Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 12 Januari 2019

BANANA FISH

- Judul: BANANA FISH
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2018)
- Genre: Action;
- Episode: 24
- Rating: Strong Violence
- Sinopsis:
Pulang dari Irak dalam keadaan sakit, kakaknya hanya mampu mengucapkan satu hal, Banana Fish, sebagai petunjuk dari penyebab penyakitnya yang misterius. Maka, demi mencari tahu apa yang sebenarnya telah menimpa kakaknya, Ash Lynx pun bertekad akan mengerahkan segala upaya untuk menggali kebenaran di balik Banana Fish tersebut. Dan dia sudah siap menghadapi bahaya apapun, bahkan jika itu berarti dia kemudian harus berperang melawan kelompok Mafia atau organisasi kriminal lainnya di New York.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Jalan cerita anime ini secara garis besar tampaknya telah direncanakan dengan cukup baik. Dia selalu mempersiapkan satu atau dua langkah di depan ke mana ceritanya akan mengarah, sehingga mengalir bersama anime ini pun terasa sangat nyaman, sebab dia tidak pernah mendadak berhenti atau berbelok secara tiba-tiba. Hanya saja, sayangnya, anime ini ternyata kemudian masih memiliki sejumlah kekurangan yang akhirnya mencegahnya dari menjadi sebuah cerita yang benar-benar menghanyutkan. Pertama, meski dia memang telah merencanakan jalan ceritanya secara garis besar, anime ini tidak menunjukkan kecermatan yang serupa untuk kejadian-kejadian lebih kecil yang seharusnya memicu cerita itu berjalan. Beberapa kali masalah yang Ash atau tokoh-tokoh lain mesti hadapi seakan diselesaikan dengan terlalu mudah atau bahkan secara ajaib, seperti bagaimana Ash tiba-tiba saja punya cracking tool yang dia bawa dari New York tepat ketika dia harus menerobos masuk ke suatu komputer di Los Angeles, maka seringkali jalan cerita anime ini akan terkesan terlalu mengada-ada. Kedua, Banana Fish yang seharusnya merupakan sesuatu yang sangat berbahaya dan mengancam semua manusia tidak pernah menjadi cukup penting untuk mengangkat cerita anime ini satu level lebih tinggi dan lebih luas. Banana Fish rupanya cuma satu lagi dalih untuk membuat Ash marah dan mulai bertempur dengan kelompok lain, sehingga anime ini pun tidak mampu berkembang lebih jauh dari sebatas berupa tontonan seputar aksi-aksi Ash yang luar biasa tatkala dia mengalahkan musuh-musuhnya.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Visual anime ini sangat bagus, dan terus-menerus bagus selama keduapuluhempat episodenya. Terutama pada adegan action, animasi para tokohnya terlihat halus, sementara sinematografinya mampu menjadikan setiap aksi terasa seru dan menegangkan. Mungkin terdapat beberapa detail yang agak aneh, seperti ketika Ash diperlihatkan menembak sekitar sepuluh musuh dengan revolver yang seharusnya hanya berisi enam peluru, tetapi dari segi kualitas visual itu sendiri, anime ini sudah sempurna.

- Tokoh/Karakter:
Sama seperti jalan ceritanya, karakterisasi dan proses keterlibatan semua tokoh di anime ini juga tampaknya telah direncanakan dengan baik ... semua tokoh kecuali Eiji. Mulai dari kedatangannya jauh-jauh dari Jepang hanya sebagai asisten fotografer dadakan, hingga alasannya kemudian yang terlalu sepele untuk sampai bersikeras ikut terlibat dalam perang melawan Mafia, kehadiran Eji di dalam cerita terasa sangat dipaksakan, seolah anime ini cuma asal-asalan ingin memasukkan seorang tokoh dari Jepang pada settingnya di New York. Jenis karaternya sendiri sebenarnya bukan tanpa fungsi. Sebagai seorang pemuda normal, dia memberi kesempatan kepada anime ini untuk mengangkat sisi emosional yang hangat dari kisah Ash yang seringkali terlalu 'dingin'. Namun, hal ini seharusnya masih bisa dilakukan dengan suatu tokoh lain yang lebih masuk akal, tidak mesti oleh seorang pemuda Jepang yang tidak punya urusan apa-apa di New York. Dari arah manapun coba melihatnya, Eiji secara khusus tidak pernah terasa pas berada di dalam cerita, dan karena dia ternyata selalu hadir di dekat Ash, keterlibatannya yang tidak perlu pun akhirnya meninggalkan banyak lubang terbuka pada cerita anime ini.

- Overall Score:
Konspirasi tingkat tinggi, dan rahasia yang mengancam semua orang. Anime ini sebenarnya bisa menjadi jauh lebih kompleks, namun dia ternyata membatasi dirinya hanya sebagai sebuah kisah tentang pertengkaran seorang pemuda berandal yang kemampuannya dilebih-lebihkan melawan kelompok-kelompok berandal lainnya. Berkat tokoh-tokoh dan jalan cerita yang secara umum telah direncanakan dengan baik, anime ini tetap menyenangkan untuk diikuti, tetapi bukannya merasa puas, menonton anime ini mungkin justru hanya akan membuat anda kecewa karena potensi besar yang dia sia-siakan. Skor 8 dari 10 (Generally well planned)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4

Goods:
- Figure: Ash & Eiji / Ash & Eiji (Excl.)
- T-Shirt: Banana (S/M/L/XL)
- Tote Bag
- Mug Cup: Simple / Full Colour
- CD Music: Soundtrack
- Vynil: Soundtrack

1 komentar: