Laman

Sabtu, 28 Juli 2012

OZUMA

- Judul: オズマ (Ozuma)
- Judul Alternatif: Ozma
- Tipe: TV
- Genre: Action; SciFi;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Physical Harm)
- Sinopsis:
Menggantikan kakaknya yang menghilang, Sam Coin bertekad memburu paus padang pasir, Ozuma. Pada suatu hari, ketika sedang mencari Ozuma, Sam menyelamatkan seorang gadis misterius bernama Maya yang dikejar-kejar oleh pasukan Theseus, umat manusia unggul yang menguasai dunia. Ternyata, Maya memiliki suatu hubungan khusus dengan Ozuma yang memungkinkannya berkomunikasi dengan makhluk tersebut, dan mereka berdua membawa misi rahasia yang dapat merubah dunia.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski berupa serial televisi, anime ini memiliki kepadatan cerita dari sebuah film yang tersusun secara efisien. Memang masih ada beberapa scene yang terasa terlalu dipaksakan untuk memberi nuansa ceria, namun jumlahnya sangat sedikit hingga tidak sulit mengabaikannya. Sementara secara keseluruhan, mulai dari latar belakang yang misterius sampai open ending-nya yang memicu imajinasi, anime ini lengkap di semua bagian cerita untuk berhasil menyajikan sebuah plot yang jauh lebih luas daripada apa yang diperlihatkannya dalam selang waktu yang terbatas.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Berkat animasi CG yang bagus dan juga ditambah dengan sinematografi yang sinematik, pertarungan-pertarungan antar kapal selam pasirnya terasa benar-benar seru. Tarian-tarian kapal yang menghindar dari serangan terlihat realistis, dan visual efek dari teknologi-teknologinya seperti QTF dan Active Sonar tampak believable. Banyak kerja keras ditumpahkan pada scene yang mengisi hampir sepertiga bagian dari keseluruhan anime ini, dan hasilnya jelas pada kualitas visualisasi yang menakjubkan.
Sayangnya, kelebihan ini kemudian seakan di-reset sehingga nyaris tidak bernilai oleh karena animasi 2D-nya yang terkadang kaku, patah, dan terkesan sudah ketinggalan zaman. Menghidupkan kembali jenis art klasik merupakan satu hal, tetapi sengaja membiarkan teknik animasinya tidak mengikuti perkembangan adalah sesuatu yang tidak bisa diterima.

- Karakter:
Karakterisasi di anime ini tidak terlalu mendalam bagi para penonton untuk benar-benar mengenal tokoh-tokohnya, tetapi masih terdapat cukup informasi untuk menjelaskan mereka secara umum. Sebagai contoh, tidak ada yang diketahui tentang identitas tokoh Bainas yang sebenarnya, asal-usulnya, ataukah masa lalunya, tetapi penonton dapat langsung melihat bahwa hilangnya Dick menjadikan Bainas seorang kapten yang keras dan tegas, yang kemudian menjadi elemen penting di sepanjang animenya. Hal ini menyebabkan penonton masih mampu memahami peran para tokoh di dalam cerita, maka meski bukan yang terbaik, anime ini telah memenuhi cukup persyaratan untuk menciptakan hubungan antara dirinya dengan penonton. And frankly, that is all that matters.

- Overall Score:
Meski memiliki jumlah episode yang sedikit, anime ini mampu memanfaatkan setiap detiknya dengan sangat baik. Aksi pertempuran kapal selam pasir yang seru, penyusunan cerita yang efisien, dan pengembangan karakter yang memadai--semua bagian diatur dengan pandai dalam komposisi yang seimbang sehingga anda tetap bisa merasa puas. Sayangnya, animasi 2D-nya yang masih di bawah standar mencegah anime ini dari mendapatkan hasil sempurna. Nilai 8 dari 10 (Very Good)


DVD@Amazon:
- DVD BOX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar