penurut yang selalu merasa lebih rendah dari orang lain mendadak berubah menjadi seorang anak berandal yang arogan dan suka omong besar adalah suatu hal yang konyol. Sekali lagi, anime ini tampaknya hanya bermaksud memberi kesan seperti sebuah kisah zero-to-hero. Dia sekadar ingin menciptakan ilusi, membuat tokoh utamanya sekilas terlihat kompleks, memiliki banyak sisi, dan seolah telah melalui proses transformasi yang panjang. Padahal, sebenarnya sejak awal anime ini tidak pernah merencanakan lebih jauh dari satu sisi yang dangkal, yaitu bahwa Nagumo Hajime merupakan pemuda yang paling keren di seluruh dunia.

- Overall Score:
Anime ini hanyalah satu lagi cerita membosankan tentang seorang pemuda yang tiba-tiba saja pindah ke dunia lain dan entah mengapa langsung berubah menjadi orang yang paling kuat. Dia coba mengelabui anda dengan memberi tokoh utamanya awal yang sulit, tetapi tidak butuh waktu lama sebelum dia kembali ke wujud aslinya cuma sebagai ajang untuk pamer kekuatan dari sekumpulan karakter yang dangkal. Kecuali bagian visual yang masih cukup memuaskan, anime ini sesungguhnya tidak punya apapun yang layak anda tonton. Skor 6 dari 10 (Commonly common)


DVD/Blu-ray:
BOX 1
BOX 2
BOX 3

Goods:
- Figure: Yue / Shea
- Nendoroid: Yue
- T-Shirt: Hajime Black (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Yue Black (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Graphic White (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Graphic Black (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Guns Black (S/M/L/XL)
- Wall Scroll
- Big Towel: Yue / Yue&Shea
- Tote Bag: Natural / Black

Tidak ada komentar:

Posting Komentar