Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 22 Juni 2019

KAGUYA-SAMA WA KOKURASETAI ~TENSAI-TACHI NO REN-AI ZUNOUSEN~

- Judul: かぐや様は告らせたい~天才たちの恋愛頭脳戦~ (Kaguya-sama wa Kokurasetai ~Tensai-tachi no Ren-ai Zunousen~)
- Judul Alternatif: Love is War;
- Tipe: TV (Januari 2019)
- Genre: Comedy; Romance;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Shinomiya Kaguya dan Shirogane Miyuki sebenarnya saling menyukai. Namun, dalam percintaan, pihak yang lebih dahulu mengungkapkan perasaan secara tidak langsung akan mengakui posisinya yang inferior, dan demi melindungi reputasi mereka di sekolah, baik Kaguya maupun Miyuki tidak boleh menunjukkan kelemahan sedikit pun. Maka masing-masing mereka menyusun rencana untuk mendesak yang lain agar mengambil langkah pertama, tetapi karena mereka ternyata sama-sama cerdas membaca strategi, perang rahasia di antara Kaguya dan Miyuki pun akhirnya tidak pernah mampu mencapai hasil yang konklusif.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Seorang tokoh yang tidak mampu mengungkapkan perasaan dengan baik sehingga upayanya dalam mengejar cinta justru hanya selalu berujung kesalahan, kegagalan, dan kesalahpahaman. Di satu sisi, anime ini dapat dikatakan masih menggunakan formula lama yang sudah sangat sering digunakan pada genre komedi-romantis, dan oleh karena itu pula, efektivitasnya tidak perlu diragukan lagi. Rencana-rencana gagal dari para tokohnya dan kesalahpahaman yang terjadi sebagai akibatnya hampir pasti akan selalu mampu mengundang tawa, sambil, pada saat yang sama, beberapa momen manis yang mengindikasikan bahwa semua rencana itu suatu hari mungkin saja akan sukses juga berhasil menjaga nuansa romantis senantiasa hadir di dalamnya. Namun, satu hal yang kemudian menjadikan anime ini istimewa adalah sebab dia sanggup menambahkan suatu warna yang segar dan unik pada formula lama tersebut. Dengan membuat agar kedua belah pihak dari sepasang calon kekasih sama-sama membuat rencana masing-masing, kesalahpahaman di antara mereka bukan lagi sesuatu yang biasa -- tidak harus berarti lebih baik, tetapi jelas sangat berbeda. Laksana menyaksikan suatu perang yang dipicu oleh alasan yang paling bodoh, kesalahpahaman mereka terasa lebih konyol, sehingga komedi anime ini dimulai bahkan sebelum rencana para tokohnya gagal.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Komedi anime ini berpusat pada adu strategi antara Kaguya dan Miyuki pada suatu topik tertentu dan dalam selang waktu yang singkat, dan itu berarti menampilkan jalan pikiran mereka hampir secara bersamaan. Selalu punya potensi untuk menjadi kacau dan justru terlihat membingungkan, hal ini tentu tidak mudah dilakukan, tetapi beruntung, visual di anime ini berhasil melakukannya. Dibantu oleh narasi yang sesuai, dia akan terus berpindah fokus di antara keduanya pada saat yang tepat dan dengan cara yang benar, sehingga perspektif Kaguya dan Miyuki tampak seolah mengalir bersama dengan lancar dalam satu jalan cerita yang berkesinambungan.

- Tokoh/Karakter:
Bagaimana mungkin ada dua orang yang secara bersamaan menganggap bahwa mengungkapkan perasaan sejati mereka adalah sebuah kekalahan? Normalnya situasi ini akan terasa terlalu aneh, sebab orang-orang lebih sering justru akan sebaliknya berasumsi bahwa ketidakmampuan untuk bersikap jujur merupakan sesuatu yang negatif. Namun, anime ini tampaknya telah memetakan dengan matang karakter dan fungsi setiap tokohnya agar sejalan dengan komedi yang ingin dia sajikan. Menggambarkan Kaguya dan Miyuki sama-sama berusaha melindungi harga diri mereka masing-masing, situasi mereka yang aneh tadi dapat segera berubah menjadi sedikit masuk akal, atau setidaknya bisa diterima. Lalu, karena baik Kaguya maupun Miyuki berperan sebagai pembuat rencana-rencana gagal, kesalahpahaman yang menjadi inti dari komedi anime ini harus dipicu oleh tokoh lain, dan Chika dengan kebodohannya serta Yuu dengan pikiran depresifnya mampu mengisi peran tersebut dengan sempurna.

- Overall Score:
Sekadar memperbarui formula lama dari komedi tentang rencana gagal dan kesalahpahaman, anime ini dijamin akan seefektif komedi-komedi sejenis lainnya. Tetapi, dia tidak berhenti cuma sampai di situ. Menggunakan presentasi visual dan pemetaan tokoh yang sesuai, anime ini juga kemudian memastikan bahwa warnanya yang baru akan terasa unik dan tampak jauh berbeda dari semua komedi sejenis yang sudah sering anda tonton. Skor 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- B2 Wall Scroll: Visual / Valentine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar