Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 29 Juni 2019

KOUYA NO KOTOBUKI HIKOUTAI

- Judul: 荒野のコトブキ飛行隊 (Kouya no KOTOBUKI Hikoutai)
- Judul Alternatif: The Magnificent Kotobuki;
- Tipe: TV (Januari 2019)
- Genre: Action;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Bekerja untuk kapal udara Hagoromo, Kirie dan para anggota Skuadron Kotobuki harus menjalankan berbagai macam tugas, mulai dari mengawal pengiriman barang hingga melindungi kota yang sedang diserang. Biasanya mereka hanya menghadapi ancaman dari kelompok pembajak yang sederhana, namun setelah belakangan terus bertempur melawan musuh-musuh yang lebih kapabel dengan jenis pesawat yang lebih canggih, perlahan mereka menyadari bahwa tugas-tugas mereka akan segera menjadi jauh lebih serius.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Atraksi utama di anime ini adalah serangkaian adegan pertempuran udara antar pesawat tempur Perang Dunia II, dan sayangnya, itu juga berarti bahwa dia kemudian tidak terlalu peduli dengan cerita, setting, dan kisah latarnya. Berbagai misi yang dijalankan Skuadron Kotobuki, kota-kota yang mereka kunjungi, dan kisah tentang dunia lain hanyalah metode ringkas yang dipakai anime ini untuk dapat cepat menciptakan situasi yang memungkinkan pertempuran udara dengan pesawat tempur itu terjadi, yaitu dengan sekadar menghadirkan pihak-pihak yang bermusuhan, konflik kepentingan, dan senjata-senjata, namun begitu pertempuran usai, semua hal tersebut pun hampir sepenuhnya kehilangan makna. Bahkan anime ini sendiri, dari cara bagaimana dia bercerita di setiap episode, secara tidak langsung mengakui betapa dia menganggap remeh ceritanya sendiri. Dia akan mempersingkat bagian cerita selain pertempuran udara, melompat dari satu adegan ke adegan berikutnya secara tiba-tiba, mengabaikan sama sekali adegan penghubung di antaranya yang dapat menjadikan ceritanya berjalan lebih lancar. Dan dia juga akan mempercepat dialog para tokohnya, memaksa mereka terus berceloteh tanpa henti dan bicara sambung-menyambung tanpa jeda, hanya untuk membuat tokoh-tokoh tersebut sesegera mungkin selesai mengucapkan semua informasi yang perlu diucapkan, karena anime ini sudah tidak sabar ingin memperlihatkan atraksi utamanya, yaitu ketika mereka mulai bertempur di udara.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Seperti yang digambarkan di atas, dialog para tokoh di anime ini dipercepat hingga terkesan sangat terburu-buru. Bukan hanya selingan komedi di dalamnya pada akhirnya tidak pernah punya kesempatan untuk memberi efek maksimal, percakapan mereka pun kemudian justru cenderung terasa kurang menyenangkan untuk didengar. Namun, beruntung, ketika anime ini meremehkan dialog dan elemen lain khusus untuk menampilkan adegan pertempuran udaranya lebih sering, kualitas visual yang luar biasa selama pertempuran tersebut mungkin saja dapat menjustifikasi preferensi itu. Meski beberapa manuver memang tampak agak berlebihan, sinematografi yang mengikuti dinamika pergerakan setiap pesawat tempur mampu menjadikan aksi kejar-kejaran mereka benar-benar terasa menegangkan.

- Tokoh/Karakter:
Serupa dengan cerita dan settingnya, para tokoh di anime ini juga tidak banyak berarti. Masing-masing mereka memang memiliki kepribadian dan kisah latar tersendiri, tetapi seperti yang telah sempat disebutkan, semua cerita, secara umum atau pun perorangan, selain segmen pertempuran udara di anime ini bukanlah hal yang penting, dan tanpa kisah latar mereka, kepribadian tokoh-tokoh tersebut pada dasarnya hanya berupa gaya bicara dan makanan favorit mereka -- sekumpulan informasi yang tidak berguna. Lalu, bagaimana dengan ketika mereka terlibat di dalam pertempuran udara itu? Bukankah gaya bertempur mereka seharusnya bisa menjadi bagian dari kepribadian mereka? Ya, seharusnya demikian, namun anehnya, justru pada segmen di mana mereka bisa tampil paling menonjol, anime ini tidak memberi para tokohnya suatu kekhasan yang dapat segera dikenali. Mereka tidak punya manuver tertentu yang akan membuat seseorang berseru, "Oh, itu teknik andalan Kirie!", barangkali satu lagi indikasi bahwa anime ini memang tidak pernah menganggap mereka sesuatu yang cukup penting. Dengan kata lain, pesawat-pesawat itu bisa diterbangkan oleh siapa saja, dan para tokohnya adalah hanya wajah-wajah yang secara kebetulan dipilih anime ini untuk berada di dalam kokpit.

- Overall Score:
Inti dari keseluruhan anime ini adalah adegan pertempuran udara. Dampak negatifnya, anime ini akhirnya tidak menaruh banyak perhatian kepada hal-hal selain pertempuran udara tersebut, maka anda tidak akan pernah menemukan cerita yang menggugah atau pun tokoh-tokoh yang menarik di sini. Namun, pada sisi positifnya, berkat sinematografi yang tepat, dia kemudian berhasil menyajikan serangkaian pertempuran udara yang benar-benar terlihat luar biasa. Jika anda suka dogfight antar pesawat tempur dari Perang Dunia II, anda HARUS menonton anime ini. Skor 7 dari 10 (Spectacular actions)


DVD/Blu-ray:
BOX First Half
BOX Second Half

Goods:
- Figure: Kirie / Emma / Mini Kirie
- Jersey: Kotobuki (S/M/L/XL)
- Jersey: Kirie (S/M/L/XL)
- 2Way Backpack: Moss / Black
- Tote Bag: Natural / Black

Tidak ada komentar:

Posting Komentar