Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 06 Oktober 2018

OTAKU NI KOI WA MUZUKASHII

- Judul: ヲタクに恋は難しい (Otaku ni Koi wa Muzukashii)
- Judul Alternatif: OtaKoi; WotaKoi: Love is Hard for Otaku;
- Tipe: TV (April 2018)
- Genre: Comedy; Romance;
- Episode: 11
- Rating: Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Sebagai seorang Fujoshi, kegemarannya pada anime dan manga BL sudah berulang kali menjadi hambatan yang menyebabkan Momose Narumi selalu gagal dalam percintaan. Nasibnya tampak mulai berubah lebih baik setelah dia pindah ke tempat kerja yang baru dan bertemu Nifuji Hirotaka, teman masa kecil yang juga keranjingan bermain game sehingga mampu memahami kondisi khususnya, tetapi Narumi kemudian menyadari bahwa menjalin hubungan cinta dengan sesama otaku pun ternyata punya tantangan dan kerumitan tersendiri.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedi anime ini ditulis dan disajikan dengan baik, namun barangkali kontennya agak terlalu spesifik untuk bisa dinikmati oleh semua orang. Meski memang masih ada beberapa yang membahas hal umum, misalnya sikap ceroboh Narumi, kebanyakan leluconnya selalu berkisar tentang perilaku, kebiasaan, dan sudut pandang para otaku saat sedang beraktivitas di tengah masyarakat. Maka komedi anime ini pun rasanya hanya dapat dipahami secara menyeluruh oleh penonton yang juga hadir di kedua dunia tersebut sekaligus, yaitu mereka yang bukan hanya mengenal seluk-beluk industri anime, manga, atau game, dan familiar dengan berbagai kebiasaan para otaku, tetapi juga benar-benar berusaha menjalani kehidupan yang (tampak) normal.
Dan demikian pula dengan bagian romance-nya. Meski tetap menampilkan situasi romantis yang sudah lazim, nilai sesungguhnya dari romance di anime ini mungkin masih berada di luar jangkauan pemahaman sebagian besar penonton. Sebab untuk bisa mengerti apa yang istimewa pada romance para otaku sehingga berbeda dari romance lain pada umumnya, penonton sepertinya diharuskan agar terlebih dahulu mengerti kesulitan dan kerumitan yang dihadapi para otaku ketika hendak menjalin hubungan romantis dengan orang lain, apakah itu dengan mengalaminya sendiri ataukah paling tidak dengan mengamatinya secara saksama.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Secara keseluruhan visual anime ini cukup memuaskan. Terdapat satu atau dua adegan yang terasa sangat meragukan, seperti ketika gambar para tokohnya tampak tidak bersesuaian dengan gambar latar, atau saat perspektif garis-garis di gambar latar terlihat menyalahi sudut pandang kamera, tetapi selain itu, anime ini tidak punya masalah yang berarti.

- Tokoh/Karakter:
Meski menggunakan para tokohnya untuk menggambarkan beberapa macam otaku dan memperkenalkan sejumlah genre, anime ini tidak lupa untuk juga memberi mereka kepribadian dasar. Alhasil, masing-masing tokoh tersebut bisa tetap tampil sebagai individu dengan perasaan dan cara berpikir tersendiri, sehingga kisah romantis mereka kemudian pun mampu senantiasa efektif karena serasa dijalankan oleh dua orang manusia yang hidup. Memang, karena sebagian besar tantangan yang mereka hadapi dalam menjalani hubungan romantis berasal dari kondisi khusus mereka sebagai otaku, mungkin hanya sekelompok kecil penonton yang akan berhasil memahami kedalaman maknanya yang sejati, tetapi, bagaimana pun juga, kisah romantis mereka tersebut tetap memiliki kehangatan dan rasa asam-manis yang biasanya dicari-cari pada sebuah romance yang baik.

- Overall Score:
Cinta merupakan suatu hal yang rumit bagi para otaku, dan kerumitan tersebut kemudian melahirkan komedi yang jenaka dan romance yang hangat. Namun, bukankah itu juga berarti bahwa, sebelum bisa mengerti seberapa jenaka dan seberapa hangat komedi-romantis yang dimaksud, seseorang harus terlebih dahulu paham seberapa besar kerumitan tadi sebenarnya? Barangkali ini cuma pendapat pribadi, tetapi tergantung dari apakah anda mengenal dengan baik subkultur otaku atau tidak, kualitas anime ini juga mungkin akan tampak jauh berbeda. Skor 8,5 dari 10 (Good comedy and romance, for those who understand)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar