Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 23 November 2019

KANATA NO ASTRA

- Judul: 彼方のアストラ (Kanata no Astra)
- Judul Alternatif: Astra Lost in Space;
- Tipe: TV (Juli 2019)
- Genre: SciFi; Mystery; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism
- Sinopsis:
Bersama delapan orang lainnya di kelompok B5, Aries Spring mengikuti program kamping ke Planet McPa yang dilaksanakan SMA Caird. Namun tidak lama setelah tiba di tujuan, mereka mendadak diserang oleh suatu bola energi misterius, yang langsung melemparkan mereka jauh ke luar angkasa. Beruntung, mereka kemudian menemukan sebuah kapal terbengkalai yang masih berfungsi, maka meski sangat kecil kemungkinan bahwa ada seseorang yang akan datang menyelamatkan mereka, Aries dan teman-temannya tetap bisa berusaha mencari jalan pulang mereka sendiri.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Storytelling pada sisi petualangan tampaknya telah direncanakan dengan baik. Anime ini mampu mengatur supaya setiap tantangan yang para tokohnya hadapi muncul secara tiba-tiba dan tak terduga, sehingga nuansa bahaya dan ketegangan yang melanda mereka pada saat itu benar-benar terasa nyata. Dia juga berhasil menjaga agar solusi dari tantangan-tantangan tersebut kemudian selalu masuk akal. Beberapa di antaranya memang masih terkesan didramatisasi, terutama bila anime ini bermaksud menyampaikan suatu pesan tertentu, tetapi tidak ada yang terlalu dipaksakan hingga menjauhkan anime ini dari kesan realistis.
.... Namun, storytelling pada sisi misteri sebaliknya tampak ... meragukan. Salah satu masalahnya, meski sebagian memang telah ditata dengan rapi, anime ini ternyata tidak mempersiapkan jawaban untuk setiap pertanyaan. Dia membiarkan setidaknya satu kepingan yang tidak pas berlalu tanpa penjelasan, dan ketika akhirnya berusaha menjelaskan, dia akan begitu saja menambahkan suatu informasi baru yang tidak relevan, terjadi melalui kebetulan yang luar biasa, dan bahkan kontradiktif dengan beberapa detail di dalam ceritanya. Masalah yang lain, dan mungkin yang lebih signifikan, anime ini juga kurang terampil menyembunyikan rahasianya. Dia memberi terlalu banyak petunjuk, mempermudah penonton untuk segera menebak bagian-bagian yang paling mengejutkan, maka ketika rahasia tersebut diungkap, efek kejutannya sudah nyaris tidak bersisa.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Kualitas audio dan visual di anime ini cukup bagus, tetapi secara khusus, penulisan dialognya mungkin pantas mendapat pujian paling besar. Sejalan dengan solusi masuk akal yang disebutkan di atas, para tokohnya akan menanyakan pertanyaan yang wajar ditanyakan pada suatu situasi, dan mengatakan hal yang alami dikatakan pada saat tertentu, sehingga proses berpikir untuk mencapai setiap solusi tersebut pun terasa masuk akal.

- Tokoh/Karakter:
Karena sifat alami dari misteri di anime ini, fokus karakterisasi para tokohnya terletak bukan pada diri mereka sendiri, melainkan justru pada kisah latar mereka. Dengan kata lain, hal yang menjadi inti dari karakter mereka adalah hanya apa yang terjadi di masa lalu mereka, bukan apa yang terjadi di masa kini di dalam serial ini. Sebagai hasilnya, kecuali mungkin ketika akan menyajikan komedi, tokoh-tokoh tersebut tidak pernah terasa memiliki cukup idiosinkrasi untuk bisa tampil sebagai individu yang unik. Mereka akhirnya cuma tampak laksana kumpulan arsip tentang rekaman masa lalu, dan meski rekaman yang mereka simpan memang merupakan bagian penting dari setting anime ini secara keseluruhan, ironisnya kehadiran tokoh-tokoh itu sendiri seolah tidak berarti apa-apa di dalam kisah petualangan mereka sendiri.

- Overall Score:
Kisah petualangannya cukup menyenangkan untuk diikuti. Terdapat momen-momen menegangkan yang datang secara tak terduga, dan juga ada komedi jenaka yang mampu menghibur anda di sepanjang serial. Namun, jika anda menonton karena misterinya, anime ini mungkin akan terasa mengecewakan. Bukan hal yang sulit untuk segera menebak rahasianya di pertengahan serial, dan begitu anda sudah tahu, upaya tergesa-gesa anime ini untuk seenaknya menambahkan informasi baru hanya menunjukkan semakin jelas betapa misterinya memang tidak dipersiapkan dengan matang. Skor 7,5 dari 10 (Questionable mystery)


DVD/Blu-ray:
BOX First Half
BOX Second Half

Goods:
- Figure: Aries
- Wall Scroll: Aries / Girls

Tidak ada komentar:

Posting Komentar